Bisnis Budidaya Jagung Manis

Posted on

Bisnis Budidaya Jagung Manis menjadi incaran saya menjelang pergantian tahun 2013 ke tahun 2014. Sekarang adalah tanggal 12 Oktober hampir mendekati pertengahan bulan, ini adalah waktu yang tepat untuk kita menanam jagung manis.

Jagung manis adalah tanaman agrikultur bisa kita tanam dan budidayakan dimana saja seperti jagung biasa, perbedaan nya hanyalah pada kualitas yang dihasilkan dan masa panen saja.

A d v e r t i s e m e n t

Jangung manis bisa dipanen pada usia 75 hari atau 2,5 bulan, jika kita menginginkan panen sebelum malam pergantian tahun baru maka kita harus menanamnya sebelum tanggal 15 di setiap bulan oktober.

Menariknya Bisnis Budidaya Jagung Manis pada saat pergantian tahun adalah kebutuhan bahan jagung bakar akan meningkat dipasaran karena hampir sebagian besar masyarakat ‘indonesa’ kebanyakan ikut-ikutan merayakanya dengan cara begadangan sambil menunggu pergantian tahun masehi.

Hal yang bisa kita lihat dan amati adalah mereka biasanya berkelompok mengobrol sambil bakar-bakar untuk menghangatkan badan, ada yang bakar ikan dan lain-lain, namun jagung bakar selalu ada disela-sela menu bakar-bakar lainya.

Intinya jika kita dapat meproduksi jagung manis muda menjelang tahun baru, tidak akan susah menjualnya berapun banyaknya karena kebutuhan pasar yang meningkat.

Bagai mana saya memulai Bisnis Budidaya Jagung Manis ini, adapun langkah-langkah yang saya siapkan adalah :

  • Menentukan lahan produksi, berapa jumlah jagung yang akan di produksi tergantung dari berapa luas lahan yang bisa kita siapkan.
  • Mengolah lahan produksi, sepertinya ini adalah langkah yang sederhana namun keberhasilan Bisnis Budidaya Jagung Manis sangat ditentukan dengan proses ini.
  • Memilih dan meyiapkan benih Jagung Manis yang akan kita tanam.
  • Menyiapkan pupuk untuk tanaman Jagung Manis.
  • Proses pemeliharaan setelah tanam misal, kebersihan lahan, pengairan tanaman dan pengendalian penyakit.
  • Proses pemupukan tanaman, pemupukan harus tepat waktu.
  • Memanen hasil budidaya Jagung Manis.

Bisnis Budidaya Jagung Manis adalah salah satu peluang yang bisa kita coba, semua ide bisnis adalah bagus asal pelaksanaanya sesuai dan diwaktu yang tepat ada dasar yang kuat untuk melakukannya. Dengan dasar yang kuat kita akan sungguh-sungguh melakukannya dan tidak mudah meyerah dalam menghadapi kendala.

Hidup harus kreatif dan tidak mudah menyerah, saya hidup dilingkungan perkotaan sebenarnya tidak punya lahan namun saya memanfaatkan lahan kavlingan kosong di depan rumah dan samping rumah lebih kurang luasnya 600 m2 tentunya dengan seizin pemiliknya.

Kalau mau lebih repot sebenarnya di kampung yang jaraknya sekitar 75 km dari rumah ada tanah lebih dari 1 H milik orang tua yang bisa saya tanami, namun untuk saat ini belum terjangkau karena butuh modal yang besar.

Hidup ini indah asal kita tahu cara menjalaninya, Salam bisnis. Semoga bermanfaat.

A d v e r t i s e m e n t

Komentar Anda :

Search Engine Keyword:

budidaya jagung manis bonanza, budidaya jagung manis, analisa usaha budidaya jagung manis, analisa usaha jagung manis, prospek jagung manis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *