Cara Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri Yang Tepat untuk Anda

A d v e r t i s e m e n t

Untuk anda yang sedang cara mendapatkan beasiswa luar negeri yang tepat untuk anda maka beberapa hal berikut ini memang perlu anda perhatikan.

Cara mendapatkan beasiswa luar negeri dengan menentukan negara tujuan anda

A d v e r t i s e m e n t

Untuk menentukan beasiswa yang anda inginkan, tentukan terlebih dahulu negara tempat anda ingin menjalankan pendidikan. Negara tempat anda belajar sebaiknya disesuaikan dengan negara tempat ilmu anda berkembang. Misalnya ketika anda ingin belajar mengenai pertanahan, maka Belanda merupakan salah satu pilihan negara yang terbaik untuk dikunjungi. Berbeda jika anda ingin belajar mengenai broadcasting. Ketika anda ingin belajar mengenai broadcasting maka pendidikan di negara yang maju entertainmentnya seperti korea selatan tentu akan sangat cocok untuk anda. Jangan sampai anda belajar di negara yang tidak mendukung ilmu anda karena hal ini akan membuat usaha dan cara mendapatkan beasiswa luar negeri yang anda lakukan menjadi sia-sia.

Cara mendapatkan beasiswa luar negeri dengan mengukur kemampuan anda

Beasiswa memang merupakan ajang untuk orang-orang berprestasi untuk mendapatkan keuntungan dari hasil kerja dan usahanya selama ini. Oleh karena itu standar nilai biasanya ditentukan sebagai filter untuk orang-orang yang asal-asalan mencari beasiswa. Untuk anda yang ingin lolos, maka coba cari beasiswa yang sesuai dengan level anda. Carilah beasiswa yang membutuhkan nilai IELTS dan juga TOEFL minimal yang bisa anda capai.

Hal ini merupakan hal yang sangat penting ketika anda ingin mendaftar di lembaga atau beasiswa dari universitas dalam waktu yang dekat. Tapi jika masa pendaftaran beasiswa yang anda inginkan masih jauh maka persiapkanlah diri anda dengan lebih baik. Pastikan anda membekali diri dengan kemampuan minimal yang distandarkan oleh universitas dan lembaga untuk bisa mendapatkan beasiswa dari lembaga tersebut.

Persiapkan LOA

Jika anda mengikuti lembaga beasiswa seperti LPDP maka salah satu hal yang perlu anda siapkan adalah LOA atau Letter of Acceptance. LPDP merupakan sebuah lembaga yang memberikan beasiswa terbesar bagi mahasiswa di Indonesia. Ada banyak peluang yang bisa anda dapatkan disana, negara wilayahnya juga sangat luas sehingga anda bisa mendapatkan beasiswa sesuai dengan yang anda inginkan. Tapi untuk bisa lolos dari seleksi beasiswa ini maka salah satu hal yang mutlak harus didapatkan adalah LOA dari universitas yang dituju. Jika tidak memiliki LOA dari universitas tersebut maka akan sulit bagi anda untuk mendapatkan  kelolosan.

Buat Essay yang menantang

Selain LOA, ada beberapa lembaga dan juga universitas yang akan menyeleksi anda melalui essay, salah satunya adalah StuNed. StuNed menyeleksi calon mahasiswa dengan menggunakan Motivation Letter yang anda miliki. Selain itu anda juga perlu memiliki Unconditional offer dari universitas supaya anda bisa lolos dari seleksi lembaga ini. Ketika anda membuat essay, pastikan essay yang anda miliki menantang dan pastikan ia lebih menarik dari peserta lainnya. Jangan lupa memasukkan motivasi dan juga pengalaman kerja dan pengalaman menarik pernah anda dapatkan seperti student exchange dan juga hal-hal lainnya yang nantinya membuat penyeleksi merasa terkesan dengan esai yang anda buat.

Hal-hal di atas merupakan hal-hal yang termasuk dalam cara mendapatkan beasiswa luar negeri. Jika anda bisa melengkapinya maka akan mendapatkan beasiswa ke luar negeri yang anda inginkan dengan mudah. Jangan lupa untuk berdoa selain dari usaha yang maksimal. Semoga artikel ini bermanfaat dan Semoga Sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *