Daftar Beasiswa Penuh S2 Luar Negeri Dari Berbagai Negara

A d v e r t i s e m e n t

Berkuliah ke luar negeri, siapa yang tidak memimpikannya? Bukan hanya mendapatkan ilmu, namun juga pengalaman yang berharga. Sayangnya, biaya kuliah ke luar negeri juga tidak murah. Maka dari itu, bagi kamu para pencari beasiswa, berikut ini beasiswa penuh S2 luar negeri yang harus coba daftar.

Fulbright

A d v e r t i s e m e n t

Bagi kamu yang berkeinginan kuliah di Amerika, tidak ada salahnya daftar beasiswa fulbright. Beasiswa ini ditawarkan untuk para mahasiswa internasional dari ratusan negara, termasuk Indonesia. Jenis beasiswa ini merupakan beasiswa penuh untuk beberapa jenis jurusan, salah satunya adalah Master’s Degree Program, Master of Science and Technology dan masih banyak lagi. Biasanya beasiswa ini dibuka pada awal Oktober hingga akhir Februari.

Chevening

Beasiswa penuh S2 luar negeri yang satu ini cukup banyak diincar para mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah ke Inggris., beasiswa ini tidak hanya menanggung biaya kuliah kamu saja, melainkan juga tiket perjalanan, biaya penyusunan tesis, uang saku bulanan, tunjangan hidup dan masih banyak lagi. Kamu bisa memilih salah satu universitas terbaik di UK.

Untuk pendaftaran biasanya dibuka pada awal agustus hingga awal november setiap tahunnya. Kemudian untuk seleksi wawancara akan dilaksanakan bulan Februari. Sedangkan hasil penerimaan disampaikan awal Juni.

Daad

Beasiswa ini cocok bagi kamu yang memimpikan kuliah di Jerman. Para kandidat yang terpilih akan diberikan biaya kuliah, asuransi, biaya perjalanan hingga tunjangan lainnya. Biasanya pembukaan beasiswa ini antara akhir Agustus hingga Desember.

Monbukagakusho

Beasiswa penuh S2 luar negeri ini diberikan oleh pemerintah Jepang untuk mahasiswa Indonesia. Salah satunya yang ditawarkan adalah Program Research. Bukan hanya biaya perkuliahan saja, kamu juga mendapatkan tunjangan hidup, uang saku bulanan, tiket perjalanan dan masih banyak lagi. Bagi kamu yang ingin daftar, pendaftaran dibuka setiap akhir April hingga pertengahan Mei

Erasmus Plus

Beasiswa ini dulunya diberi nama Erasmus Mundus. Sayangnya, berakhir pada tahun 2017. Namun kali ini, beasiswa ini berganti nama Erasmus Plus dengan menggabungkan 7 program beasiswa yang didanai langsung oleh Uni Eropa. Sama seperti beasiswa sebelumnya, beasiswa ini menawarkan berbagai jenis beasiswa S2 dari ratusan konsorsium yang tergabung di dalamnya. Perlu diingat bahwa tiap konsorsium memiliki skema berbeda dan disesuaikan dengan program yang ditawarkan.

Beasiswa ini memberikan biaya hidup, biaya perjalanan, tempat tinggal, asuransi, tunjangan bulanan, serta masih banyak lagi. Bahkan, total pendanaan yang diberikan sekitar 24.000 Euro per tahunnya. Dan setiap tahun akan berlaku kelipatannya. Waktu pendaftarannya berbeda – beda, tergantung masing – masing konsorsium.

Eiffel

Dari judulnya saja, mungkin kamu sudah menebak negara tujuan beasiswa penuh S2 luar negeri ini. Yup, beasiswa ini ditawarkan oleh pemerintah Perancis untuk para mahasiswa Internasional. Bagi kamu yang ingin melamar, kamu harus mendaftar dulu pada universitas yang dikehendaki. Selanjutnya, pihak universitas yang akan mendaftarkan nama kamu pada pihak penyelenggara beasiswa.

Bagi pelamar yang berhasil akan diberikan tunjangan hidup bulanan, tiket perjalanan, tunjangan akomodasi, hingga asuransi kesehatan. Sedangkan biaya pendaftaran dikeluarkan sendiri. Untuk biaya kuliah peserta didik, pemerintah Perancis akan memberikan santunan kurang lebih 10.000 euro.

Untuk kamu yang berminat, pendaftaran biasanya dibuka pada pertengahan Oktober hingga pertengahan Januari setiap tahunnya. Maka dari itu, dalam rentang waktu tersebut, peserta harus diterima dulu di universitas yang dikehendaki sebelum mengajukan program beasiswa. Sedangkan pengumuman diterimanya biasanya pada pertengahan Maret.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *