Cara Unik Membuat Tiang Penyangga Kandang Kambing dari Beton

A d v e r t i s e m e n t

Pada kesempatan ini saya akan berbagi pengalaman tentang Cara Unik Membuat Tiang Penyangga Kandang Kambing dari Beton. Menyambung dari artikel kemaren Desain Pondasi dan Lantai Dasar Kandang Kambing Modern, saya punya cara yang unik untuk melaksanakannya.

Tiang penyangga yang saya maksud adalah tiang penahan beban kandang dan kambing bukan untuk menahan atap karena untuk atap ada tiang sendiri yang sudah saya siapkan.

A d v e r t i s e m e n t

Langkah Pertama

Saya menentukan titik tiang penyanga benton bagian depan yang jumlahnya sebanyak 9 tiang. Pada penyangga bagian belakang saya menggunakan kayu, karena memang sudah tersedia kayu yang cukup kuat untuk digunakan.

Saya menggunakan metode paku bumi atau tiang pancang dalam istilah konstruksi bangunan dalam setiap tiang penyannga yang saya gunakan. Paku bumi saya ganti dengan bambu yang dibelah empat kemudian setiap titik saya tancapkan sedalam-dalamnya minimal dua bagian bambu.

Langkah Kedua

Ketika setiap titik lokasi tiang penyangga sudah tertancap dua bilah bambu, maka pada bagian dasar bambu saya cor beton dengan ukuran segi empat 30 cm dan tebal 15 cm.  Perhatikan gambar ilustrasi dibawah ini.

Coran Beton pengunci Tiang Penyangga Kandang Kambing
Coran Beton pengunci Tiang Penyangga Kandang Kambing

Pada gambar dokumentasi pelaksanaanya dapat dilihat pada gambar dibawah.

Pelaksanaan Coran Beton pengunci Tiang Penyangga Kandang Kambing
Pelaksanaan Coran Beton pengunci Tiang Penyangga Kandang Kambing

Dapat anda perhatikan pada gambar diatas sebelah pojok kiri bawah beton pengunci yang saya maksudkan. Disana masih terlihat dua buah bambu pancang yang belum di cor beton. Kemudian pada deretan sebelah kanan bambu pancang sudah di cor dengan menggunakan mal PVC atau paralon diameter 4″ yang di belah dua kemudian diikat dengan kawat beton.

Setiap bagian atas tiang penyangga beton diberikan kawat beton diameter 6 mm berbentuk huruf ‘U’ yang fungsinya nanti sebagai pengikat gelandang balok kayu atau balok penyangga lantai kandang kambing.

Itulah sekelumit info unik dalam proses pembangunan kandang kambing minimalis modern, sampai ketemu pada artikel berikutnya.

Komentar Anda :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *