Kelebihan Sumur Bor Dibanding Sumur Gali

A d v e r t i s e m e n t

Sumur bor atau sumur gali, adalah 2 macam cara yang digunakan untuk mengambil air. Inti dari keduanya adalah sama-sama mengambil air dari dalam tanah. Kedua cara ini mempunyai keunggulan dan kekurangannya masing-masing, tapi pada saat ini, orang lebih suka menggunakan sumur bor, ketimbang sumur gali.

Sumur bor

Adapun beberapa kelebihan sumur bor tersebut, antara lain :

A d v e r t i s e m e n t
  1. Proses pembuatannya lebih cepat

Proses pembuatan sumur bor ini memang lebi cepat, karena menggunakan alat yang langsung mengebor ke dalam tanah. Karena menggunakan mesin, maka lama penegrjaannya juga tidak terlalu lama, bisa 1 hari atau maksimal 2 hari, tergantung tingkat kesulitan yang ada. Selain itu kedalaman air juga lebih mudah terpantau, jika air muncul, maka proses pengeboran akan dihentikan.

Anda hanya perlu mencari jasa pengeboran air yang terbaik, untuk melakukan pengeboran ini. Dengan demikian, sumur bor pun akan Anda peroleh.

  1. Tidak memakan banyak tempat

Karena bersifat bor, maka prose pembuatan dan peletakan alat ini juga tidak terlalu memakan banyak tempat. Anda dapat menempatkan sumur ini dimanapun juga, dan dapat menutupnya dengan mudah. Sehingga tempat sumur tersebut masih daapt digunakan untuk hal lainnya.

  1. Tidak mudah tercemar

Hal lain yang akan Anda peroleh ketika menggunakan sumur bor ini adalah tidak murah tercemar oleh berbagai macam limbah atau hal lainnya. Ketika Anda menggunakan sumur bor, maka aliran air akan langsung tersambung menggunakan pipa PVC atau juga pipa galvanis. Pipa-pipa ini akan disambung secara teknik, sehingga tidak ada lubang. Ini yang membuat debit air dapat terjaga dengan baik, dan tidak mudah dimasuki oleh aneka macam limbah.

  1. Praktis untuk perumahan atau daerah padat penduduk

Kelebihan sumur bor tersebut lainnya adalah praktis dan dapat diletakkan di mana saja, membuat sumur bor ini tepat digunakan di pemukiman padat penduduk atau di daerah perumahan. Ini yang akan membuat kesan rumah lebih rapi dan efisien.

Sumur Gali

Sumur gali juga biasa digunakan sebagai acara untuk mengambil air, cara ini masih banyak digunakan, terutama di daerah yang mempunyai sumber air yang baik, dengan pekarangan yang luas. Namun ada dibandingkan dengan sumur bor, sumur gali ini mempunyai beberapa kekurangan antara lain :

  1. Terlalu banyak makan tempat

Hal pertama yang biasanya menjadi perbandingan adalah masalah ukuran, jika ukuran diameter sumur bor cenderung lebih kecil, karena menggunakan mesin. Maka diameter sumur ini cukup besar, karena proses pembuatannya manual, atau dengan cara digali, ini yang membuat ukuran diameter lubang sumur lebih besar.

Kondisi ini juga yang membuat sumur lebih memakan banyak tempat. Kondisi seperti ini tentunya kurang tepat, jika digunakan di pemukiman perumahan atau di tempat yang penduduknya padat.

  1. Sumur mudah tercemar

Pada bagian atas sumur, biasanya masih menggunakan material beton dll, sedangkan pada bagian bawah tidak. Selain itu, kondisi sumur yang terbuka, memudahkan proses pencemaran air lebih mudah terjadi.

  1. Proses pembuatan cukup lama

Karena tidak menggunakan mesin, maka proses pembuatannya jadi lebih lama, proses pembuatan sumur ini, memakan waktu lebih dari 3 hari. Selain itu, ada resiko ketika membuat sumur tersebut, jika digali semakin dalam, maka kandungan oksigen yang ada di dalam sumur pun akan semakin sedikit. Kondisi ini juga tidak menguntungkan untuk jasa pembuat sumur.

Walaupun berbeda dalam hal teknik, namun pada dasarnya inti dari kedua cara ini tetap sama, yaitu untuk membawa air dari dalam tanah ke permukaan tanah. Anda sebagai pengguna yang dapat memilih teknik mengambil air yang dinilai pas.

Komentar Anda :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *