Kegagalan Dalam Pekerjaan Pembuatan Sumur

A d v e r t i s e m e n t

Saat musim hujan seperti sekarang ini memang tidak sulit dalam mencari air. Khususnya bagi mereka para penduduk yang belum mempunyai akses air bersih dari perusahaan air minum daerah atau bagi mereka yang masih belum mempunyai sumur untuk sumber airnya. Kadang kalanya air sumur juga tidak melulu bersih dan jernih.

Namun ada juga masyarakat perkotaan yang ingin memanfaatkan air sumur namun yang lebih simpel, yakni dengan menggunakan sumur bor. Kenapa dibilang lebih simpel, hal ini dikarenakan diameter yang digunakan akan lebih kecil jika dibandingkan dengan membuat sumur gali yang memerlukan ruang yang lebih luas. Diameter dari sumur bor hanya sebesar pipa dan bagian atasnya diberi pompa air.

A d v e r t i s e m e n t

Kegagalan dalam pembuatan sumur bor ini seringkali terjadi karena sumber mata air tidak ditemukan atau bisa dikatakan pipa air tidak mengeluarkan air ke atas.  Meskipun pipa yang dimasukkan kedalam tanah sudah dalam, namun masih belum dijumpai sumber mata air. Sehingga akan membuat pekerja mencari tempat lain untuk mencari sumber mata air. Oleh sebab itu untuk meminimalkan kegagalan dalam membuat sumur, maka anda bisa memperhatikan hal – hal berikut ini

  • Memilih Lokasi Yang Baik

Jika anda ingin membuat sebuah sumur di rumah anda, maka sebaiknya anda mencari lokasi yang baik untuk membuat sumur tersebut. Seperti misalnya saja dalam membuat sumur sebaiknya jangan dekat dengan toilet atau WC atau kamar mandi supaya air sumur anda tidak tercemar dari saluran pembuangan atau limbah yang ada. Untuk jarak yang bisa anda gunakan untuk memisahkan antara toilet atau WC atau kamar mandi dengan lubang dari sumur air yang akan anda buat ialah sekitar kurang lebih 10 meter.

  • Membuat Dinding Tembok

Supaya tidak terjadi perembesan air dari permukaan tanah yang nantinya bisa mencemari air sumur tersebut dan juga air sumur menjadi tidak bersih, maka dibuatlah dinding tembok pada bagian atas dari permukaan tanah. Sehingga dengan demikian tidak akan terjadi pencemaran air sumur karena perembesan dari permukaan tanah.

  • Menggunakan Kaporit

Anda tidak akan pernah tahu ada bakteri atau binatang kecil apa yang ada pada sumur yang baru dibuat. Apakah bakteri atau kuman tersebut berbahaya untuk kesehatan atau tidak. Oleh sebab itu akan lebih baik jika anda menggunakan disinfektan untuk sumur anda, seperti menggunakan kaporit. Sedangkan untuk takaran yang digunakan ialah setiap 100 liter air menggunakan 1 gram kaporit. Hal tersebut cukup ampuh dilakukan untuk membunuh bakteri atau kuman yang ada dalam air sumur tersebut.

  • Memberi Penutup Bagian Atas

Untuk menghindari kotoran atau debu yang masuk kedalam sumur anda, maka akan lebih baik jika anda memberikan penutup sumur bagian atas. Sehingga sumur anda juga akan terhindar dari kotoran – kotoran atau juga debu yang bisa mencemari sumur anda atau membuat sumur anda mencari kotor dan terkontaminasi.

Bagi kita yang termasuk orang awam tentu saja kita tidak akan bisa menentukan titik sumber mata air yang ada di dalam tanah. Kegagalan yang cukup sering terjadi dalam pembuatan sumur adalah tidak ditemukannya sumber mata air sehingga sumur tersebut tidak mengeluarkan sumber air. Sehingga anda memerlukan teknik – teknik yang bisa anda gunakan untuk mengetahui ada tidaknya sumber mata air yang ada pada tanah tersebut. Sehingga bisa digunakan untuk membuat sumur.

Komentar Anda :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *