Cara Membuat Antena WiFi Portable Sendiri Dengan Mudah

Posted on
Cara Membuat Antena WiFi Portable Sendiri Dengan Mudah
Cara Membuat Antena WiFi Portable Sendiri Dengan Mudah

Cara membuat antena WiFi portable menjadi salah satu solusi untuk memperluas jangkauan sinyal WiFi. Pasalnya sinyal WiFi kadang tidak mencapai area yang diharapkan. Saat ini memang sudah ada wireless adapter untuk mengatasi masalah tersebut tetapi harganya cukup mahal. Pada dasarnya cara untuk membuat antena WiFi sangat mudah dan tidak perlu membongkar CPU komputer atau laptop Anda. Hal ini semudah cara membuat antena TV portable.

Alat dan Bahan

Dongle Adapter LAN Wireless USB

A d v e r t i s e m e n t

Hardware yang kecil ini hanya sebesar ibu jari. Fungsi perangkat ini adalah untuk menghubungkan WiFi ke laptop atau CPU Anda. Perangkat ini tetap dibutuhkan walaupun komputer sudah terintegrasi dengan wireless. Untuk mendapat kompatibilitas terbaik, maka gunakan dongle standar dengan 802.11b dan 802.11g.

Kabel Eksternal USB Pasif

Kabel eksternal ini dapat dengan mudah diperoleh di toko komputer. Fungsi kabel ini adalah sebagai penghubung antara USB port di komputer dengan adapter USB WiFi. Setelah dipasang, antena perlu diarahkan dan ditempatkan di posisi yang langsung berhadapan dengan access point wirelss. Pastikan kaabel tersebut cukup banyak supaya dapat ditempatkan di posisi yang diperlukan hingga maksimal 5 meter. Bila diperlukan, hubungkan beberapa kabel ekstensi bersama – sama.

Piringan Tertutup atau Wajan

Peralatan masak seperti wajan apalagi yang dilengkapi dengan kayu panjang juga cocok digunakan sebagai antena wifi. Syarat utama alat ini adalah berbentuk piringan atau parabola yang terbuat dari logam. Peralatan tersebut akan membuat sinyal WiFi yang ditangkap lebih banyak. Perangkat yang paling ideal memiliki diameter 12 inch. Anda dapat menggunakan lampu meja bertangkai agar perangkat ini dapat dipasang dengan rapi.

Cara Merakit

Pasang kabel ekstensi USB dan dongle WiFi pada wajan dengan pengikat kabel dan selotip. Dongle tersebut wajib ditempatkan di titik fokus puncak hot spot dari wajan tersebut. Sinyal biasanya masuk dan memantul di bagian tengah. Lokasi dongle terbaik dapat Anda temukan melalui eksperimen sederhana yaitu membungkus wajan atau piringan aluminium foil.

Setelah itu letakkan di bawah sinar matahari. Bagian yang paling banyak mendapat cahaya matahari merupakan hot spot dari piringan itu. Mungkin Anda memerlukan tongkat pendek untuk penopang dalam mengangkat dongle dari permukaan piringan ke posisi ini. Metode penopang alternatif dapat menggunakan tali yang diikat melintang di permukaan piringan seperti jaring laba – laba dan selang taman berbahan plastik yang berlubang.

Untuk pemasangannya, masukkan ujung kabel ekstensi USB ke PC Anda. Tetapkan antena tersebut sebagai kartu WiFi melalui pengaturan jaringan Anda. Selanjutnya arahkan piringan atau wajan tersebut. Cari pemancar WiFi remota yang hendak diakses.

Pada dasarnya antena WiFi bekerja berdasar arah. Pastikan untuk mengarahkannya dengan tepat. Piringan sebaiknya diarahkan ke antena remote. Walaupun pantulan menyimpang dari bangunan, hal ini justru dapat memberikan sinyal yang baik dari arah tak terduga. Untuk memeriksa apakah arah tersebut sudah tepat pada pemancar, gunakan pointer laser genggam.

Setelah Anda sudah terhubung, atur piringan atau wajan tersebut dengan menyesuaikan dongle sambil mengamati sinyal meter di komputer. Anda dapat menggunakan program KisMAC untuk perangkat Macintosh dan NetStumbler untuk perangkat berbasis Windows. Hal ini akan sangat membantu karena dapat menunjukkan pembacaan kekuatan sinyal berupa grafik.

Perangkat antena WiFi buatan sendiri yang sederhana ini sangat efektif untuk membantu meningkatkan sinyal serta menambah jarak jangkauan sinyal WiFi. Dengan mengetahui cara membuat antena WiFi portable, Anda dapat membuat antena sendiri dengan kualitas yang lebih baik daripada antena WiFi buatan pabrik yang kadang mudah terhalang oleh sekat dan dinding logam.

A d v e r t i s e m e n t

Komentar Anda :

Search Engine Keyword:

cara membuat antena wifi dengan antena tv, cara membuat antena WiFi, membuat antena wifi, https://satriamadangkara com/cara-membuat-antena-wifi-portable-sendiri-dengan-mudah/, cara buat antena mifi sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *