Cara Membuat Sumur Resapan Modern dan Terbaru

A d v e r t i s e m e n t

Pada artikel kali ini kami akan berbagi kepada anda seperti apa caranya untuk membuat sumur resapan dengan sistem modern, sumur resapan merupakan salah satu tempat penampungan air bersih atau air tanah. Sistem pembuatan sumur resapan sendiri dahulu menggunakan tenaga manual yaitu dengan cara digali ke dalam oleh beberapa orang, tinggi sumur dari permukaan sendiri biasanya cukup dalam dan disesuaikan dengan keberadaan air, kalau air sudah cukup tinggi untuk ditampung di dalam sumur maka penggalian di hentikan dan di mulai dengan memasang material.

Cara Membuat Sumur Resapan Modern dan Terbaru
Cara Membuat Sumur Resapan Modern dan Terbaru

Sampai saat ini penggunaan sumur resapan sangat memberikan manfaat baik bagi setiap orang terutama masyarakat yang ada perkotaan, sebaliknya sumur ini tidak digunakan atau berfungsi untuk sebagai sumber air bersih yang bisa diambil oleh setiap orang, walaupun bisa namun fungsi utama dari sumur ini adalah meresapkan air yang ada di permukaan ke dalam tanah, sehingga bisa di katakan bahwa fungsi dari sumur ini sendiri cukup berbeda dari sumur-sumur pada umumnya.

A d v e r t i s e m e n t

Fungsi lain yang cukup penting terutama adalah untuk mencegah terjadinya banjir dengan volume air yang tinggi dan juga sebagai salah satu cadangan tampungan air yang sewaktu-waktu bisa digunakan ketika musim kemarau tiba. Jika sumur ini dibuat pada daerah pesisir pantai, maka secara otomatis juga akan membuat air yang melewati sumur ini akan meresap ke dalam tanah. Biasanya tempat yang paling cocok untuk dibuat sumur resapan yaitu di tempat pembangunan pabrik, rumah-rumah yang padat dan juga perhotelan. Fungsinya jelas yaitu menampung air hujan agar tidak menyebabkan terjadinya banjir.

Macam-Macam Sumur Resapan

Selain itu untuk sumur resapan ini mempunyai beberapa jenis, pertama sumur resapan tanpa adanya lapisan dinding pada setiap lingkarannya dan yang kedua biasanya menggunakan lapisan dinding yang terbuat dari buis beton, batu belah dan juga batu cadas. Untuk kelebihan dan kekurangannya sendiri terletak dari kekuatan sumur. Dimana untuk sumur yang sama sekali tidak diberikan batu atau lapisan pada setiap lingkarannya maka akan jauh lebih cepat untuk meresapkan air ke dalam tanah, sebaliknya untuk kemungkinan hancur juga cukup tinggi. Sebaliknya untuk sumur yang menggunakan lapisan buis beton atau batu cadas akan lebih kuat dan tahan lama, namun untuk kekuatan resapan airnya sangat kurang.

Cara membuat Sumur Resapan Modern

Perbedaan sumur resapan dengan sumur pada umumnya terletak dari luas lingkaran diameter hingga kedalamannya sendiri, untuk jenis sumur pada umumnya tingkat kedalamanya hingga 10-12 meter, sedangkan untuk sumur resapan sendiri hanya sekitar 8 meter saja dengan kedalam 1.5 meter, dan tidak boleh melebihi ketinggian permukaan. Kemudian anda bisa menggunakan lapisan dari buis beton atau batu cadas untuk membuat sumur jauh lebih kuat dan tahan lama. Langkah berikutnya adalah membuat saluran ke mana arah air tersebut dibuang, misalnya ke parit atau ke sungai tertentu. Lebih baik untuk pembuatannya sendiri tepat dibawah talang air, agar ketika hujan air langsung mengalir ke sumur dan terbuang sesuai dengan pembuangannya. Nah biar lebih kuat dan tebal, anda bisa menggunakan batu krikil untuk melapisi di bagian pinggir sumur resapan.

Itulah beberapa tips untuk membuat sumur resapan dengan sistem modern, walaupun terbilang cukup modern, penggunaan alat-alatnya masih sama pada umumnya. Terimakasih sudah berkunjung di artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *