Bagaimana Cara Agar Terhindar Dari Pembunuhan

Belakangan ini di sejumlah negara, kasus kriminalitas semakin marak terjadi dan terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Kasus kriminalitas juga semakin bertambah di Indonesia, pembunuhan misalnya. Bagaimana cara menghindari pembunuhan?

Sebab Terjadinya Pembunuhan

Masyarakat semakin berani melakukan tindak kriminalitas bahkan di depan khalayak ramai. Lantas apa penyebab maraknya kasus pembunuhan sekarang ini? Beberapa motif terjadinya pembunuhan juga mendasari kasus ini, yakni motif ekonomi, hubungan sosial, atau bahkan kekuasaan.

Satu dari ketiga motif tersebut bisa mendasari seseorang melakukan pembunuhan. Bahkan pembunuhan juga bisa terjadi karena hal – hal yang spontan dan sepele. Seperti misalnya saja pelaku merasa terpancing emosinya sehingga menjadi gelap mata dan pada akhirnya melakukan pembunuhan.

Karena semakin meningkatnya kasus pembunuhan sekarang ini juga membuat seolah – olah harga dari nyawa seseorang seakan murah. Sebab seseorang bisa dengan mudah begitu saja mengambil nyawa orang lain.

Sebagian besar pelaku pembunuhan juga menganggap bahwa nyawa seseorang tidak berharga, hal ini dikarenakan perubahan yang cukup ketara dari kehidupan sosial masyarakat. Selain itu juga karena tingkat globalisasi yang cukup berpengaruh kepada masyarakat dengan adanya berbagai macam informasi yang sekarang ini sangat mudah untuk didapat.

Hal – hal tersebut memungkinkan terjadinya perubahan pada kehidupan masyarakat. Tentu saja hal tersebut juga didukung oleh adanya perubahan dari nilai dan norma masyarakat sampai pada penegak hukum yang lemah kepada pelaku kriminalitas.

Bahkan yang paling parah sekarang ini bahwasanya masyarakat tidak lagi mengetahui mana perilaku yang benar dan mana perilaku yang dianggap salah. Hal ini tentu saja mengakibatkan seseorang menjadi sangat egois dan juga mementingkan harta benda dan kekuasaan.

Seseorang yang sudah ter-obsesi dengan harta benda dan juga kekuasaan maka akan sangat egois dan tidak mempedulikan orang lagi. Bahkan mereka akan cenderung lebih mudah untuk mengorbankan orang lain. Sehingga mereka akan memilih membunuh untuk menghilangkan ketidaknyamanan atau untuk kekuasaan dan harta benda mereka.

Hal lainnya yang cukup penting dari setiap kejadian pembunuhan yang terjadi di kalangan masyarakat dan terus mengalami peningkatan seperti sekarang ini ialah mulai lunturnya nilai dan juga moral agama.

LIHAT Juga :  7 Fakta Panama Papers, Kasus Penggelapan yang Menggemparkan Dunia Pajak

Cara Terhindar Dari Pembunuhan

  • Agar terhindar dari pembunuhan maka sebaiknya anda menghindari setiap perkataan dan juga perbuatan yang bisa membuat orang lain merasa sakit hati atau tersinggung.

  • Agar terhindar dari pembunuhan sebaiknya anda bersikap sederhana kepada setiap orang dan jangan sampai menampakkan kemewahan yang anda miliki. Hal ini tentu saja bisa menarik perhatian orang yang berpikiran iri kepada anda dan membahayakan diri anda.

  • jika anda merasa perkataan atau perbuatan anda yang secara sengaja atau tidak sengaja menyakiti orang lain atau membuat orang lain tersinggung, maka sebaiknya segeralah meminta maaf. Sebab tidak semua orang akan berlapang dada dan melupakan perbuatan atau perkataan yang anda lakukan kepadanya.

  • Akan lebih baik jika anda mempunyai pengetahuan yang cukup mengenai kejahatan yang bisa menimbulkan kerugian bagi semua pihak.

  • Agar terhindar dari pembunuhan sebaiknya anda juga bersikap yang adil dan tidak membeda – bedakan baik ras, kedudukan, agama, dan lain sebagainya. Akan jauh lebih baik jika anda tetap bisa menjaga sopan santun kepada setiap orang.

  • Sebaiknya anda mempunyai akhlak yang baik serta bisa tetap menjaga sopan santun didepan orang lain.

  • Selain anda harus mempunyai akhlak yang baik dan juga sopan santun, anda juga harus mempunyai teman yang mempunyai akhlak yang baik juga dan juga sopan santun.

  • Agar terhindar dari pembunuhan maka nilai – nilai keagamaan harus ditingkatkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari – hari.

Tindak kejahatan bukan hanya terjadi kepada mereka yang sudah dewasa, namun sekarang ini orang berusia lanjut (tua) dan bahkan anak remaja juga bisa menjadi pelaku kejahatan. Untuk korbannya sendiri juga bisa dari anak bayi, anak – anak, remaja, dewasa, hingga usia lanjut.

Dengan berbagai macam penyebab terjadinya pembunuhan, mulai dari dengan hal – hal sepele bisa memancing seseorang melakukan kejahatan. Oleh sebab itu anda juga harus tahu bagaimana cara menghindari pembunuhan untuk melindungi diri anda sendiri dan orang terkasih tentunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *