6 Tips Aman Menghindari Kejahatan Kriminal

Tips aman menghindari kejahatan kriminal – Tindak kekerasan bisa bermacam-macam bentuknya. Hanya saja, tak jarang manifestasinya sulit diidentifikasi dan tidak kentara. Apakah Anda pernah merasakan dan mengalami tindak kekerasan atau ancaman serius? Jika iya, tentu wajar sekali jika Anda takut jika peristiwa serupa kembali menimpa diri Anda. Namun Anda tak perlu khawatir, sebab ada beberapa tips yang dapat dilakukan agar terhindar dari kekerasan.

Ini Tips Aman Menghindari Kejahatan Kriminal

Banyaknya kasus-kasus kejahatan kriminal, seperti perampokan dan pembunuhan yang terjadi sekarang ini, seperti yang diberitakan di media televisi, membuat kita semua merasa takut dan harus waspada. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari tindak kriminal, seperti berikut ini :

  1. Selalu Bersikap Baik

Kebanyakan motif dari kasus kekerasan atau kriminal, ialah balas dendam. Karena itu Anda harus selalu bersikap baik pada setiap orang. Jika Anda bersikap jahat dan tidak menyenangkan pada orang lain, tak menutup kemungkinan jika orang tersebut membalas perbuatan Anda. Tentu jangan pernah meremehkan dendam, sebab di zaman sekarang ini akibat sesuatu yang amat sepele pun bisa menyebabkan tindak kejahatan yang berakibat fatal apabila pelakunya merupakan seorang pendendam.

Dengan selalu bersikap sopan, ramah, dan santun terhadap orang lain tentu membuat orang lain pun selalu siap membantu kita jika kita sedang dalam kesusahan, selain itu juga memperkecil kemungkinan orang sakit hati terhadap diri kita. Selain itu, dalam hal percintaan sekalipun jangan pernah Anda menyakiti hati seseorang, seperti berselingkuh, playboy, sering memutuskan cinta, dan sebagainya. Hal ini juga berlaku bagi pegawai, anak buah atau bawahan Anda jangan pernah menzalimi dan bertindak semena-mena kepada mereka.

  1. Jangan Pernah Bersifat Pamer

Dengan hidup selalu sederhana, tentu orang yang akan berniat jahat kepada kita juga enggan melakukannya. Orang yang gemar memamerkan benda-benda yang berharga seperti perhiasan, mobil mewah, handphone yang bagus, berdompet tebal, dan sebagainya akan merangsang pelaku kejahatan dengan mudah untuk bertindak jahat kepada diri kita. Saat seseorang sedang kepepet, maka biasanya orang tersebut akan mencari barang berharga apa saja untuk dicuri. Jadi, jika kita tak memiliki barang berharga, maka secara otomatis kita pun akan aman.

Selain itu, bagi kaum wanita sebaiknya Anda tidak berdandan berlebihan atau tidak terlihat seksi di hadapan pria asing, hal ini bertujuan agar tidak memancing perhatian pria hidung belang. Bagi wanita yang memiliki paras cantik sebaiknya sudah dibekali ilmu bela diri serta harus bersikap tegas, terlihat cerdas dan tidak polos.

  1. Selalu Berwibawa dan Waspada

Tips aman menghindari kejahatan kriminal lainnya ialah pastikan Anda selalu terlihat waspada dan juga berwibawa. Anda harus berhati-hati dengan orang yang belum dikenal dekat walaupun dilihat dari penampilannya tak mempunyai wajah kriminal sebab setiap orang memiliki kesempatan menjadi penjahat. Anda harus waspada saat ada seseorang yang baru saja dikenal dan langsung bersikap baik pada kita. Jika perlu setiap Anda bepergian selalu ditemani oleh teman atau orang lain, dengan tujuan untuk meminimalisir peluang menjadi target tindak kriminal.

  1. Hindari Tempat-Tempat yang Rawan Kejahatan

Sebaiknya hindari area-area yang tak memiliki sistem pengawasan keamanan dengan baik, seperti kawasan yang rawan kejahatan, di tempat gelap, daerah kumuh, tempat sepi, tempat hiburan malam, dan sebagainya. Jika Anda sudah tahu para penjahat gemar berkeliaran saat malam hari di tempat-tempat yang gelap dan hiburan malam, sebaiknya hindarilah keluar di malam hari.

  1. Jangan Berikan Kesempatan Untuk Mereka Berbuat Jahat

Ada banyak faktor yang membuka kesempatan para penjahat saat menjadikan seseorang sebagai targetnya, seperti meletakkan barang berharga sembarangan, menyimpan dompet atau ponsel di kantong yang mudah terlihat dan longgar, tidak memasang sistem keamanan dengan baik di dalam rumah, membawa uang tanpa keamanan memadai, dan sebagainya.

  1. Mempelajari Modus Kejahatan Para Pelaku Kriminal

Inilah pentingnya membaca berita atau menonton berita di televisi, majalah, koran, dan lain sebagainya tentang modus kriminal yang sering terjadi di lingkungan sekitar kita supaya kita pun lebih mudah dalam menyikapi situasi yang sedang terjadi. Pelajari bagaimana cara menyelesaikan setiap aksi kejahatan dengan selalu memperhatikan setiap orang yang ada di sekitar ATM, kondisi mesin ATM misalnya, sebelum Anda bertransaksi di mesin ATM.

Itulah 6 tips aman menghindari kejahatan kriminal sehingga memperkecil kemungkinan kita menjadi target aksi kejahatan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *