Cara Menghilangkan Rayap Pada Kayu

A d v e r t i s e m e n t

Rayap merupakan salah satu jenis serangga yang cukup merugikan manusia, pasalnya jenis serangga ini paling suka memakan jenis-jenis barang yang terbuat dari kayu, hal semacam ini tentu sangat merugikan karena jika dibiarkan terus berlanjut, semua perabotan yang terbuat dari kayu di rumah bisa mengalami kerusakan bahkan akan sangat rentan untuk roboh. Untuk itu di artikel kali ini kami akan sedikit memberikan tips kepada anda seperti apa caranya untuk menghilangkan atau mengatasi agar rayap tidak memakan kayu di rumah anda, beberapa artikel yang sudah kami terbitkan kemarin sudah cukup menyinggung beberapa cara mengatasi rayap. Nah silahkan simak ulasannya dibawah ini.

Cara Menghilangkan Rayap Pada Kayu
Cara Menghilangkan Rayap Pada Kayu

Mengolesi Obat Anti Rayap

Hal pertama yang bisa anda lakukan agar kayu di rumah anda tidak di gerogoti rayap adalah dengan mengolesi kayu dengan obat anti rayap, obat ini cukup ampuh untuk membuat rayap tidak mau bersarang ataupu memakan kayu anda, yang tidak kalah penting, kayu yang suda di beri obat rayap juga akan mampu bertahan cukup lama. Hal ini juga tergantung dari jenis kayu apa yang anda gunakan. Nah untuk proses pengolesan obatnya sendiri yaitu dengan mengeringkan kayu terlebih dahulu, setelah itu olesi dengan obat anti rayap secara merata dan lakukan pengeringan lagi.

A d v e r t i s e m e n t

Menggunakan Asam Borat

Cara kedua yang saat ini cukup ampuh untuk mengusir rayap adalah dengan menggunakan asam obat, untuk mendapatkan zat ini anda bisa membelinya di toko pupuk dan obat-obatan, asam borat sangat efektif untuk mengusir dan membuat rayap tidak lagi memakan perbotan rumah anda. Nah untuk penggunaanya sendiri sangatlah mudah, anda hanya tinggal membeli 1 liter asam borat dan bisa dicampurkan dengan kapur barus serbuk. Kemudian setelah itu silahkan semprotkan di bagian kayu yang menjadi tempat atau sarang dari rayap. Namun sayangnya asam borat hanya akan bertahan beberapa bulan saja.

Menyalahkan Suhu Dingin Di ruangan

Bagi anda yang memiliki rumah dengan  AC tentu cukup beruntung, karena rayap sama sekali tidak suka dengan tempat dingin seperti halnya ruangan yang diberi AC, pencegahan seperti ini memang cukup efektif namun untuk biaya listrik juga cukup besar, kalau keseluruhan bangunan rumah anda menggunakan kayu, lebih baik pasang AC agar rayap tidak memakan kayu rumah anda. Namun kalau rumah terbuat dari beton dan batago, lebih baik gunakan cara lainnya agar anda tidak boros dengan listrik. Cara ini memang simple dan mudah dilakukan, namun kekurangannya adalah dari segi biaya yang dikeluarkan cukup tinggi. Gunakan cara lainnya dulu jika masih bisa.

Menggunakan Larutan Garam

Langkah berikutnya untuk mengusir rayap yang membuat sarang di kayu adalah dengan memberikan larutan garam, untuk saat ini larutan garam masih sangat efektif mengusir rayap yang berada di kayu maupun perabotan rumah anda yang lainnya, perlu diketahui bahwa larutan garam mengandung monosodium yang cukup tinggi. Nah cara ini selain lebih mudah dan juga efektif, mampu bertahan untuk waktu yang lama.

Gunakan Air Rendaman Tembakau

Cara terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan memberikan cairan yang terbuat dari tembakau, cairan tembakau yang mempunyai bau cukup menyengat akan membuat rayap tidak akan betah tinggal di tempat yang di semprotkan cairan tenbakau ini.

Nah demikian informasi mengenai cara mengatasi kayu yang diserang oleh rayap. Semoga bermanfaat.

Komentar Anda :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *