Biaya Terbaru Membuat Sumur Bor

A d v e r t i s e m e n t

Pada saat musim kemarau ialah saat yang sangat tepat untuk anda untuk membuat sumur. Alasan yang mendasari ialah karena dengan menggali atau membuat sumur pada saat musim kemarau akan membuat proses dan kedalamannya akan menjadi maksimal sebab penggalian yang dilakukan akan sampai pada bagian titik mata air yang bisa mencukupi kebutuhan anda akan air bersih saat musim kemarau tiba nanti.

Untuk cara dan metode yang bisa anda gunakan untuk membuat sumur ialah bisa dilakukan dengan cara digali secara manual atau juga bisa dilakukan dengan menggunakan mesin.

A d v e r t i s e m e n t

Namun bukan hanya sumur gali saja yang disukai oleh orang – orang, namun juga sumur bor banyak dipakai oleh orang – orang. Membuat sumur bor secara manual ataupun tradisional supaya bisa menemukan sumber mata air yang bersih yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehari – hari.

Membuat sumur bor memang merupakan salah satu usaha yang paling tepat untuk dilakukan jika di daerah anda tidak tersedia layanan pemerintah yang menyediakan air bersih. Membuat sumur bor sendiri akan disesuaikan dengan spesifikasi dari pengeboran dan masing – masing dari tingkat kesulitan, kedalaman, dan juga penggunaannya akan berbeda – beda.

Selain itu besarnya biaya yang dikeluarkan untuk membuat sumur bor juga tergantung dengan spesifikasi yang dipakai.

Biaya Membuat Sumur Bor

Dana atan biaya yang akan anda keluarkan untuk membuat satu sumur bor dengan kedalaman kurang lebih 24 meter ialah sekitar 6 jutaan. Hal ini tentu saja tergantung dengan negosiasi anda dengan pihak pengebor dan pemborong nya.

Namun pada perjanjian yang dilakukan biasanya kedalaman bukan menjadi patokan apakah nantinya akan mendapatkan sumber air yang bagus atau tidak. Dan kedalaman juga bukan menjadi sebuah patokan untuk sukses atau tidaknya pengeboran yang dilakukan, ketika sudah memasuki tes sedot dengan menggunakan pompa air dengan minimal dilakukan selama 4 jam tanpa putus.

Untuk mahal atau tidaknya suatu pembuatan sumur bor juga dipengaruhi oleh besarnya diameter dari pipa yang akan digunakan dan ditanam ditanah, serta seberapa besar kedalaman yang dipakai. Semakin besar dan semakin dalamnya pengeboran sumur, maka tentu saja biaya yang dikenakan kepada anda juga semakin mahal.

Air Yang Layak Konsumsi

Tujuan anda membuat sumur bor baik itu dangkal atau dalam ialah untuk bisa menemukan apakah sumber mata air tersebut layak untuk dikonsumsi atau tidak. Sumber mata air yang layak konsumsi harus memenuhi kriteria yakni sumber airnya jernih dan tidak berwarna, seperti yang sudah anda ketahui bahwa cukup sering hal yang terjadi saat pengeboran yakni tidak berhasilnya menemukan sumber mata air yang layak dikonsumsi sering kali air akan keruh, kecokelatan, atau bahkan kehitaman. Sehingga harus dilakukan pengeboran lagi.

Selain itu sumber air yang layak konsumsi ialah tidak berbau dan tidak mengandung bahan kimia. Memang sumber mata air yang layak untuk dikonsumsi tidak berbau dan tidak mengandung bahan kimia. Sumber mata air yang seringkali menimbulkan bau dan ada rasanya ialah di daerah pesisir, bekas rawa – rawa, atau juga bekas persawahan. Hal ini dikarenakan pada lokasi tersebut sebelumnya juga terjadi endapan, sehingga ada banyak juga senyawa – senyawa makhluk hidup yang saat dulu pernah ada di lokasi tersebut dan kemudian mati terkubur karena proses pengerasan tanah.

Sebaiknya jika anda ingin membuat sumur bor, akan lebih baik jika anda memahami segala macam tentang sumur bor. Sehingga anda juga tidak akan kesulitan membuatnya.

A d v e r t i s e m e n t

Komentar Anda :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *