Cara Saya Memilih Benih Jagung Hibrida yang Unggul

A d v e r t i s e m e n t

Jika kita ingin mencoba suatu usaha budidaya pertanian fase atau tahapan proses pemilihan bibit yang baik atau unggul pasti akan kita lewati. Karena dengan menggunakan benih atau bibit yang unggul dan terbaik dalam varietasnya diharapkan hasil panen yang didapatkan akan maksimal.

Pada kesempatan ini saya akan berbagi pengalaman dalam proses Memilih Benih Jagung Hibrida yang Unggul bukan hanya dari “katanya” tetapi informasi ini dari sumber yang bisa dipercaya. Benih jagung hibrida sangat banyak macam dan jenisnya, satu merek saja mengeluarkan seri produk yang berbeda-beda hal ini tentunya membuat kita sedikit bingung sebagai seorang pemula yang ingin mencoba usaha budidaya jagung.

A d v e r t i s e m e n t

Langkah pertama saya dalam menentukan pilihan benih jagung hibrida antara lain, dimulai dengan mengumpulkan informasi dari berbagai media baik media online internet maupun media cetak brosur. Brosur tentang benih jagung hibrida yang ungul saya dapatkan dari toko pertanian atau depot obat-obatan dan benih pertanian, disana biasanya tersedia berbagai macam brosur tentang budidaya tanaman yang dititipkan oleh agen-agen penjual benih produk pertanian dan kita bisa mengambilnya gratis.

Melalui media online  internet seperti ini, kita bisa langsung menelusuri ke website perusahaan yang memproduksi benih atau dari sharing pengalaman orang lain yang sudah mencoba benih yang kita maksud.

Ketika kita memilih benih harapan kita adalah yang terbaik dikelasnya dan terbaru jenisnya, namun yang terbaru terkadang meragukan karena belum pernah ada yang mencobanya, kita hanya melihat dari brosur hasil ujicoba penelitian perusahaan pembuat benih dengan data hasil panen yang fantastis, belum tentu sama hasilnya kalau kita yang menanamnya dikarenakan perilaku perawatanya yang berbeda.

Dengan banyaknya informasi yang saya dapatkan saya menentukan pilihan Benih Jagung Hibrida Unggul yang akan saya tanam adalah salah satu merek yang sudah teruji dengan varietas produk terbarunya, pertimbangan pilihan ini adalah tambahan referensi pemilik  depot pertanian dimana saya mengambil beberapa brosur benih pertanian.

Untuk mendapatkan Benih Jagung Hibrida yang Unggul terbaru bukanlah hal yang mudah, karena tidak semua toko pertanian menyediakan produk yang saya cari. Saya tinggal di Kota Bandar Lampung depot pertanian dipinggir kota yang saya datangi tidak menyediakan Benih Jagung Hibrida yang Unggul yang saya maksud, mereka menyarankan untuk langsung ke kotanya yaitu di tempat yang dikenal dengan Pasar Tengah pusat pertokoan di Kota Bandar Lampung.

Berawal dari bertanya dengan tukang parkir menunjukan toko pertanian yang lumayan besar dan saya datangi ternyata belum menyediakan Benih Jagung Hibrida Unggul yang saya cari, kemudian diberi petunjuk toko pertanian yang lain.

Ditoko yang dimaksud oleh pemilik toko pertanian yang terakhir saya datangi, saya mendapatkan angin segar bahwa Benih Jagung Hibrida Unggul yang saya cari ada barangnya, namun harus menunggu 2 –  3 jam karena barangnya masih di gudang.

Kesimpulan Memilih Benih Jagung Hibrida yang Unggul, pertimbangannya mungkin bukan saja benih tersebut produk baru dan didukung oleh brosur yang menyajikan data panen yang fantastis. Namun lebih baik kita mempertimbangkan Benih Jagung Hibrida yang Unggul lainya yang sudah teruji oleh sesama petani.

Karena saya pun akhirnya tidak membeli semua dalam satu jenis Benih Jagung Hibrida Unggul terbaru, atas referensi pemilik toko terakhir mengiformasikan bahwa Benih Jagung Hibrida Unggul yang saya cari adalah produk baru dan mereka belum mendapatkan informasi hasil panen dari petani. Namun di produk Benih Jagung Hibrida yang Unggul lainya mereka sudah mendapatkan informasi hasil panen hampir mendekati data yang ada dibrosurnya.

Cara Saya Memilih Benih Jagung Hibrida yang Unggul
Cara Saya Memilih Benih Jagung Hibrida yang Unggul

Waktu itu saya membutuhkan benih Jagung Hibrida Unggul sebayak 30 kg, yang saya beli 20 kg dari merek  BISI-222 yang saya cari dan 10 kg dari merek PERTIWI 3 yang sudah teruji. Semoga bermanfaat.

Komentar Anda :

One thought on “Cara Saya Memilih Benih Jagung Hibrida yang Unggul

  1. Saya mau bertanya,Bagaiman Cara memilih benih jagung untuk di tanam kembali.
    Mohon Penjelasanya Pak.Teimakasih sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *