Desain Pondasi dan Lantai Dasar Kandang Kambing Modern

Posted on

Pada kesempatan ini saya akan berbagi pengalaman tentang penerapan konsep Desain Pondasi dan Lantai Dasar Kandang Kambing Modern. Pelaksanaan konsep ini adalah hasil dari riset sederhana dengan berbagai referensi desain kandang kambing dan konstruksi bangunan yang ada di internet, namun mudah untuk dipraktekan sendiri.

Langkah Pertama adalah Analisa Data

  1. Ketersediaan lokasi untuk kandang
  2. Jumlah kambing yang akan dipelihara

Saya menggunakan dasar yang nomor 1 untuk menentukan besarnya kandang kambing yang akan dibangun.  Ukuran kandang yang saya buat adalah lebar 3m dan panjang 12 m.

A d v e r t i s e m e n t

Langkah Kedua Membuat Konsep Desain Kandang Kambing

Panjang kandang kambing 12 m dan saya bagi menjadi 4 ruang utama, jarak  tiang penyangga lantai panggung 1,5 m menggunakan cor beton  yang sangat efisien dan mudah pengerjaannya, akan saya bahas pada proses pembuatan tiang beton penyangga.

Lantai dasar kandang kambing saya buat dari beton dengan model miring dan memiliki penampung kotoran yang memiliki kemiringan juga untuk mengalirkan air urin. Ilustrasi Desain Pondasi dan Lantai Dasar Kandang Kambing Modern yang saya terapakan dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Desain Pondasi dan Lantai Dasar Kandang Kambing Modern
Gambar Potongan Desain Pondasi dan Lantai Dasar Kandang Kambing Modern

Setelah menentukan desain dan ukuran inilah gambar pelaksanaan Desain Pondasi dan Lantai Dasar Kandang Kambing Modern.

Pembuatan Pondasi dan Lantai Dasar Kandang Kambing Modern
Pembuatan Pondasi dan Lantai Dasar Kandang Kambing Modern

Pengerjaan ini saya lakukan secara bertahap, sebelum melakukan pemasangan dinding bata sebagai penahan tanah urugan untuk membentuk kemiringan lantai kandang saya membuat tiang pancang cor untuk penahan lantai pangung kandang kambing.

A d v e r t i s e m e n t

Komentar Anda :

Search Engine Keyword:

kandang kambing modern, desain kandang kambing, gambar kandang kambing, model kandang kambing, kandang kambing sederhana

2 thoughts on “Desain Pondasi dan Lantai Dasar Kandang Kambing Modern

  1. Terima sebelumnya,
    saya mau coba usah ternak kambing makanya senang lihat referensi ttg kandang kambing. Cuma saya mau tanya, gmana beternak kambing tp di tengah pemukiman warga, apakah bau kotoran kambing bisa mengganggu atau tidak, adakah solusi agar kotoran kambing tidak mengganggu warga sekitar. Terima kasih…

    1. Kotoran kambing bau atau tidak biasanya tergantung dari pakan yang digunakan.

      Kalau pakannya rumput segar tentunya baunya pasti menyengat dan khas.

      Namun jika kita gunakan pakan fermentasi akan mengurangi bau kotoran kambing serta pengelolaan kotoran dan urin (air kencing kambing) yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *