4 Pilihan Beasiswa Untuk S2 Dalam Negeri

A d v e r t i s e m e n t

Bagi pemburu beasiswa pascasarjana atau Strata 2 pastinya familiar dengan beasiswa yang diluncurkan oleh LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan). Popularitas beasiswa ini membuatnya tidak pernah sepi dari peminat. Sebenarnya masih ada sejumlah beasiswa untuk S2 dalam negeri, yang bisa menjadi pilihannya. Ingin tahu peluang beasiswa tersebut?

Beasiswa Untuk S2 Dalam Negeri PMDSU

A d v e r t i s e m e n t

Kalau Anda memiliki cita-cita sebagai dosen, program beasiswa ini sangat layak untuk diperjuangkan. Melalui program beasiswa PMDSU, impian Anda bisa terwujud tentunya tanpa dibebani dengan biaya pendidikannya. Bahkan Anda tidak hanya bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan S2 saja, tapi juga S3. Tentunya dengan kemudahan ini sangat sayang melewatkan program beasiswa untuk S2 dalam negeri tersebut.

Program Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) merupakan program beasiswa dari DIKTI, yang didesain bagi para lulusan sarjana berprestasi. Khususnya bagi mereka yang sangat berminat menjadi seorang dosen. Nah, kalau Anda berhasil memenangkan beasiswa tersebut, maka akan langsung mendapatkan kontrak dari DIKTI yang berstatus calon dosen.

Jadi dengan adanya beasiswa ini memberikan fasilitas bagi sarjana untuk menimba ilmu hingga jenjang master dan doktor. Namun peserta beasiswa ini harus mampu menyelesaikannya dalam waktu empat tahun, hingga mendapatkan gelar doktor. Syarat untuk bisa mendapatkan beasiswa ini antara lain sudah lulus sarjana (maksimal dalam tiga tahun terakhir), IPK minimal 3,25 dan sebagainya. Program beasiswa ini khusus untuk perguruan tinggi dalam negeri saja.

Beasiswa Untuk S2 Dalam Negeri dari Kemendikbud

Anda juga bisa memenangkan Beasiswa Unggulan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kalau Anda merasa memiliki prestasi sangat mengesankan selama menempuh jenjang sarjana, maka layak untuk melamar program beasiswa ini. Sebagai contoh Anda pernah menang dalam kejuaraan olimpiade tertentu di segala bidang tingkat regional, nasional bahkan internasional.

Bagi para pegawai atau guru yang juga memiliki prestasi gemilang juga berpeluang besar untuk memenangkan program beasiswa tersebut.  Syarat mengikuti Beasiswa Unggulan pastikan IPK Anda minimal 3. Nah, kalau Anda mempunyai sertifikat prestasi atau kejuaraan di tingkat perguruan tinggi, kabupaten atau kota selama kurun waktu lima tahun terakhir maka sangat penting untuk mencantumkannya dalam berkas lamaran beasiswanya.

Beasiswa Untuk S2 Dalam Negeri dari UGM

Perguruan tinggi pertama di Indonesia ini juga selalu menyediakan program beasiswa untuk jenjang pascasarjana. Sejumlah program studi tersedia bagi mereka pemenang beasiswa dari Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta ini. Sebagai kampus bergengsi di tanah air, pastinya Anda juga tidak mau melewatkan kesempatan emas ini, bukan?

Nah, jika Anda memiliki IPK minimal 3,25, skor TPA 550 dan skor TOEFL ITP paling rendah 500, maka Anda sudah bisa melamar program beasiswa tersebut. Namun, harus diperhatikan karena beasiswa ini hanya diperuntukkan bagi peserta yang maksimal usianya 25 tahun. Beberapa program studi yang menawarkan beasiswa adalah Bioteknologi, Magister Manajemen Bencana, Kajian Pariwisata, Kajian Budaya dan Media serta program lainnya.

Beasiswa Untuk S2 Dalam Negeri dari Tanoto Foundation

Bagi lulusan dari perguruan tinggi ternama di Indonesia, maka berhak mengikuti beasiswa dari Yayasan Tanoto. Syarat mendapatkan beasiswa untuk S2 dalam negeri ini, Anda harus sudah terdaftar sebagai mahasiswa pascasarjana di Perguruan Tinggi Negeri yang sudah menjadi mitra Yayasan tersebut. Beberapa PTN tersebut adalah UNDIP, UNHAS, USU, UGM, IPB, ITB, dan UI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *