Cara Mengolah Tanah untuk Tanaman Jagung Manis

Posted on

Cara Mengolah Tanah untuk Tanaman Jagung Manis sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda dengan Cara Mengolah Tanah untuk Tanaman Jagung Biasa.  Setiap produk benih jagung masis yang dikeluarkan oleh perusahaan pasti mempunyai brosur panduan cara budidayanya. Namun, jika kita membeli benih jagung manis dikios pertanian, kita tidak selalu mendapatkan brosur tersebut dikarenakan keterbatasannya.

Cara Mengolah Tanah untuk Tanaman Jagung Manis
Brosur Cara Mengolah Tanah untuk Tanaman Jagung Manis

Saya mencoba mengadopsi dua Cara Mengolah Tanah untuk Tanaman Jagung Manis, pertama mengikuti petunjuk sesuai dengan brosur  yang dikeluarkan oleh penyedia benih jagung manis dan yang kedua adalah cara tradisional yang saya amati dari pengalaman orang tua saya bertanam jagung.

A d v e r t i s e m e n t
Cara Mengolah Tanah untuk Tanaman Jagung Manis
Cara Mengolah Tanah untuk Tanaman Jagung Manis dengan Tradisional

Saya awali dengan Cara Mengolah Tanah untuk Tanaman Jagung Manis secara tradisional disebuah lahan didepan rumah dengan luas 500 m2, langkah yang saya lakukan antara lain :

  • Membersihkan lahan dari segala semak-semak, jika banyak rumputnya saya semprot dengan obat rumput dan setelah mati rumputnya saya bersihkan dengan menggunakan cangkul.
  • Setelah pembersihan dengan cangkul, rumput-rumput yang kering kemudian saya kumpulkan dan dibakar.
  • Proses selanjutnya adalah pembuatan lubang untuk pupuk kandang, jarak lubang pada barisan adalah 25 cm kemudian gang antar barisan 75 cm, supaya barisan lurus saya menggunakan benang nilon untuk patokan.
  • Lubang dengan kedalaman 10 cm atau 1-2 cangkulan.
  • Setelah lubang selesai dibuat pupuk kandang bisa segera di masukan, satu lubang biasanya saya isi dua genggam pupuk kandang.
  • Ketika penaburan pupuk selesai tinggal menunggu hujan atau diairi hingga basah dan benih siap disemai dengan cara di tajuk atau di tugal.

Cara Mengolah Tanah untuk Tanaman Jagung Manis yang kedua adalah sesuai dengan petunjuk brosur benih jagung manis, saya praktekan pada lahan disamping rumah yang luasnya kurang lebih 200 m2. Langkah yang saya lakukan antara lain :

  • Membersihkan lahan
  • Mencangkul lahan
  • Menaburkan pupuk kandang
  • Membuat guludan dengan tingga 30 cm lebar 80 cm dan jarak antar guludan 40 cm.
  • Lahan siap ditanami dengan setiap guludan 2 baris jarak penanaman 25 cm antar barisan dan jarak gang antar baris 75 cm.
Cara Mengolah Tanah untuk Tanaman Jagung Manis
Cara Mengolah Tanah untuk Tanaman Jagung Manis sesui petunjuk brosur

Itulah beberapa Cara Mengolah Tanah untuk Tanaman Jagung Manis yang saya praktekan untuk mencoba budidaya jagung manis, anda juga bisa mencobanya.

A d v e r t i s e m e n t

Komentar Anda :

Search Engine Keyword:

cara menanam jagung, pengolahan tanah pada tanaman jagung manis, Cara menanam jagung manis, teknik pengolahan tanah pada budidaya tanaman jagung manis, mengolah lahan untuk menanam jagung

One thought on “Cara Mengolah Tanah untuk Tanaman Jagung Manis

  1. Mas, setelah tanam akhirnya berhasil panen gak? 🙂 saya pernah juga coba tanam jagung di polybag udah numbuh kena hujan trus roboh..trus mati.. 🙁

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *