Inilah Proses Pendaftaran Kuliah Di Luar Negeri

A d v e r t i s e m e n t

Anda sangat ingin menempuh pendidikan di luar negeri? Pastikan Anda memahami proses pendaftaran kuliah di luar negeri. Dengan begitu, semakin memudahkan Anda menggapai impian tersebut. Untuk itu, persiapkanlah waktu dengan matang. Agar Anda bisa diterima di universitas idaman. Nah, seperti apa proses registrasinya?

Deadline Pendaftaran Kuliah Di Luar Negeri

A d v e r t i s e m e n t

Jangan sampai Anda gagal kuliah di universitas favorit di luar negeri hanya gara-gara sudah terlewat tanggal pendaftarannya. Untuk itu, ketahui dengan pasti kapan tanggal terakhir atau deadline untuk registrasi dan mengirim berkasnya. Pastikan juga semua berkasnya sudah lengkap, jangan sampai ada yang terlupa. Karena sama saja akan dianggap gagal dalam proses pendaftaran kuliah di luar negeri tersebut.

Persiapan Khusus Untuk Pendaftaran Kuliah Di Luar Negeri

Jika Anda sudah berkomitmen untuk kuliah diluar negeri, maka lakukanlah persiapkan dengan sangat matang. Persiapan intensif harus sudah dilakukan semenjak masih duduk di bangku SMA. Oleh karen Anda berpeluang besar untuk mendapatkan berbagai nilai pelajaran yang sangat diperlukan. Anda harus merancang perencanaan jauh-jauh hari, agar bisa memperoleh hasil yang optimal.

Tonjolkan Prestasi Atau Pengalaman Magang

Nah, kalau ternyata nilai pelajaran Anda di sekolah kurang memuaskan, maka solusinya adalah dengan menonjolkan beragam prestasi yang pernah dicapai. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesan lain dengan para pendaftar lainnya. Selain itu, Anda juga bisa melampirkan pengalaman kerja atau magang pada bidang tertentu. Khususnya untuk bidang yang menjadi jurusan yang akan Anda ambil saat kuliah nanti. Hal itu akan memberikan inisiatif bagus bagi Anda.

Cantumkan Aktivitas Ekstrakurikuler Anda

Sangat tepat bila Anda juga memaparkan beragam kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti semasa sekolah. Aktivitas seperti seni, olahraga, kegemaran dan prestasi lainnya yang juga diminati oleh kampus bersangkutan. Nah, dengan kegiatan yang diikuti itu sebagai bukti kalau Anda adalah orang yang sangat aktif.

Tulislah Personal Statement Yang Memikat

Sangat penting pula bagi yang ingin mendaftarkan diri kuliah di luar negeri untuk menulis statement of purpose atau personal statement yang menarik. Sediakan waktu khusus agar Anda bisa menuliskan beragam alasan yang sangat menarik, kenapa Anda memilih jurusan pada perguruan tinggi bersangkutan. Semakin menarik tulisannya sudah pasti menjadi nilai tambahan agar bisa diterima di kampus idaman.

Lampirkan Surat Rekomendasi

Salah satu berkas penting yang harus dilampirkan adalah Surat Rekomendasi. Khususnya dari orang yang mempunyai kualifikasi tinggi, seperti rekomendasi dari guidance counsellor atau guru sekolah. Untuk itu, Anda bisa mencari orang yang sangat memahami karakter Anda dan kemampuan akademiknya. Surat rekomendasi yang memikat bisa menampilkan sisi lain Anda yang bisa menarik panitia pendaftaran mahasiswa baru di kampus favorit.

Siapkan Nilai Bahasa Inggris Terbaik

Setiap kampus menetapkan standar nilai tersendiri untuk kemampuan Bahasa Inggris calon mahasiswanya. Sejumlah nilai penting itu adalah dari tes GMAT, GRE, SAT, IELTS dan pastinya TOEFL. Jika Anda merasa kurang percaya diri dengan nilai saat ini, sebaiknya mengikuti ujian ulang di jadwal selanjutnya. Nah, penting untuk tidak menunda untuk mengikuti beragam tes tersebut.

Agar Anda memiliki persiapan memadai, jadi jangan tunggu hingga mendekati waktu pendaftaran di kampus idaman Anda. Supaya mempunyai nilai tes yang memuaskan sangat disarankan untuk mengikuti kelas persiapan tes tersebut. Cara lainnya dengan belajar tekun secara otodidak, dengan mengandalkan berbagai contoh soal yang tersedia di buku panduan pendaftaran kuliah di luar negeri atau melalui situs internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *