Cara dan Biaya Pengeboran Sumur

A d v e r t i s e m e n t

Banyak faktor yang mempengaruhi biaya penggalian sumur bor, apalagi jika musim kemarau yang tiba – tiba datang dan mampu mengeringkan sumber air, hal ini lah yang mengharuskan orang – orang untuk mencari sumber air alternatif agar dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sehari – hari.

Di lokasi perkotaan mungkin hal ini bisa diatasi dengan cara beralih ke sumber air PAM, namun berbeda dengan di desa, untuk orang yang tinggal di desa sangat sulit untuk mendapatkan air bersih apabila musim kemarau. Banyak desa yang belum terjangkau sumber air dari perusahaan, itulah hal yang mengharuskan mereka untuk menggali sumur lebih dalam lagi untuk mendapatkan air dan tentu saja, biaya yang diperlukan untuk pendalaman sumur bor pun tidak sedikit.

A d v e r t i s e m e n t

Cara Pengeboran Sumur

Ada dua cara untuk menggali sumur ini, ada tukang gali sumur yang menggali secara manual, atau bahkan ada tukang gali sumur yang menggunakan mesin bor, kedua tukang gali ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing, tetapi biasanya, biaya yang diperlukan untuk menyewa tukang gali  sumur secara manual tidak memerlukan biaya yang terlalu tinggi dikarenakan alat yang diperlukan pun lebih sederhana .

Waktu yang lama merupakan kelemahan dari jasa ini, selain itu beberapa kendala yang biasanya muncul yaitu terbentur pada batuan besar, karena jika menemukan batu yang besar maka batu akan sulit untuk dipindahkan atau dihancurkan dengan cara manual bila dibandingkan dengan menggali sumur dengan menggunakan bor, sehingga penggalian akan lebih mudah.

Memang setelah mendengar itu, maka anda akan melirik jasa sumur bor, namun, jasa sumur bor pun memiliki kelemahan yaitu harga yang ditawarkan relatif mahal, tetapi kelebihannya sangat banyak seperti tidak memakan banyak waktu, bahkan tidak sampai berminggu – minggu, selain dengan mudah cara pegeborannya pekerja yang diperlukan pun hanya sedikit karena sudah terbantu dengan alat.

Biaya yang Diperlukan

Selain dengan cara pengeboran hal yang menjadi pengaruh biaya yang diperlukan untuk memperdalam sumur adalah wilayah masing – masing, semakin jauh semakin mahal tentunya, selain dengan wilayah, tingkat kesulitan, keahlian penyedia jasa, diameter casing yang ditanam bahkan tingkat kedalaman lokasi pengeboran pun sangat diperhatikan. Biaya yang diperlukan untuk mengebor sumur biasanya berpaket dan di luar paket.

Jika dalam paket biasanya pipa yang diperlukan lebih tinggi karena menggu akan pipa yang terbaik, sedangkan yang di paket menggunakan jenis diameter pipa yang ditawarkan pun bervariasi.

Biaya sumur bor perpaketnya dihitung dari kedalaman 30 sampai 100 meter dan jika ingin  kedalaman 100 meter maka negosiasi pun diperlukan.

Pipa dengan kualitas bervariasi biasanya menawarkan harga sekitar 100 ribu/meter sampai dengan 600 ribu/meter, selain itu, berbeda dengan yang berpaket, pengeboran diluar paket menawarkan pengeboran yang kemampuan kedalamannya bisa sampai 200 meter, ini pun belum termasuk pompa pipa, pipa, sambungan, Ppn dan Pph jasa.

Biaya berpaket di bandung biasanya harga yang ditawarkan sekitar 8 – 50 juta, meskipun biaya nya terbilang mahal, namun kualitas yang ditawarkan tidak dapat dipungkiri, sangat baik.

Sekarang anda sudah tahu berapa biaya untuk pengeboran dan memperdalam sumur, karena hal itulah, anda perlu memikirkan biaya dan jasa mana yang akan anda pilih untuk memperdalam sumur atau membuat sumur, pilihlah yang menurut anda yang terbaik untuk  rumah dan keluarga anda, sehingga anda tidak akan menyesal nantinya.

Komentar Anda :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *