Cara Membersihkan Rumput Semak dan Pohon pada Tanah Kavlingan

A d v e r t i s e m e n t

Impian saya akhirnya terwujud untuk memiliki sebidang tanah yang di atasnya akan saya bangun rumah impian. Untuk mencapai tahap tersebut lika – liku dan proses perburuan yang panjang penuh dengan cerita suka – duka – duka – duka.

Tanah kavlingan yang kita dapatkan kondisinya tentu berbeda beda, ada yang lahannya datar dan ada juga yang miring. Ada yang penuh dengan semak belukar dan pepohonan, ada juga yang bersih tanpa rumput dan pepohonan.

A d v e r t i s e m e n t

Pada kesempatan ini saya akan berbagi pengalaman bagaimana cara saya membersihkan rumput semak belukar dan pepohonan pada tanah kaplingan. Kebetulan di atas tanah kavlingan yang saya beli selain rumput ilalang dan semak belukar ada juga pohon kelapa, pohon buah sawo, pohon jambu biji, pohon pisang, dan juga tunggul kayu besar yang sudah ditebang  yang sudah mulai kering.

Cara membersihkan rumput ilalang dan semak belukar.

Untuk membersihkan rumput dan semak belukar sebenarnya cukup mudah yang pertama kita lakukan adalah menyemprot dengan obat rumput, kemudian setelah rumput mulai kering dan menguning kita bisa membakarnya langsung atau membabat nya terlebih dahulu supaya lebih rajin dan lebih bersih.

Cara membersihkan tunggul kayu yang sudah mati.

Pada kasus ini ada dua cara yang saya lakukan karena kebetulan di dalam lokasi tanah kaplingan tersebut ada 2 tunggu pohon besar, namun posisi kedua tunggal itu yang satu berada di dalam denah lokasi bangunan kemudian satunya lagi berada diluar denah lokasi bangunan. Cara pertama yang saya lakukan adalah menggali tunggul pohon yang ada di dalam lokasi bangunan sampai ke akar akarnya, hal ini untuk meminimalisir  jika bangunan sudah jadi tidak akan terjadi amblas. Cara kedua yang saya lakukan untuk tunggul pohon yang diluar denah bangunan karena  tunggul pohon sudah kering, tunggul tersebut saya bakar secara berkala sampai benar benar habis bahkan ketika hujan turun pun api masih menyala merambati akar akar batang pohon dalam tanah.

Cara membersihkan batang kayu yang masih hidup

Batang kayu pertama yang saya bersihkan adalah pohon kelapa, karena batang pohon kelapa ini tumbuh tempat di garis pondasi bangunan rumah, langkah yang saya lakukan adalah dengan cara menggali sampai ke akar akarnya (anda dapat melihat videonya di youtube).  Untuk menangani pohon yang kedua yaitu pohon sawo dan pohon jambu biji walaupun kedua pohon tersebut berada di dalam denah bangunan namun tidak tepat pada garis pondasi. Jadi langkah yang saya lakukan adalah menggali di sekitar batang pohon tersebut kemudian baru memotongnya, jadi saya tidak menggali sampai ke akar akarnya.

Inilah beberapa foto yang sempat saya dokumentasikan, klik gambar untuk melihat keterangannya.

Demikianlah sedikit cerita pengalaman Cara Membersihkan Rumput Semak dan Pohon pada Tanah Kavlingan yang telah kita beli.

Komentar Anda :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *