Cara Buat atau Bikin Antena TV Tuner Sendiri Mudah dan Cepat

A d v e r t i s e m e n t
Cara Buat atau Bikin Antena TV Tuner Sendiri Mudah dan Cepat

Cara buat atau bikin antena TV tuner sendiri adalah cara hemat dan mudah serta kreatif daripada membeli antena dengan harga yang mahal. Pada dasarnya untuk menangkap sinyal TV digital sebenarnya tidak dibutuhkan antena khusus. Jika pesawat TV sudah dilengkapi dengan tuner DVB-T2, maka Anda sudah dapat menikmati siaran TV digital dengan bantuan antena biasa tanpa harus membeli. Bahkan Anda dapat membuat antena sendiri di rumah tanpa harus membelinya

Sebenarnya ada banyak desain antena yang dapat dibuat sendiri. Salah satu desain antena yang mudah dibuat dan cukup populer adalah antena TV digital gantungan baju. Memang namanya terdengar unik karena antena ini menggunakan bahan utama berupa kawat gantungan baju. Jika tidak ada kawat gantungan baju, Anda dapat menggunakan kawat tembaga berdiameter sekitar 2 mm

A d v e r t i s e m e n t

Bahan yang dibutuhkan antara lain :

  • Papan kayu
  • Sekrup
  • Plester
  • IMT
  • Triplek
  • Aluminium Foil
  • Gunting

Langkah Pembuatan

Pertama-tama siapkan papan sesuai dengan ukuran. Papan tersebut dapat berbentuk persegi panjang, lubangi papan tersebut seukuran sekrup dan buatlah masing – masing 5 lubang di salah satu sisi sehingga terdapat 10 lubang. Buat kawat dengan bentuk huruf V sebagai antena sebanyak 8 buah.

Ukuran kawat tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Siapkan kawat yang sama secukupnya untuk penghubung sebanyak 2 batang. Pastikan ukuran kawat tersebut cukup untuk menghubungkan kawat V.

Pasang dulu semua kawat berbentuk V. Setelah itu pasanglah kawat penghubung yang menghubungkan semua kawat. Jangan lupa untuk memberi isolasi pada kawat penghubung yang saling bersinggungan. Siapkan IMT (Impedance Matching Transformer) atau juga sering disebut dengan Balun 300/75 ohm. Jika Anda menggunakan balun tipe panjang, maka sebaiknya pilihlah terminal kabel yang berulir supaya kabel 75 ohm tidak mudah kendor atau bahkan lepas

Komponen tersebut berfungsi untuk menyesuaikan impedansi antena dengan kabel coaxial 75 ohm. Kabel pita pendek yang dihubungkan dengan antena impedansinya adalah 300 ohm. Sementara itu kabel coaxial yang terhubung dengan TV digital impedansinya adalah 75 ohm. Oleh sebab itu dibutuhkan impedansi.

MIT bisa saja tidak digunakan karena menggunakan antena kabel yang langsung dihubungkan ke TV. Namun hal ini dapat mengakibatkan sinyal yang diterima sangat mudah terganggu karena interferensi gelombang radio maupun gelombang lainnya. Komponen ini dapat diperoleh di toko – toko elektronik maupun toko yang menjual antena TV

IMT dipasang di tengah – tengah antena. Pastikan untuk menyekrup IMT tersebut dengan kencang. Sambung kabel coaxial ke TV digital.Setelah itu hidupkan TV digital dan scan untuk menemukan stasiun pemancar TV digital. Cobalah untuk meletakkan antenanya di posisi yang cukup tinggi seperti digantung di loteng supaya penerimaan sinyalnya lebih baik.

Jika sinyalnya dirasa masih kurang memuaskan, maka antenanya dapat diberi reflector dengan ukuran yang sama dengan luas bidang penerimaan antena. Anda dapat membuat reflector ini dengan menggunakan bahan triplek yang dilapisi dengan aluminium foil di salah satu sisinya.

Setelah itu lekatkan reflector tersebut di belakang antena. Pastikan posisi bagian reflector yang dilapisi dengan aluminium foil menghadap ke antena. Agar pemasangan lebih mudah dan benar, Anda dapat membaca cara memasang antena TV tuner.

Faktor – faktor yang Menyebabkan Tampilan Gambar Buruk

  • Kualitas Kabel
  • Posisi dan ketinggian
  • Arah antena

Setelah Anda berhasil membuat sendiri antena TV tersebut, pastikan untuk memperhatikan faktor – faktor yang mungkin menyebabkan gambar menjadi buruk. Dengan mengetahui faktor tersebut, Anda dapat mengoptimalkan gambar tampilan dari antena buatan Anda. Semoga cara buat atau bikin antena TV tuner sendiri tersebut dapat Anda coba di rumah.

Komentar Anda :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *