Berburu Bibit Kayu Jati Alami

Posted on

Berburu Bibit Kayu Jati Alami di daerah Sumatra tepatnya Provinsi Lampung kabupaten Lampung Tengah desa Mojokerto bersama rekan kerja sekitar sebulan yang lalu minggu 8 April 2012. Bibit Kayu Jati alam mudah kita dapatkan disuatu daerah yang memang banyak ditumbuhi Pohon Jati, tetapi ingat tidak semua pohon jati yang tumbuh selalu ada dan banyak ditumbuhi bibit jati. Hal ini kenapa, menurut pengamatan saya daerah yang banyak ditumbuhi Bibit Jati Alami adalah daerah yang terbuka, artinya bukan disemak belukar atau dibawah rerimbunan pohon jati yang banyak.

Perburuan Bibit Kayu Jati Alami yang kemaren saya lakukan hanya dilokasi bekas kebun jati saya yang telah dibongkar setahun yang lalu yaitu akhir tahun 2010 silam. Disana banyak sekali saya temukan Bibit Kayu Jati Alami yang tumbuh pada lahan terbuka yaitu lahan yang banyak ditumbuhi rumput ilalang. Dari luas lokasi yang hampir 2 hektar tersebut tidak banyak ditemukan bibit jati alami, artinya Bibit Jati Alami tersebut tidak tumbuh secara merata, walaupun semua lokasi dulunya ditanami pohon jati dan semua pohon jati tersebut berbunga dan berbuah biji.

A d v e r t i s e m e n t

Sejak turun temurun Kayu Jati yang ada didaerah pegunungan dempo didesa saya ditanami dengan Bibit Jati Alami yaitu hasil dari mencabut Bibit Jati Liar yang tumbuh didaerah itu, begitu juga kebun jati saya dahulu adalah hasil mencari bibit jati alam diseluruh lereng bukit didaerah itu. Bagaimana hasil kayunya jika kita menanam bibit jati alami atau bibit jati liar, hasilnya tentunya tidak berbeda jauh menghasilkan kayu jati yang bervariasi dengan pohon atau batang yang juga lurus dan mulus.

Berburu-Bibit-Kayu-Jati-Alami-digunung
Suasana Berburu Bibit Kayu Jati Alami digunung

Saat kita Berburu Bibit Kayu Jati Alami mata kita harus jeli melihat dan membedakan daun jati muda dengan rumput dan daun-daun lain yang hampir serupa warna dan bentuknya. Mengambilnya pun tidak perlu alat khusus, yaitu maen cabut-cabut aja, baru kalau dirasa tidak kuat bisa menggunakan cangkul atau golok untuk mengungkitnya. Pohon jati adalah Pohon yang mempunyai sifat bandel yaitu gampang atau mudah hidup kemudian kalau sudah besar tahan terhadap api jadi kalau kita punya kebun Kayu Jati tidak perlu kawatir jika terjadi kebakaran, sudah bisa dipastikan setelah kebakaran kayu jati kita seperti habis dipupuk atau akan tumbuh lebih subur.

Berburu Bibit Kayu Jati Alami
Hasil Berburu Bibit Kayu Jati Alami
Berburu Bibit Kayu Jati Alami
Hasil Berburu Bibit Kayu Jati Alami Siap-siap Pulang

Setelah beberapa saat terkumpulah ratusan bibit kayu jati alam yang mempunyai tinggi dan besar batang rata-rata sama dan siap dibawa pulang ke Natar lampung Selatan untuk segera ditanam. Pada artikel selanjutnya saya akan berbagi informasi proses penyiapan bibit kayu jati alami sebelum di tanam. Semoga bermanfaat.

A d v e r t i s e m e n t

Komentar Anda :

Search Engine Keyword:

bibit kayu jati, pekebun jati

One thought on “Berburu Bibit Kayu Jati Alami

  1. Timakasih, infonya sangat berguna. Sayang anda tidak menuangkan tulisan ini dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar. Ibaratnya, produk bagus tapi kemasannya tidak atau kurang baik.

    Kesan saya, Lampung tidak terlalu bagus untuk tanaman jati, berbeda dengan Jawa. Terlihat dengan mudah, yaitu daunnya yang banyak sekali yang tidak utuh.

    Namun saya suka Lampung secara umum dan saya yakin tanahnya subur.

    Salam dari Jakarta

    ZD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *