Kelebihan Investasi Pohon Gaharu

A d v e r t i s e m e n t

Apa itu Pohon Gaharu?

Pohon Gaharu mungkin tidak semua orang mengenalnya, namun jika anda baru pertama kali mendengar namanya mungkin biasa saja, yang biasa  terbayang oleh kita Pohon Gaharu adalah suatu pohon yang tumbuh liar di hutan kalimantan sana karena disekitar rumah dan ladang kita tumbuhan tersebut tidak biasa kita temukan.

Menurut pemahaman saya pohon gaharu adalah sebuah media yang dapat menghasilkan zat yang berkasiat dan mempunyai nilai jual tinggi. Pohon Gaharu mempunyai banyak jenis, jika suatu jenis pohon gaharu terinfeksi “enzim/bakteri yang bernama gaharu” maka Pohon Gaharu akan bereaksi mengeluarkan zat seperti getah, nah zat tersebut yang mempunyai nilai jual tinggi.

A d v e r t i s e m e n t

Harga Pohon Gaharu per Kilo?

Jika anda mendengar harga pohon gaharu maka mungkin kita terperanjat “kaget” saya mengalami sendiri disaat mengunjungi stand pameran agrikultur  dari Bogor di Universitas Lampung, Pohon Gaharu  dijual kiloan dan dari daftar harga per kilonya sumber Balai Litbang Kehutanan Kalimantan tahun 2007  ada 16 kelas mutu, mutu yang paling murah adalah Rp 20.000/Kg dan mutu yang nomor satu kelas mutu “Super King” adalah Rp 30.000.000/Kg.

Bayangkan oleh anda harga sekarang tahun 2013?

Nilai Investasi secara Ekonomis

Pada mulanya Pohon Gaharu hanya diolah atau dikelola secara alamiah, yaitu mengambil pohon yang sudah mengahasilkan gaharu di sebuah hutan liar. Setelah diadakan berbagai penelitian akhirnya ditemukan berbagai jenis pohon yang dapat digunakan sebagai media untuk menghasilkan getah gaharu yang mempunyai nilai jual tinggi.

Pohon Gaharu Rekayasa bisa dipanen setelah dilakukan “Inokulasi” yaitu proses penyuntikan “bakteri gaharu” kedalam batang dan sudah menghasilkan getah gaharu dengan waktu kira-kira 2 tahun setelah penyuntikan.

Berdasarkan beberapa literatur yang saya baca Pohon Gaharu Hasil Rekayasa dapat di Panen setelah berumur minimal 10 tahun, pada umur 8 tahun Pohon Gaharu dilakun proses Inokulasi atau penyuntikan. Setiap batang Gaharu yang kita tanam dan berumur 10 tahun bisa menghasilkan minimal 2 Kg Gaharu kelas mutu super dan gubal yang lainya masih laku di jual kiloan juga.

Kelebihan Investasi Pohon Gaharu

Akhirnya dapat sedikit kita simpulkan kelebihan dari investasi Pohon Gaharu.

  • Harga Gaharu sangat menjajikan.
  • Tidak memerlukan lahan yang luas untuk mencobanya.
  • Mudah mendapatkan bibit Gaharu.
  • Perwatan seperti merawat pohon biasa.
  • Pada saat masa Inokulasi, bisa menggunakan jasa dari dinas pertanian.
  • Dapat digunakan sebagai tanaman selingan.

Penjelasan diatas tentang Kelebihan Investasi Pohon Gaharu mungkin tidak terlalu lengkap, karena saya masih tahap belajar mengembangkan dan  membudidayakan pembibitannya. Semoga bermanfaat.

A d v e r t i s e m e n t

Komentar Anda :

2 thoughts on “Kelebihan Investasi Pohon Gaharu

  1. permisi,kami menjual 1200 pohon gaharu umur 13 tahun dimeter 30-45cm lokasi di kaltim dijual Rp.1.500.000/pohon hub 085222440659

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *