Cara Mencegah Terjadinya Pembunuhan

Mencegah terjadinya pembunuhan memang harus anda ketahui, agar anda terhindar dari tindak kriminalitas dan tetap aman. Kejahatan bukanlah suatu kejadian warisan atau bawaan sejak lahir dan juga bukan warisan biologis.

Perilaku kriminalitas bisa dilakukan oleh siapa saja, baik itu pria maupun wanita, anak – anak maupun orang tua, dan juga tanpa memandang status. Bahkan yang paling berbahaya ialah tindak kejahatan yang dilakukan tanpa sadar atau tanpa rencana, tanpa dipikirkan, dan tidak dilakukan dengan benar – benar sadar maksudnya.

Hal ini umumnya terjadi karena terpancing emosi. Atau bahkan untuk membela diri karena harus melawan atau sebagainya. Tetapi tindak kejahatan juga bisa saja terjadi secara sadar dan direncanakan sebelumnya. Hal ini biasanya terjadi karena dorongan atau paksaan yang cukup kuat dan bahkan karena ter-obsesi.

Bahkan sekarang ini, tingkat pembunuhan juga semakin tinggi dan sering terjadi. Yang kerap kali terjadi ialah kasus pembunuhan yang terjadi karena sakit hati yang cukup parah, sehingga pelaku mempunyai dendam, kebencian, ketidakpuasan, dan bahkan kemarahan yang sangat tinggi kepada sang korban.

Salam kasus ini, penyebabnya ialah karena seseorang tanpa sengaja atau secara sengaja melakukan atau mengatakan sesuatu yang bisa menyakiti hati para pelaku kejahatan. Sehingga dampaknya ialah terjadinya kejadian kriminalitas yakni pembunuhan oleh pelaku kepada korban, baik karena sengaja maupun tidak sengaja.

Faktor Terjadinya Pembunuhan

Banyak faktor yang menyebabkan seseorang melakukan tindak pembunuhan, salah satunya adalah karena sakit hati. Dan faktor lainnya seperti berikut ini:

  • Faktor keinginan, ini biasanya terjadi karena dorongan keinginan yang sangat kuat yang bisa mendorong para pelaku tindak pembunuhan agar melakukan kejahatan.
  • Faktor personal atau Individu, faktor dari diri sendiri juga ada dua yakni faktor biologis yang dikarenakan oleh keadaan mental, usia, dan jenis kelamin. Yang kedua ialah faktor psikologis yakni karena kecerobohan, merasa terasing, dan bersikap agresif.
  • Ketidaksengajaan, hal ini umumnya terjadi karena untuk membela diri dan tanpa sengaja terjadi peristiwa pembunuhan.
  • Terpancing emosi yang kuat juga bisa menyebabkan seseorang melakukan pembunuhan. Biasanya ini terjadi karena tersinggung akan perkataan orang lain atau perbuatan orang lain baik yang disengaja maupun tidak.
  • Faktor terpaksa ini biasanya terjadi karena pelaku memang mempunyai niat jahat baik secara mental, pikiran, dan bahkan fisik kepada korban karena tidak menyukai korban.
  • Faktor situasi, hal ini terjadi karena situasi dari sebuah konflik dan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja.
  • Faktor kesempatan, faktor inilah yang paling memungkinkan terjadinya sebuah pembunuhan karena situasi yang mendukung dan keadaan yang cukup mendukung agar terjadi sebuah kejahatan.
  • Faktor keimanan, faktor ijni juga menjadi salah satu penyebab yang cukup berpengaruh dan merupakan dasar terjadinya tindak kejahatan. Kurangnya nilai agama menjadikan seseorang lemah rohaniah dan tidak bisa menahan emosi.
LIHAT Juga :  7 Fakta Panama Papers, Kasus Penggelapan yang Menggemparkan Dunia Pajak

Cara Mencegah Pembunuhan

Untuk mencegah terjadinya pembunuhan juga bisa anda lakukan dengan berbagai macam cara, berikut misalnya:

  • Memiliki keimanan yang cukup kuat. Dengan mempunyai tingkat keimanan yang kuat maka tentu saja anda bisa mendekatkan diri kepada Sang Pencipta dan bisa menahan emosi ketika hati dan pikiran sedang kacau.
  • Tidak mudah marah dan emosi merupakan salah satu cara untuk mencegah tindak kejahatan. Selain itu sebaiknya anda juga jangan sampai mudah menyimpan rasa benci dan dengki kepada orang lain.
  • Memiliki rasa cinta dan kasih terhadap sesama.
  • Hindari mempunyai sikap yang egois dan bahkan tertutup kepada orang lain, jika anda menyimpan semua hal sendirian maka anda akan semakin terbebani dan membuat emosi anda menjadi tidak stabil.
  • Mencoba berusaha untuk memberi maaf kepada setiap kesalahan orang lain dan berani meminta maaf jika memang secara sengaja maupun tidak sengaja baik perbuatan maupun perkataan yang bisa menyinggung orang lain.
  • Mudah untuk bersosialisasi dengan orang lain.

Sedangkan untuk mencegah terjadinya pembunuhan yang juga cukup penting ialah selalu mempunyai pemikiran yang positif, tentu saja hal ini sangat penting. Jika anda selalu berpikiran negatif maka akan membuat pikiran anda penuh dan anda bisa melampiaskan ke segala macam tindakan yang bahkan bisa membuat rugi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *