Bagaimana mencegah terjadinya kebakaran?

Kebakaran rumah sangat berbahaya jika terjadi, selain kerugian materi kebakaran rumah juga dapat mengakibatkan trauma. Di bawah ini akan dipaparkan bagaimana mencegah terjadinya kebakaran. Sebelumnya mari kita ketahui beberapa penyebab terjadinya kebakaran rumah :

  • Korsleting listrik

Banyak orang menganggap korsleting listrik dapat menyebabkan kebakaran namun tidak banyak orang mengetahui penyebab konseling listrik. Penyebab korsleting listrik terjadi karena beban pada stop kontak terlalu berlebih. Stop kontak yang digunakan berbagai peralatan rumah tangga dapat mengakibatkan gosong dan hangus. Pahami peralatan rumah tangga yang membutuhkan listrik dan lepaskan stop kontak jika tidak digunakan. Hindari pemakaian peralatan listrik secara Bersama sama. Hal ini dapat mengakibatkan korsleting yang menjadi penyebab kebakaran. Selain itu korsleting listrik juga terjadi karena terdapat kabel yang mengelupas yang mengakibatkan saluran yang bertegangan listrik menempel pada saluran yang netral. Yang ketiga adalah karena kelalaian seseorang, misalnya menyambungkan kabel tidak cocok dengan yang seharusnya.

  • Cairan yang mudah terbakar

Cairan tersebut misalnya bensin, minyak tanah atau bahan bakar lainnya. Cairan tersebut jika terkena percikan api akan sangat berbahaya karena dapat langsung menimbulkan api yang besar. Sehingga jika terletak pada tempat – tempat yang terdapat barang mudah terbakar akan sangat berbahaya.

  • Perlengkapan memasak kompor dan gas

Sering kali kebakaran diakibatkan oleh kompor gas yang lupa dimatikan atau dapat juga terjadi karena pemasangan gas dengan pada kompor tidak benar. Jika akan mengganti tabung gas yang baru maka perhatikan apakah terdapat bau menyengat yang menyerupai gas bocor. Jika terjadi maka tempatkan tabung gas pada ruang terbuka dan hindari menyalakan kompor.

  • Kelalaian manusia

Kebakaran dapat terjadi karena kelalaian seseorang. Yaitu suatu tindakan yang dilakukan secara tidak sengaja. Contoh kelalaian yang dapat mengakibatkan kebakaran adalah membuang puntung rokok sembarangan, merokok sambal tiduran, meletakkan bensin atau barang yang mudah terbakar disembarang tempat, meletakkan obat nyamuk disembarang tempat dan sebagainya. Kelalaian ini menjadi penyebab yang sering terjadi.

Setelah mengetahui beberapa penyebab kebakaran, mari kita bahas cara mencegah terjadinya kebakaran :

  1. Merawat sistem listrik rumah, yaitu dengan melakukan pengecekan secara berkala pada sistem listrik misalnya kabel. Ganti kabel yang sekiranya sudah tidak layak seperti kabel yang terkelupas serta mengencangkan stop kontak yang telah mengendur. Gunakan peralatan listrik sesuai dengan standar misalnya tidak menggunakan stop kontak secara bertumpuk. Cegah kerusakan peralatan listrik dengan mengganti kabel yang sudah tua. Pengecekan instalasi listrik di rumah dapat mencegah terjadinya korsleting listrik yang menjadi penyebab utama terjadinya kebakaran.
  2. Bangun rumah dengan bahan bangunan yang tidak mudah terbakar. Saat membangun rumah pertimbangkan bahan bangunan yang digunakan. Misalnya dengan mengurangi penggunaan bahan bangunan yang mudah terbakar seperti kayu atau plastik. Jika terpaksa menggunakan bahan yang mudah terbakar maka sebisa mungkin untuk tidak menempatkan pada tempat  yang mudah memicu kebakaran seperti dapur.
  3. Memadamkan listrik saat sudah tidak digunakan, misalnya saat rumah akan di tinggal dalam waktu yang relatif lama maka jangan lupa mematikan peralatan listrik dan mengecek keamanan kompor gas di rumah Anda. Nyalakan listrik seperlunya saja, selain akan menghemat sumber daya dan biaya juga dapat mencegah kebakaran. Saat instalasi listrik dinyalakan secara terus menerus tanpa ada jeda maka suhu instalasi listrik akan meningkat dan menyebabkan kebakaran.
  4. Tempatkan bahan bakar di tempat yang aman, contohnya bensin atau minyak tanah jangan ditempatkan pada ruangan tertutup dengan banyak barang mudah terbakar. Dan juga hindari merokok di dekat tempat penyimpanan bahan bakar untuk mencegah mencegah terjadinya kebakaran.
  5. Sediakan fire extinguishers untuk mencegah terjadinya kebakaran. Fire extinguishers adalah alat yang dapat memadamkan api dengan cepat. Apabila rumah Anda sudah terdapat alat ini maka lakukan perawatan dengan baik. Agar jika tiba – tiba alat ini dibutuhkan, fire extinguishers dapat berfungsi dengan baik. Alat detektor kebakaran juga dapat digunakan untuk upaya mencegah terjadinya kebakaran.
  6. Jangan membakar sampah disembarang tempat. Bagi Anda yang memiliki kebiasaan membakar sampah maka hindari membakar sampah di dekat lingkungan rumah.
LIHAT Juga :  7 Fakta Panama Papers, Kasus Penggelapan yang Menggemparkan Dunia Pajak

Beberapa hal di atas dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *