Ini Dia Cara Cek Status Sertipikat Tanah Dengan Lebih Mudah

Posted on

Cara Cek Status Sertipikat Tanah adalah salah satu cara penting yang wajib untuk diketahui oleh seluruh masyarakat Indonesia, khususnya mereka yang memiliki tanah. Pasalnya ketika anda memiliki tanah, sedangkan tanah itu sendiri belum anda ketahui dengan pasti bagaimana status yang dimilikinya pada badan pertahanan nasional atau BPN, maka tentunya kekhawatiran akan hak milik tanah itu pun akan selalu membayangi anda selaku pihak yang merasa memilikinya.

Apalagi jika tanah tersebut dinyatakan belum memiliki sertifikat yang jelas dan juga meyakinkan dari pihak BPN. Bagi anda yang hendak melakukan pengecekan, tentunya hal ini pun tidak dapat dilakukan dengan mudah. Pasalnya anda harus melakukan hal tersebut dengan mengunjungi BPN yang disesuaikan dengan wilayah dari keberadaan tanah yang bersangkutan. Apalagi jika kondisi tanah tersebut berada di lokasi yang cukup jauh dari tempat tinggal lainnya. Selain pengecekan yang dilakukan melalui BPN, status tanah pun juga dapat anda cek melalui pihak notaris, namun hal ini tentunya membutuhkan biaya yang cukup tinggi. Karena itulah sangat jarang orang yang melajutkan hal satu ini

A d v e r t i s e m e n t

Namun seiring dengan perkembangan zaman serta kecanggihan teknologi masa kini, maka proses pengecekan status tanah pun kini dapat anda ;lakukan dengan lebih mudah. Hal ini tentunya dapat anda akses secara langsung melalui situs atau website resmi dari BPN yang tersedia di jaringan internet. Untuk alamat website yang dapat digunakan dalam melakukan pengecekan status tanah itu pun tentunya dapat anda lihat di peta.bpn.go,id. Dengan melakukan akses pada situs yang satu ini, maka pencarian peta tanah yang anda miliki pun dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Namun meskipun memudahkan anda dalam melakukan pengecekkan status tanah, nyatanya situs yang satu ini belum mampu mengembangkan layanan yang diberikannya dengan menginformasikan siapa pemilik atau pun  pemegang dari sertifikat BPN tersebut. Karena itulah, sebagai situs pemeriksa status tanah, BPN dikenal dengan fungsi dari peta online BPN yang tentunya sangat bermanfaat dan membantu mereka yang ingin mengetahui status tanah atau pun tanah yang hendak dibeli olehnya,

Berikut ini adalah beberapa jenis status yang disajikan pada peta online yang disediakan pihak BPN, diantaranya :

  1. Hal Milik,

  2. Hak Guna Bangunan

  3. Hak Guna Usaha

  4. Hak Pengelola

  5. Hak Pakai

  6. Hak Wakaf

  7. Belum Terdaftar

Selain beberapa daftar status tanah di bagian atas tadi ada pula jenis tanah yang tampak dengan warna putih, hal ini dimungkinkan untuk jangka waktu dari hak tanah tersebut yang kemungkinannya telah habis atau bahkan memasuki masa kadaluarsa. Selain itu hal ini juga dapat menjadi pertanda bahwa status kepemilikan dari tanah tersebut belum tercatat di pihak BPN serta pemerintah yang bertanggung jawa di lingkungan sekitarnya.

Apabila tanah yang satu ini tidak terdaftar, maka akan lebih baik jika tanah tersebut segara didaftarkan pada pihak BPN, hal ini berguna untuk mendapatkan sertifikat asli serta resmi. Selain itu cara yang satu ini juga dapat menghindarkan rasa penyesalan yang mungkin muncul di kemudian hari karena beralih pada pihak lainnya. Karena itulah pengecekkan siapa pemilik dari tanah tersebut yang dilakukan pada BPN menjadi bagian penting yang wajib untuk anda lakukan, sehingga tidak terjadi kesalahan fatal yang timbul di kemudian hari.

Demikianlah kiranya informasi dasar terkait masalah serta solusi tepat dalam Cara Cek Status Sertipikat Tanah secara offline dan online yang dapat penulis jelaskan kali ini.

A d v e r t i s e m e n t

Komentar Anda :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *