Bahan Material & Alat untuk Pekerjaan Plesteran Dinding Bata

Posted on

Untuk menyelesaikan pekerjaan plesteran dinding bata tentunya kita harus mempersiapkan bahan material bangunan dan alat kelengkapannya. Pada kesempatan ini saya ingin berbagi pengalaman tentang persiapan Bahan Material & Alat untuk Pekerjaan Plesteran Dinding Bata.

Setelah anda membaca pengalaman saya ini diharapkan  anda sudah mempunyai gambaran Bahan Material & Alat untuk Pekerjaan Plesteran Dinding Bata yang harus disiapkan untuk dibeli.

A d v e r t i s e m e n t
[blue_message]

Jika kita menggunakan jasa pekerja harian maka, Bahan Material & Alat untuk Pekerjaan Plesteran Dinding Bata pada daftar dibawah ini di siapkan oleh kita selaku pemilik rumah. Jika kita menggunakan sistem borongan tentunya sesuai dengan kesepakatan yang telah disepakati.

[/blue_message]

Bahan Utama Pekerjaan Plesteran Dinding Bata

[check_list]
  • Pasir Pasang (1 rit/ 1 mobil truk pasir dengan bak papan harganya Rp. 750.000, asal pasir dari Kabupaten Lampung Tengah di  bawa ke Kota Bandar Lampung, sebelum kenaikan BBM harganya cuma Rp. 600.000 )
  • Semen (semen merek holcim harganya Rp. 59.000 diantar sampai rumah, untuk harga semen biasanya tergantung stok 2 tahun lalu saya pernah beli 1 zak seharga Rp. 63.000)
  • Air secukupnya (gunakan air bersih supaya adukan semen dan pasir mengikat sempurna)
[/check_list]

Alat Utama Pekerjaan Plesteran Dinding Bata

[check_list]
  • Cangkul (digunakan untuk membuat adukan plesteran)
  • Cetok/sendok adukan (digunakan untuk menempelkan adukan plesteran pada dinding bata)
  • Ember (digunakan untuk menakar adukan, mengambil air dan membawa adukan plesteran)
  • Benang (digunakan sebagai alat bantu pekerja untuk memandu supaya dinding plesteran rata dan tegak lurus)
  • Paku (digunakan sebagai pengait benang dan acuan setelah selesai pengukuran)
  • Palu (digunakan untuk menancapkan paku)
  • Lot(digunakan sebagai alat bantu memastikan kedataran atau rata tegak lurus.
  • Bak Air (digunakan untuk menampung air kebutuhan adukan plesteran)
  • Ayakan Pasir (digunakan untuk menyaring pasir dari kotoran dan batu-batu)
  • Ondrong (sebuah alat berfungsi untuk meratakan adukan plesteran ketika sudah menempel pada dinding bata)
  • Jedar (sebuah alat yang berfungsi untuk meratakan adukan plesteran yang sudah di tempelkan menggunakan cetok atau sendok adukan, alat ini biasanya terbuat dari kayu panjang segi empat, namun sekarang para pekerja mengunakan alat jedar dengan bahan aluminium karena lebih halus dan ringan)
[/check_list] [green_message]Dari daftar diatas saya mengunakan sistem harian maka alat profesi seperti, cetok, palu, lot, ondrong dan jedar disiapkan oleh pekerja.[/green_message]

Kelengkapan lain nya.

Dalam sistem harian pemilik rumah harus menyediakan alat bantu dalam proses pelaksanaan pekerjaan plesteran seperti stekger (sebuah alat seperti tangga yang digunakan pekerja untuk mengerjakan plesteran pada dinding bagian atas, alat ini terbuat dari kombinasi kayu kasau dan papan/balok). Papan atau plastik sebagai alas kerja, karena dalam proses pekerjaan plesteran adukan akan banyak yang jatuh ke tanah supaya adukan tetap bersih dan dapat digunakan kembali maka dibutuhkan alas tersebut.

Itulah sedikit informasi mengenai Bahan Material & Alat untuk Pekerjaan Plesteran Dinding Bata, semoga dapat menjadi referensi anda yang ingin menyelesaikan pekerjaan plesteran dinding rumah yang tertunda.

A d v e r t i s e m e n t

Komentar Anda :

Search Engine Keyword:

cara membuat mesin plester dinding, alat bantu pasang batu bata, alat untuk plester dinding, peralatan plesteran, alat untuk meratakan semen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *