Biaya Membuat Sumur Gali

Posted on

Jika kita memutuskan untuk membuat sumur gali maka akan muncul dipikiran kita biaya yang harus kita keluarkan. Pertanyaan seputar biaya membuat sumur gali yang sering menjadi ditanyakan pembaca antara lain:

A d v e r t i s e m e n t
  • Bagaimana sistem kerja pembuatan sumur gali?
  • Berapa upah pekerja penggali sumur?
  • Apakah sudah termasuk pencarian titik sumber mata air?
  • Alat apa saja yang harus disiapkan oleh calon pemilik sumur?
  • Finishing sumur gali seperti apa?

Pengalaman saya saat membuat sumur gali dan juga pengalaman teman-teman yang bercerita tentang sumur gali mereka mungkin akan menjadi referensi bagi pembaca yang budiman.

Sistem kerja pembuatan sumur gali

Sistem kerja ini tentunya akan mempengaruhi biaya yang akan  kita keluarkan dan juga hasil akhirnya, dahulu saya memilih sistem kerja pembuatan sumur gali secara borongan dengan ketentuan sampai mendapatkan sumber air yang cukup.

Ada juga pekerja yang sanggup mengerjakan penggalian sumur dengan sistem meteran, namun hal ini bagi kita yang ingin membuat sumur baru tidak saya rekomendasikan. Cara ini bisa kita gunakan jika kita ingin memperdalam sumur yang sudah ada.

Upah kerja penggalian sumur

Berdasarkan sistem kerja diatas pengalaman saya dengan sistem kerja borongan harga pada tahun 2011 adalah Rp. 1.500.000 (tiap daerah tidak sama tergantung harga pasaran di masing-masing daerah).

Bagaimana dengan sistem kerja penggalian meteran, ada yang menawarkan harga per meter 100 rebu dan ada juga jika kita melakukan pendalaman sumur yang sudah ada harga per meternya sampai 500 ribu.

Pencarian titik sumber mata air

Beberapa pekerja penggali sumur mempunyai keahlian dalam menentukan atau menerawang dimana letak titik sumber mata air yang besar, pekerjaan ini bisa termasuk dalam sistem kerja borongan (semua tergantung negosiasinya) atau pekerjaan tersendiri.

Saya menggunakan jasa pawang air khusus pada waktu itu, biaya jasa pawang sumber mata air memang tidak di patok namun minimal dijaman kita sekarang ya 100 rebu.

Alat yang harus kita siapkan

Alat yang digunakan oleh perkerja umumnya disiapkan sendiri oleh mereka, namun ada beberapa alat yang perlu kita siapkan juga jika diminta mereka dan masuk akal. Contohnya alat timba manual, selain nantinya akan berfungsi untuk menimba air jika kondisi darurat mati lampu, alat ini juga bisa membantu pekerja mengeluarkan tanah galian sumur jika sudah tidak dapat lagi dijangkau tangan mereka.

Air minum, kue cemilan dan konsumsi lainya biasanya baiknya dibicarakan saat negosiasi harga, hal ini tidak bersifat mengikat hanya kesadaran kemanusiaan saja.

Finishing pekerjaan sumur gali

Jika pengalian sudah selesai, bisa kita cek stok air tergenang didasar sumur dan sebaiknya terggenang minimal 1 m sebagai cadangan jika kita sedot bak penampung air kapasitas 1 m³ dapat terpenuhi. Untuk sumur gali jika kondisi tanah tidak stabil sebaiknya langsung dipasang cincin beton secara keseluruhan. Saya tidak menggunakan cincin tersebut karena kondisi tanah yang keras dan berbatu, namun 1 m kebawah dari permukaan tanah pasang batu bata melingkar sebagai pondasi penutup sumur yang terbuat dari cor beton.

A d v e r t i s e m e n t

Komentar Anda :

Search Engine Keyword:

Upah gali sumur, biaya bikin sumur gali, harga gali sumur, harga bikin sumur, biaya sumur gali dan sum:r bor

One thought on “Biaya Membuat Sumur Gali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *