Cara Alternatif Mengobati dan Merawat Kambing Mencret

A d v e r t i s e m e n t
[dropcap]S[/dropcap]aya ingin berbagi Cara Alternatif Mengobati dan Merawat Kambing Mencret. Awal musim hujan November 2014 ini dua ekor kambing saya diketahui diare atau mencret.

Kronologis Kejadian

Awal mula kambing yang mencret adalah kambing umur 4 bulan yang baru saja saya beli. Kemudian berselang sehari, kambing yang berada disebelahnya (kadang hanya disekat kayu berjejer) sedang hamil muda berumur sekitar 7 bulan ikutan mencret.

A d v e r t i s e m e n t

Saya baru 3 bulan memelihara kambing, dan kejadian ini menurut pengamatan saya adalah efek dari awal musim hujan dimana pakan rumput hijau yang diberikan dominan rumput muda.

Cara Alternatif Mengobati Kambing Mencret

Mengetahui kondisi kambing yang pertama mencret saya jadi panik dan bingung, kalau orang maka secepatnya saya akan bawa ke dokter dan di apotek banyak obatnya. Segera saja saya googling namun semua tips, dan cara pengobatan yang ditawarkan ada istilah yang tidak saya pahami atau susah mencari bahan obatnya.

Karena harus segera mengambil tindakan maka saya langsung ke apotek membeli larutan elektrolit sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang dan obat diare.

Obat yang saya beli di apotek untuk kambing mencret
Obat yang saya beli di apotek untuk kambing mencret

Larutan elektrolit saya minumkan dengan cara dipaksa dan obat diare 2 butir saya gerus dan dicampur air kemudian diminumkan paksa.

Cara Merawat Kambing Mencret

Menurut tips umumnya, kambing yang sakit harus dipisahkan dari kambing lainnya, seharusnya memang demikian. Di samping menghindari penularan yang kedua adalah mempermudah perawatan karena kotoran kambing mencret bertaburan dan mengotori kambing lain nya.

Namun dilapangan saya tidak melakukan hal itu, karena kambing yang sudah berpasang-pasangan kalau dipisahkan akan berteriak-teriak kurang lebih sehari semalam dan saya tidak betah mendengarkannya.

Setelah kambing diobati, kandang saya jaga kebersihan nya dan yang paling penting adalah mengatur pola makan. Saya menyeleksi pakan hijauan yang akan diberikan dengan menghidari memberikan rumput muda. Hal terpenting lainya adalah memeberikan terapi makanan obat mencret yaitu daun jambu biji.

Kambing yang sedang mencret ketika diberikan daun jambu biji secara naluri akan lahap memakanya setelah mengunyah lembar daun yang pertama, mungkin karena daun jambu biji mengandung serat yang berbeda dengan rumput lain nya.

Lihat Video Kambing Mencret atau Diare

 

[green_message] Lihat Video Kambing Mencret
[/green_message]

Berbagi pengalaman Cara Alternatif Mengobati dan Merawat Kambing Mencret bagi sesama peternak pemula, semoga bermanfaat.

Komentar Anda :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *