Do’a atau Niat Sahur Puasa Ramadhan?

A d v e r t i s e m e n t

Apakah ada Do’a atau Niat Sahur Puasa Ramadhan?

Hadisth Sahur Puasa Ramadhan

Puasa ramadhan adalah rukun islam yang keempat dan hukumnya wajib dilaksanakan bagi umat islam. Didalam pelaksanaan ibadah puasa ramadhan ada do’a dan niat yang biasa kita bacakan pada waktu-waktu tertentu.

A d v e r t i s e m e n t

Seperti pada waktu menjelang bulan puasa ramadhan tiba, saat mandi ada do’a mandi yang bersifat sunah (dikerjakan mendapat pahala, tidak dilakukan juga tidak berdosa), kemudian ada niat puasa, do’a berbuka puasa, nah pada waktu sahur adakah do’a sahur?

Sampai saat ini saya tidak mendapatkan bacaan khusus seperti do’a berbuka atau do’a mandi menjelang puasa ramadhan maupun hari raya idul fitri untuk do’a sahur.

Seperti kita ketahui bersama, sahur adalah bagian dari ibadah puasa ramadhan dan menjadi ciri khasnya bulan ramadhan dan menurut sunahnya baiknya dilakukan pada akhir malam sebelum tibanya waktu subuh.

Sahur adalah kegiatan makan, seperti makan pada umumnya dan doa yang saya gunakan selama ini adalah do’a makan seperti biasa.

Ada beberapa orang yang membaca niat puasa terlebih dahulu ketikan akan sahur, baru kemudian membaca do’a makan. Namun, biasanya ketika kita sholat tarawih berjamaah pada akhir sholat witir niat puasa ramadhan akan dibaca bersama-sama atau dipandu oleh khotib sholat tarawih tersebut.

Nah, sekelumit berbagi pengalaman menjalankan ibadah puasa ramadhan, jika kawan – kawan ada tambahan iformasi mengenai¬†Do’a atau Niat Sahur Puasa Ramadhan tidak ada salahnya berbagi ilmu disini.

Komentar Anda :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *