Di Tulis Oleh Harno, S.I.Kom. Selasa, 25 Oktober, 2011

Syarat Tumbuh Budidaya Pohon Jati di Indonesia menurut dinas pertanian adalah ditempat yang beriklim tropis, kalau di Indonesia seperti seluruh pulau jawa, sebagian pulau sumatra, sulawesi selatan, sulawesi tenggara, NTB dan maluku dengan Syarat Tumbuh Budidaya Pohon Jati sebagai berikut:

1. Curah hujan 1500-2500mm/tahun.
2. Bulan kering 2-4 bulan.
3. Tinggi lokasi penanaman 10-1000 m dari permukaan laut.
4. Intensitas cahaya 75-100%.
5. Ph tanah 4-8.
6. Jenis tanah lempung berpasir, hindari tanah becek/rawa dan cadas.

A d v e r t i s e m e n t s


Syarat Tumbuh Budidaya Pohon Jati untuk wilayah Lampung masih dalam area yang disebutkan diatas. Selain yang disebutkan diatas Syarat Tumbuh Budidaya Pohon Jati yang saya lihat bagus adalah ditanah pegunungan batu kapur dimana banyak tumbuh  tanaman Pohon Jati. Indikasi yang jelas dapat kita temukan apakah cocok suatu tanaman pepohonan didaerah itu itu adalah dengan melihat sekelliling daerah tersebut biasanya banyak terdapat pepohonan yang kita maksud tumbuh secara liar.

Ditanah pegunungan yang terkenal subur Syarat Tumbuh Budidaya Pohon Jati jelas terpenuhi, pohon jati bisa tumbuh lebih cepat itu sudah terbukti dengan melihat umur pohon jati ditanah yang datar atau ladang biasa diameter batangnya berbeda dengan yang tumbuh dilereng gunung. Pohon jati yang saya tanam berasal dari bibit alami, dan pola tanam yang sangat tradisional hanya jarak saja yang teratur membuat terlihat seperti profesional. Untuk mendapatkan batang yang bagus dan lurus kita harus mengatur jarak barisan antara 6 meter – 8 meter sedangkan larikan antara 4 m – 6 m sebagai Syarat Tumbuh Budidaya Pohon Jati yang baik.



syarat_tumbuh_kayu_jati



Jarak Tanam yang Teratur mebuat Batang Kayu Jati Lurus

Syarat Tumbuh Budidaya Pohon Jati ditempat saya cukup bagus, karena sekarang ini banyak orang yang mengembangkan Budidaya Pohon Jati dengan menggunakan bibit-bibit unggul dan pengelolaan yang lebih profesional.

Teknik budidaya pohon jati dimulai dari persiapan lahan, Pembukaan lahan kebun dengan membersihkan dari semak-semak, alang-alang dll, kemudian membuat lubang tanam 40x40x40 cm dan dibiarkan selama kurang lebih 2 minggu. Lakukan pemupukan pada lubang tanam dengan memberikan pupuk kandang atau kompos sebanyak 5kg per lubang. Pemberian kapur atau dolomit apabila tanah masam sebanyak 50-100g/lubang tanam sebagai Syarat Tumbuh Budidaya Pohon Jati.

Penanaman: Masukan tanah campuran/kompos ke lubang setinggi 1/3 kedalam lubang sambil disiram, masukan bibit jati KBK yang telah disobek polibag nya ke dalam lubang lalu timbun lubang hingga penuh, siram tanaman sambil memadatkan lubang tanam.

Pemeliharaan: Pembersihan rumput/gulma disekitar tanaman penting untuk dilakukan, jaga jangan sampai ada genangan air disekitar pohon, purning atau pemangkasan cabang-cabang harus rutin dilakukan sampai minimal ketinggian 6m,potong cabang 1-2cm dari pangkal. semprot insektisida bila perlu untuk membunuh hama dan penyakit.

Pemupukan: Taburkan pupuk urea atau npk sekitar tanamam sesuai petunjuk. perhatikan cara pemupukan dan periode pemupukan karena tahun pertama pohon jati tumbuh adalah masa kritis yang menentukan untuk tumbuh selanjutnya.

Nah, itulah Syarat Tumbuh Budidaya Pohon Jati yang harus kita perhatikan sebelum memutuskan untuk membudidayakan Pohon Jati.

A d v e r t i s e m e n t s



Search Engine Keyword:

BUDIDAYA POHON JATI, budidaya jati, cara menanam pohon jati, budidaya tanaman jati, budidaya kayu jati

4 Tanggapan Pada Artikel Ini.

  1. Yohanes Ismail mengatakan:

    Lokasi yg Saya perna liat pohon jati diNTT (Nusa Tenggara Timur) tepatnya dipulau Lewoleba Lembata, luas lahan 200ha, yg sdh ditanam 50ha, hasilnya bagus sekali
    silakan liat dan buktikan sendiri
    Trimakasih

  2. Suherman mengatakan:

    Sekedar menambahkan bahan buat Penulis
    Home » Investasi Perkebunan » Kebun Kayu Jati
    Syarat Tumbuh Budidaya Pohon Jati
    Adalah mengenai Daerah Tropis, yang seolah terwakili dengan Pulau Jawa dan Sumatra. Sebenarnya, Kalimantan Barat, tepatnya di Kota Pontianak yang nyata-nyata dilalui Garis Khatulistiwa (Equator),adalah Pusat Iklim Tropis dimuka bumi ini (sayang tidak disebutkan dalam makalah diatas). Bagian bumi yang lain yg menyamai Kalbar adalah Brazil dan Negara sekitarnya (Amerika Latin) serta sebagian kecil Afrika. Ciri utama Alam Tropis adalah CURAH HUJAN TINGGI, SINAR MATAHARI HAMPIR SEPANJANG TAHUN. Dari daerah atau bagian bumi yg disebut diatas, biasanya memiliki Sungai yg lebar dan panjang. Benar Sumatra memiliki Sungai Musi dan di Kalimantan terdapat dua sungai lebar dan panjang Sungai Kapuas (Kalbar), Sungai Mahakam (Kalsel) dengan ratusan anak sungai yang tidak kalah lebar dan panjangnya.Sungai bentukan alam untuk mengalirkan air huja kelaut.Di Amerika Latin ada Sungai Amazon. Pada kawasan-kawasan itulah diklaim dunia sebagai Paru-paru dunia, lantaran disana surga bagi Pohon Tropis.

    Jika Pohon Jati ditanam di Iklim Tropis seperti di Kalbar, maka pohon akan TUMBUH 3-4 bulan Per Tahun LEBIH CEPAT dibanding di Jawa Tengah – Timur. Pohon mengalami masa pertumbuhan sepanjang tahun, lantaran tidak pernah Membuang Daun terkecuali daun tua.

    Sebagai Petani Pembibit Jati (dari buah)telah menanam untuk contoh dalam jumlah terbatas,ternyata Kalbar adalah Areal Tanam yang ideal bagi Pohon Jati.

    Saya memang bukan ahlinya, Saya mengundang untuk mengunjungi atau masuk dalam pertemanan di Facebook JATI RAKYAT, dan mengharapkan kontribusi informasi timbal balik, dalam rangka Sosialisasi Budidaya Kebun Jati. Saya memili facebook, menurut saya itulah media yang paling dekat dengan masyarakat pada tahap sekarang.

Terimakasih Atas Kunjungan Anda, Jika ada pertanyaan dengan senang hati saya akan Menjawabnya.


Pengalaman Hidup lainnya

Jasa Sewa atau Rental...

Posted on Sep - 2 - 2013

0 Comment

Persiapan Lahan Jagung Samping...

Posted on Mei - 16 - 2014

0 Comment

Seribu Satu Cara Untuk...

Posted on Agu - 2 - 2011

5 Comments

A d v e r t i s e m e n t s

Silahkan masukan email anda dan aktifkan, untuk mendapatkan info terbaru via email:

Konsep Kandang Kambing...

Posted on Okt - 31 - 2014

0 Comment

Harga Kabel Rol atau...

Posted on Okt - 29 - 2014

0 Comment

Harga Tinta Printer Warna...

Posted on Okt - 29 - 2014

0 Comment

Cara Membuat Kue Bolu...

Posted on Okt - 27 - 2014

0 Comment

Cara Mengolah Tanah untuk...

Posted on Agu - 25 - 2013

0 Comment

Harga Sewa Tanah untuk...

Posted on Agu - 28 - 2012

7 Comments

Papan Cor Kayu Kelapa

Posted on Des - 14 - 2011

0 Comment

Pengalaman Pasang Fairing ...

Posted on Feb - 25 - 2014

0 Comment