Kelebihan Sumur Gali Dibanding Sumur Bor

Posted on

Kelebihan sumur gali dibanding sumur bor, tentu saja ada. Sumur gali, walaupun terlihat klasik, namun ini adalah salah satu alternatif untuk mengadakan air bersih.  Saat ini memang banyak sekali orang yang beralih ke sumur bor, karena dinilai lebih praktis, dan berbagai alasan lainnya. Namun, walaupun terlihat kurang praktis, sebenarnya ada beberapa kelebihan lain yang dimiliki oleh sumur gali dibandingkan sumur bor, antara lain :

  1. Diameter lubang lebih luas

Hal pertama yang akan Anda peroleh ketik menggunakan sumur gali ini adalah ukuran diameternya yang luas. Ada beberapa keuntungan yang akan Anda peroleh dari ukurannya yang luas ini, salah satunya adalah debit air yang lebih besar dibandingkan dengan sumur bor.

A d v e r t i s e m e n t

Karena ukurannya yang besar ini, yang membuat orang enggan, karena memakan banyak tempat, namun sebenarnya hal ini dapat diatasi dengan menutup sujur tersebut, dan digunakan untuk hal yang lebih bermanfaat.

  1. Mudah untuk memperdalam sumur

Keuntungan lainnya adalah mudah memperdalam sumur. Apabila debit air mulai surut, Anda tidak perlu risau, yang perlu Anda lakukan adalah melakukan pandalaman sumur. Cukup cari jasa penggali sumur, untuk kemudian melakukan penggalian. Proses untuk memperdalam sumur ini sendiri juga tidak terlalu sulit.  Caranya hampir sama dengan proses pembuatan awal.

Hal ini tentu berbanding terbalik, ketika Anda menggunakan sumur bor, Anda memerlukan tambahan beberapa alat, untuk memperdalam sumur tersebut.

  1. Alat yang digunakan jauh lebih sedikit

Alat yang digunakan untuk membuat sumur gali ini jauh lebih seikit dibandingkan dengan sumur bor. Adapun alat yang digunakan untuk membuat sumur gali ini biasanya hanya sekop dan pacul.

Sedangkan alat yang digunakan untuk membuat sumur bor cukup banyak, seperti mesin untuk menggali tanah, alat untuk memasukkan pipa, dll. Hal ini belum termasuk resiko jika di bawah tanah terdapat batu. Maka akan ada alat khusus yang digunakan untuk menghancurkan batu.

  1. Biaya pembuatan jauh lebih murah

Biaya yang harus Anda keluarkan untuk pembuatan sumur gali ini jauh lebih murah ketimbang menggunakan sumur bor.

Ketika Anda menggunakan sumur bor, biaya yang harus Anda keluarkan bukan hanya jasa penyewaan pembuatan sumur saja, melainkan berbagai macam pipa paralon untuk mengambil air, dan listrik. Mesin penggerak atau alat yang digunakan untuk membuat sumur bor ini, membutuhkan daya yang tidak sedikit. Itu juga yang menjadi salah satu alasan, mengapa tungkakan listrik jadi sedikit membengkak.

  1. Pas untuk daerah dengan debit air besar

Proses pembuatan sumur gali ini paling pas untuk Anda yang tinggal di kawasan dengan debit air baik. Hanya dengan menggali beberapa meter saja, air sudah mulai muncul. Dengan diameter sumur yang besar, maka daya tampung air nya jadi lebih baik.

Bandingkan jika Anda menggunakan sumur bor, maka diameter yang ditampung kecil dan debit air akan meluap, hingga menyebabka pipa paralon mudah sekali pecah.

  1. Pelestasian sejarah

Kelebihan sumur gali terakhir yang akan Anda peroleh, ketika menggunakan sumur gali ini adalah untuk melestasikan sejarah. Anda dapat mengajarkan anak atau bahkan cucu, bagaimana cara mengambil air pada zaman dahulu, serta bentuk penampungan air pada zaman dahulu.

Dengan adanya perbandingan seperti ini, Anda akan melihat dengan jelas, perbandingan antara sumur bor dengan sumur gali. Memilih sumur yang pas, dan tepat, akan menghasilkan kualitas air yang lebih baik.

A d v e r t i s e m e n t

Komentar Anda :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *