Hal – Hal Penting Sebelum Pekerjaan Cor Beton

A d v e r t i s e m e n t

Hal – Hal Penting Sebelum Pekerjaan Cor Beton dimulai dan langkah apa saja yang harus kita lakukan untuk mengantisipasinya. Dalam kesempatan ini saya ingin berbagi pengalaman kepada pembaca yang budiman, yang mungkin sedang membangun rumahnya atau ada rencana membangun rumah sendiri. Hal ini penting diketahui sebelum proses pekerjaan cor beton dilakukan.

Pertama, karena saya menganut konsep rumah tumbuh, dalam artian pekerjaan membangun rumah secara bertahap tetapi sudah mempunyai gambar desain secara keseluruhan. Kenapa hal ini dilakukan, alasan klasik adalah strategi mengakali besarnya biaya membangun rumah jika dilakukan secara keseluruhan serta bersamaan dan hasilnya malah tidak akan terbangun karena uangnya tidak cukup. Menganut konsep rumah tumbuh juga tidak berarti asal-asalan membangun sesampainya, kita juga harus berhitung pada tingkat atau level aman, dimana cara bermainnya sama dengan permainan kuis “Who Want To Be A Millionere Versi 4.0”. Membangun rumah tidak boleh bernafsu karena hal ini tidak akan memuaskan hati manusia selamanya dan tidak akan berhenti sebelum uangnya habis.

A d v e r t i s e m e n t

Hal – Hal Penting Sebelum Pekerjaan Cor Beton dimulai yaitu pada bagian bahan material besi sebagai tulangan beton. Pada proses pembangunan konsep rumah tubuh akan menyisakan besi yang kira-kira panjang 60 cm sampai 1 m sebagai besi penyambung jika kita akan melanjutkan membangun rumah dan istilah ini disebut “besi stek”. Hal ini diluar perkiraan saya karena ini adalah pengalaman pertama saya membuat rumah. Bisa dibayangkan jika hanya besi stek kolom atau sloof saja tidak terlalu banyak tetapi jika kita mengerjakan dak lantai beton berapa banyak besi yang mubazir, inilah resiko membangun cara kredit tetep terkena bunga secara tidak langsung.

Hal – Hal Penting Sebelum Pekerjaan Cor Beton yang berhubungan dengan “besi stek” adalah :

  1. Pekerjaan membuat sloof.
  2. Pekerjaan Membuat Tiang Kolom Beton (Baik Keatas, maupun kesamping sebagai pengait pasangan batu bata.
  3. Pekerjaan Balok Gantung dan juga ring balk.
  4. Pekerjaan Cor Dak lantai beton.

Kedua, Hal – Hal Penting Sebelum Pekerjaan Cor Beton dimulai terkait dengan pemasangan pipa sanitasi air dan juga instalasi listrik, bahan material tersebut harus kita siapkan sebelum proses pengecoran bahkan pada saat sebelum pemasangan papan cor pun bahan-bahan ini hasrus sudah disipakan. Jika posisinya didalam coran beton dengan arah vertikal maka tidak bisa digantikan dengan material lain, tetapi jika posisinya horizontal seperti meyeberangi sloof atau pondasi bisa digantikan dengan material lain semisal gedebok pisang atau batang pisang.

Dokumentasi Hal – Hal Penting Sebelum Pekerjaan Cor Beton dilaksanakan :

Hal - Hal Penting Sebelum Pekerjaan Cor Beton
Hal - Hal Penting Sebelum Pekerjaan Cor Beton dimulai, lubang sanitasi menembus pondasi.
Hal - Hal Penting Sebelum Pekerjaan Cor Beton
Hal - Hal Penting Sebelum Pekerjaan Cor Beton, pipa pembuangan air hujan.
Hal - Hal Penting Sebelum Pekerjaan Cor Beton
Hal - Hal Penting Sebelum Pekerjaan Cor Beton, stek sloof sebelum di cor.
Hal - Hal Penting Sebelum Pekerjaan Cor Beton
Hal - Hal Penting Sebelum Pekerjaan Cor Beton, stek sloof setelah di cor.
Hal - Hal Penting Sebelum Pekerjaan Cor Beton
Hal - Hal Penting Sebelum Pekerjaan Cor Beton, stek kolom beton.
Hal - Hal Penting Sebelum Pekerjaan Cor Beton
Hal - Hal Penting Sebelum Pekerjaan Cor Beton, stek pengait pasangan bata.

Itulah Hal – Hal Penting Sebelum Pekerjaan Cor Beton dimulai yang saya alami, dan mungkin masih ada beberapa yang terlewatkan, mohon di maafkan.

A d v e r t i s e m e n t

Komentar Anda :

4 thoughts on “Hal – Hal Penting Sebelum Pekerjaan Cor Beton

  1. selamat siangmohon iyinrmasfnoa jika kami menginginkan ikatan kerja sama dengan perusahaan bapak, kami bergerak di bidang perumahan untuk tingkat ekonomi menengah kebawah, dimana untuk saya pribadi diberi kepercayaan untuk pengadaan materialnya. jika memang ada suatu kemudahan untuk kami menjadi mitra anda, shg mempermudah kami untuk meng update harga sewaktu-waktu. kami bergerak untuk diy dan jawatengah. tks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *