Berlangganan Video
Di Tulis Oleh Harno, S.I.Kom. Senin, 19 Maret, 2012

Proses Pemasangan Besi Tulangan Sloof dan Kolom untuk bagunan rumah desain minimalis modern rumah impian lantai 2 saya dengan menganut konsep rumah tumbuh telah selesai dilakukan, dalam artikel ini saya ingin berbagi informasi dan pengalaman selama Proses Pemasangan Besi Tulangan Sloof dan Kolom ini berlangsung.

Proses Pemasangan Besi Tulangan Sloof dan Kolom dilakukan jika kebutuhan besi tulangan sloof dan tiang kolom sudah dirasa cukup. Proses Pemasangan Besi Tulangan Sloof dan Kolom dilakukan  oleh tukang yang berpengalaman dan mengerti tetang konstruksi bangunan rumah dua lantai. Besi tulang sloof yang saya rangkai sendiri menurut saya cukup dengan rencana kebutuhan total sekitar 43 m ternyata tidak benar alias kurang. Hal ini terjadi karena saya menghitung kebutuhan besi tulangan untuk ukuran bersih, sedangkan jika kita menganut konsep rumah tumbuh kita harus melebihkan sekitar 1 m tiap besi tulangan pada batas sambungan yang berguna untuk stek kelanjutan pembangunan berikutnya.

Inilah salah satu kekurangan menganut konsep rumah tumbuh, ada sedikit pemborosan pada bahan material besi untuk tulangan. Kejadian ini bukan hanya terjadi pada rangkaian besi tulangan sloof tetapi juga pada rangkaian besi tulangan kolom atau tiang bangunan. Tiang rumah lantai 1 rencananya tingginya 4 m dan saya hanya merangkai besi tulangan untuk tiang juga hanya 4 m seharusnya minimal 5 m atau bagusnya 5,5 m, karena 1 m untuk stek bagian atas dan 0,5 m untuk  bagian bawah, info ini saya dapatkan dari tukang yang bekerja.



Proses Pemasangan Besi Tulangan Sloof dan Kolom



Proses Pemasangan Besi Tulangan Sloof dan Kolom

Proses Pemasangan Besi Tulangan Sloof dan Kolom dikerjakan oleh dua orang tukang dengan satu pekerja (kenek), tugas tukang saya perhatikan adalah membuat mal atau mensetting ukuran dan kesikuan dari besi tulangan yang dipasang.



Proses Pemasangan Besi Tulangan Sloof dan Kolom



Proses Pemasangan Besi Tulangan Sloof dan Kolom

Bahan – bahan material apa saja yang harus kita siapkan, jika besi tulangan sudah dirangkai maka kita hanya menyediakan kawat beton saja, tetapi jika kita belum merakitnya maka kita siapkan besi-besi ukuran atau diameter 10 mm, 8 mm sebagai besi tulangan pokok sedangkan besi cincin atau sengkang kita gunakan besi diameter 6 mm sesuai dengan gambar rencana kita.

Dokumentasi Video Proses Pemasangan Besi Tulangan Sloof dan Kolom :

Proses Pemasangan Besi Tulangan Sloof dan Kolom selesai dikerjakan dalam waktu 2 hari.

A d v e r t i s e m e n t s



Search Engine Keyword:

pemasangan sloof, konstruksi rumah, besi kolom, konstruksi bangunan 2 lantai, pondasi sloof beton

50 Tanggapan Pada Artikel Ini.

  1. nurdiana mengatakan:

    Kalau untuk ruko 4 lantai tinggi 11,5m luas 6×14 m2 berapa cakar ayam yang dibuat?
    Tolong jawaban secepatnya pak

    • NewsMaker mengatakan:

      Mbak Nurdiana, mungkin 8 Titik Pondasi Tapak / Cakar ayam cukup, tinggal diameter besi yang digunakan minimal 12 mm, semoga membantu. trims.

      • jm mengatakan:

        kalau untuk ruko 2 lantai ukuran 4 x 10 M dengan ketinggian 6 M kira2 berapa tuh mas cakar ayamnya dan penempatan cakara ayam tersebut dimana saja. mohon kiranya dapat digambarkan dalam bentuk denah, terima kasih

  2. dani mengatakan:

    klo utk rmh tinggal 2 lantai ukuran 8X15 m2 brapa cakar ayam yg hrs dibuat, sbelumx saya ucapkan trima kasih atas infox

  3. icha mengatakan:

    Mau nanya nih mas. kalau ukuran bangunannya 7 x 12, 2 lantai cakar ayam, tiang, n sloofnya perlu besi beton ukuran berapa aja. oh ya tanahx tanah pegunungan. makasih sebelumnya…….

  4. tri wiyono mengatakan:

    slm knl saya mw tanya bgmn pengambilan kuda2 pd balok gantung

  5. Yud mengatakan:

    Untuk rumah lantai 2, tiang beton lantai pertama menggunakan besi ukuran 13 berjumlah 8 biji, klw untuk lantai kedua, tiang beton nya menggunakan ukuran besi yang sama 13, tapi berapa jumlah besinya? apa mungkin cuma 6 biji? apa harus 8 juga?
    Thanks atas jawabannya…

  6. cepi burhanudin mengatakan:

    gimanasih aturan penyambungan besi?

  7. rudy yusuf mengatakan:

    Salam hormat,
    Saya merencanakan membangun rumah ber lantai 2 diatas lahan 118m2. Pada lantai atas 3 kmr tidur,2 kmr mandi dan ruang duduk. Moh on bantuan info besar kolom ut ama yg dibutuhkan ji ka jarak bentang antar kolom 4 meter. Saya menginginkan tidak ada tonjolan kolom pada sudut ruang atau dinding. Terima kasih

    • NewsMaker mengatakan:

      Hormat Salam masbro, sedikit berbagi info semoga berkenan :

      Untuk konstruksi rumah 2 lantai sebenarnya minimal kolom yang dibutuhkan adalah penampang 20 cm x 20 cm, disarankan memang ukuran 30 cm x 30 cm, namun hal itu juga mesti kita sesuaikan dengan kemampuan finansial kita. Saya sendiri menggunakan ukuran 20 cm x 30 cm untuk semua kolom beton, dan hal ini menyebapkan tonjolan pada sudut tiap dinding.

      Jika tidak mau ada tonjolan bisa dibuat tiang kolom tipis memanjang yakni ukuran 15 cm x 30 – 40 cm, tetapi tidak disarankan untuk bangunan lebih dari 2 lt. semoga bermanfaat.

  8. yanto mengatakan:

    klo bangunan 2 lantai menggunakan kolom 6 batang besi 10mm(gemuk) sengkeng 6mm. untuk luas 7×8,5m kuat gak ya? jumlah kolom dengan pondasi cakar ayam sekitar 12 tiang. jarak antar tiang 3-3,8m.
    thanks

  9. yanto mengatakan:

    lanjutan
    tinggi lt1 dan 2 masing masing 3,8m. atap kayu.

  10. Harjono mengatakan:

    Mau tanya kalau lantai dak bentangan kolom maksimal 4,5m . menggunakan besi anyaman ukuran 10mm lapis pertama dan lapisan kedua besi anyaman 8mm dengan jarak besi 20 cm kuat gak ya?

    • NewsMaker mengatakan:

      Kalu panjang bentangan 4,5 lebarnya brp? masbro. Saya membuat dak beton lebar 3 m dengan bentangan 6 m, tentunya menggunakan balok gantung di tengah supaya beton tidak lentur..

  11. Wira mengatakan:

    Saya berencana membangun rumah yg bagian dapurnya 2 lt. apkh diatas ring balk perlu dibuat balok lg sebagai dudukan dak beton lt 2? Mohon infonya karena saya masih awam mengenai hal ini.

  12. Oky mengatakan:

    mohon pencerahannya….sy membangun garasi mobil ukuran bentang 7.5 meter x panjang 10 meter, rencana saya dak untuk lantai atas sebagai rumah tinggal, total luas dak 7.5 x 12 m (dilebihkan 2 m untuk balkon lantai atas), untuk pondasi tiang cakar ayam berjumlah 9, 4 disamping kanan kiri, dan 1 di belakang tengah…..untuk bentang dak sy pakai balok gantung di tengahnya, jadi garasinya los tanpa tiang tengah…..ukuran sloof ring balok semua 30×30 dengan besi 12mm dan cincin 8mm yang jadi pertanyaan saya, apakah bangunan sy sudah memenuhi standar dan berapa kekuatan beban pikul untuk dak, mengingat lantai dua nanti akan sy bangun rumah tinggal.. dengan batu bata merah dan atap beton..apakah bangunan sy sudah memenuhi syarat menopang beban yang berat karena mengingat lnatai dak menggunakan balok gantung bentang 7.5 m dan panjang 12 m…mohon pencerahnnya…trimaksih

  13. yanto mengatakan:

    bro klo untuk rumah tinggal 2 lantai, untuk plat lantai apakah besi 8 mm(full) 2 lapis itu udah cukup kuat ya bro? asumsi untuk luas 3 X 3 M.
    thanks bro.

  14. yanto mengatakan:

    ups lupa . jarak besi untuk lantai per lapis 20 X 20 cm. jadi jika 2 lapis susun silang jadi keliatan 10X10 Cm

  15. winarko mengatakan:

    saya ingin lanjut rumah tingkat, tapi ternyata sisa besi yg muncul kira kira 20 cmm. Mohon solusi..
    1. Bagaimana sambungan yang benar dalam hal ini…?
    2. Apakah di izinkan jika saya sambung dengan pengelasan..?
    Terimakasih.

  16. Dody mengatakan:

    Mohon bantuan pencerahan,saya punya ruangan dengan ukuran 3,5 x 4,5 m (bangunan lantai 2). Kolom sebanyak 4 buah ukuran 15x35cm dengan besi kolom menggunakan ulir 13mm sebanyak 8 batang dan ring balok keliling diatas tembok dengan besi 10mm, namun saya tidak memakai balok gantung ditengah.apakah struktur bangunan saya cukup kuat dan dak saya akan kuat/tidak lentur.Terimakasih.

  17. eny mengatakan:

    Bagaimana cara memperbaiki retak tembok kurang lebih 4 cm akibat penambahan bangunan dengan bangunan lama. kondisi batu kali di atas tanah ( tanpa menggali Tanah lagi ) dengan ketinggian tembmok 4 m panjang 8 m. pada sambungan tembok baru dan tembok lama terjadi retak 4 cm dan turun ke kanan .

    Apakah saya harus membongkar tembok yang baru atau bagaimana yah ?

    Apakah jangka panjangnya bangunan yang lama akan berpengaruh akibat bangunan tambahan tersebut ?

    Apakah penyebab dari penurunan bangunan ?

    MOhon saran yang terbaik untuk saya terimakasih.

  18. Feminin mengatakan:

    mohon sharingnya .sy mau nambah lantai 2 rumah yang ada. ukuran PxL 7×6 dng rangka atap baja, dinding batako,saat ini dinding Lt 1 share dgn tetangga
    1. Berapa titik utk cakar ayam? 80x80ckp?
    2. besi kolom harus diamtr 12 atw 10? brapa batang /kolom
    3. Untuk dak pakai besi diameter 10 atau 8?
    4. untuk balok ukurannya brapa dan pakai besi diameter barapa ya?
    Trima kasih sebelumnya Mas

    • NewsMaker mengatakan:

      Ok Masbro :

      1. Titik Cakar ayam sebaiknya lihat denah bangunanya, namun perkiraan saya minimal 9 buah, ukuran 80×80 cukup.
      2. Besi Kolom minimal pake diameter 10, untuk kolom gunakan 6 batang.
      3. Untuk dak minimal besi 8 amparan dan baloknya gunakan minimal besi 10.
      4. Ukuran Balok minimal 15×30 biar tidak ada tonjolan beton minimal besi 10..

      semoga bisa menjadi referensi.

  19. joley mengatakan:

    Mas punten mohon dicerahkan,
    Utk bangunan 2 lantai dgn lebar 7 panjang 11m, pondasi footplate 80×80/60×60 (besi 12 dn 8), beton sloof 20/30 (besi 13 ulir/8) dengan ukuran beton kolom utama besi 10 ring 8 dan beton kolom praktis besi 8 ring 6 itu sudah aman ga yah? Saya bru liat hslnya td koq agak serem yah liat besi2nya kayaknya kecil bgt :(.. utk dinding saya menggunakan hebel dan utk lantai atas perpaduan dak kraton dan dak biasa. Mohon pencerahan ya mas mengingat akan dihuni sbg rumah pribadi dan ada anak2..
    Terimakasih byk ya mas, smg smakin sukses dalam brkarya dan ditambah rezekinya selalu amiiin..

  20. rainbow70 mengatakan:

    Mas bantu aku yah,
    kalo bikin lantai 2 uk 7X6,=42m2 kalo pakai holcim atw adymix gitu kira brapa biaya? trus harus ada pompa katanya ..sewa pompa kemana ya? apa mreka nyediain? Murah mana ya pakai Kraton atau Holcim ?

    • NewsMaker mengatakan:

      Biasanya begini mas kalo kita mau ngecor dak menggunakan pihak kedua seperti adymix atau kalo ditempat saya namanya Jayamix dan kebetulan tetangga saya baru saja mengecor rumahnya yg dua lantai 3 truk besar dengan satu mobil pompa menghabiskan dana 20 juta.

      Pihak perusahann penyedia adukan siap cor biasanya akan mensurvei dan menghitung perkiraan kebutuhan sesuai ukuran bangunan anda, untuk harga saya belum ada info. Trims

  21. priyo dwi mengatakan:

    maaf mas bro…dan agan2 yang baik hati…ane mau nanya nih..ane rencana mau ngedak untuk lantai 2 ukuran 90 meter..rencana sih mau dak konvensional berapa ya kira2 per meter perseginya…trima kasih sebelumnya…

  22. ramos mengatakan:

    kami juga tak tau banyak tetang bangunan namun jika terjadi kasus demikian tak ada salahnya besi di potong di begkokan pakai bengkokan lalu besi di masukkan kedalam kolom lalu slop setelah itu buat stenly dan papan maal kolom dan sloop jika lantai dua maal u jika ada besi tersisah segera bawa ke loak dan untuk timbang jangan lupa pipa bedda pipa ledeng dan pipa dunia
    kami menerimah buruh yg bisa nyayi some like u

  23. radjiman simarmata mengatakan:

    saya mau bangun ruko 2 lantai sebanayk 10 unit.jarak kolom 4 m, lebar per unit 4 m , panjang 16 m. Mohon bantuan ukuran besi kolom, sloop, lantai 2 dan lantai dak atas. t kasih

  24. taufik mengatakan:

    Saya mau tambah bangunan di belakang rumah awal ukurannya 6 x 4 meter, rencana nya bangunan tersebut akan menjadi 2 lantai, mohon bantuan mas bro,kira2 berapa buah cakar ayam yang harus dibuat. Terima kasih atas jawabannya.

  25. Arto mengatakan:

    Dengan hormat,

    Pertama saya ucapkan terimakasih atas kesempatan ini untuk mengajukan pertanyaan kepada saudara. Saya awam mengenai bangunan bertingkat, dalam waktu dekat saya akan merenovasi total rumah(bangun baru)dua lantai , dgn ukuran tanah 7m (L) x 15m(P) yang menjadi pertanyaan saya adalah :

    1. Berapakah ukuran besi yang digunakan untuk Kolom dan sloop, dan ukuran rangkaiannya untuk keduanya?
    2. dengan luas tanah tersebut berapa kolom diperlukan?
    3. berapa tinggi minimal ruang lantai 1?

    Demikian saya sampaikan terima kasih atas perhaiannya, jawaban dan bantuan saudara saya ucapkan terimakasih.

    Salam dari saya
    Arto.

    • NewsMaker mengatakan:

      Salam kenal mas Arto,

      Ok, terimakasih atas kunjungannya dan kesediaanya berdiskusi, saya tidak terlalu ahli dan hanya sedikit mengerti dari pengalaman saya. Seandainya ada jawaban saya yang kurang pas mohon di maklumi..
      1. Ukuran besi untuk konstruksi rumah hunian 2 lantai yang saya gunakan untuk rumah saya, Kolom ukuran 20 cm x 30 cm menggunakan besi diameter 10 mm sebayak 6 batang dengan besi sengkang diameter 6 mm, Sloof ukuran 15×20 cm menggunakan besi diameter 10 mm sebanyak 4 batang ditambah diameter 8 mm 2 batang jadi total 6 batang dengan besi sengkang/cincin diameter 6 mm, pemasangan jarak sengkang/cincin 15 cm.
      2.Untuk menentukan jumlah kolom tiang suatu bangunan harus melihat denah nya terlebih dahulu, namun berdasarkan pengalaman saya maksimal jarak penempatan kolom 6 meter dengan kolom praktis ditengahnya dan minimal 3 meter.
      3. Minimal tinggi bangunan untuk lantai 1 adalah 3,5 meter dan sebaiknya 4 meter karena akan terpotong untuk pemasangan plafon supaya ruangan nyaman.

      Itulah sedikit sharing dari pengalaman saya pak Arto, terimakasih.

  26. Frans mengatakan:

    Salam hormat,
    Saya ingin bangun garasi mobil tapi lantai 2 dengan lantai atas digunakan sebagai kamar tidur. luas (9 x 5 m). Mohon informasi ukuran besi, jumlah tiang besi, jumlah tiang cor, dan apa menggunakan balok tengah. Terima kasih

    • NewsMaker mengatakan:

      Salam Kenal, Masbro Frans share pengalaman saja…untuk ukuran 9 x 5 minimal 6 tiang cor dengan diameter besi minimal 10 mm, dan penopang dak minimal ada 1 balok gantung. Trims.

  27. irwin mengatakan:

    Kalo bangunan kos 2lantai,sloof bawahnya mmg hrs berbntuk kotak ya,apakah berbentuk segitiga cukup kuat menahan beban???trmksh utk infox mas…

  28. marlo mengatakan:

    salam kenal
    saya berencana membangun rumah ukuran 11 X 9 meter di struktur tanah yang keras. saya berencana membangun rumah tumbuh. saya berniat memakai besi diameter 12 6 buah dengan sengkang diameter 8 untuk sloof dan kolom utama kemudian besi diameter 10 sengkang besi 8 untuk kolom praktis.pertanyaan saya
    1. apakah cukup kuat untuk bangunan 2 lantai?
    2. apakah ukuran sloof 20 X 30 cm cukup?
    3. apakah ukuran kolom utama 20 X 20 cm serta kolom praktis 20 X 15 cm cukup kuat?
    4. nantinya rumah saya ada ruangan ukuran 6m X 6,5 m apakah harus memakai balok gantung? Apabila harus, maka berapakah ukurannya? oya untuk ukuran ring balok saya mau memakai besi diameter 10 dengan sengkang besi diameter 8 ukurannya 20 X 15 cm.

    terimakasih sebelumnya.

  29. helmi mengatakan:

    met siang,saya mencari pembuat cakar ayam, dan biasanya berapa biaya 1 cakar ayam?trimakash

  30. Heru Wahyono mengatakan:

    Selamat Malam dan Salam Kenal
    Saya berencana melanjutkan pembangunan lantai 2, 7m X 6m dan dak sudah ada, berapa kira-kira untuk RAB nya? Terima Kasih

Terimakasih Atas Kunjungan Anda, Jika ada pertanyaan dengan senang hati saya akan Menjawabnya.


Fokus Kegiatan Satriamadangkara

Dalam metode pembuatan pakan hay ialah dengan cara memotong rumput yang masih muda dan belum berbunga, potonglah rumput dilapangan atau tempat lain yang jauh dari   Read More ...

Cara pengembangbiakan kelinci. Untuk Syarat tergantung dari tujuan utama pemeliharaan kelinci adalah menentukan apa yang akan menjadi hasil nya, misal untuk tujuan jenis bulu maka   Read More ...

Pemilihan lokasi kandang Kelinci. Mengawali usaha dalam mengembangkan usaha beternak kelinci harus memperhatikan lingkungan yang akan dibuat sebagai rumah atau kandangnya.Usaha sampingan beternak kelinci tidak   Read More ...

Kelinci pedaging sebagai Usaha sampingan. Hal apa sih yang menguntungkan dari beternak kelinci pedaging, dan yang seperti apa kelinci pedaging itu, padahal kan semua kelinci   Read More ...

Peluang Bisnis menjelang Penerimaan Mahasiswa Baru, apakah anda tertarik untuk mencobanya? pada kesempatan ini kami akan berbagi informasi seputar Peluang Bisnis menjelang Penerimaan Mahasiswa Baru   Read More ...

Beternak Belut atau Budidaya Belut merupakan salah satu alternatif untuk memenuhi permintaan pasar yang tinggi atas daging belut yang enak dan bergizi karena terbatasnya belut   Read More ...

Pada kesempatan ini saya akan membahas Kandang Ayam Indukan untuk Proses Pengeraman berdasarkan pengamatan prilaku dari dua indukan ayam yang saya pelihara. Jika kita memelihara ayam   Read More ...

Jika kita memutuskan untuk beternak atau memelihara unggas apa pun jenisnya, kita wajib menyiapkan tempat tinggal atau kandang senyaman mungkin bagi ternak peliharaan kita dan   Read More ...

Buah Labu Kuning mungking anda pernah mendengarnya, atau bagi pembaca yang belum ada gambaran tentang Labu Kuning pasti anda pernah mendengar istilah barat dengan “Halloween   Read More ...

Apa sebenarnya perbedaan antara Budidaya dan Pelihara kenapa saya mengambil judul artikel “Pengalaman Budidaya dan Pelihara Ayam”. Menurut saya budidaya ayam adalah suatu proses kegiatan   Read More ...

Cara Mengolah Tanah untuk Tanaman Jagung Manis sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda dengan Cara Mengolah Tanah untuk Tanaman Jagung Biasa.  Setiap produk benih jagung masis yang   Read More ...

Harga Bibit Jagung Manis Bonanza F1 dan Hibrida Jambore lumayan mahal dibandingkan dengan bibit jagung biasa atau non-manis. Seperti kita ketahui bahwa jagung manis selalu   Read More ...

Bisnis Budidaya Jagung Manis menjadi incaran saya menjelang pergantian tahun 2013 ke tahun 2014. Sekarang adalah tanggal 12 Oktober hampir mendekati pertengahan bulan, ini adalah   Read More ...

Bisnis Ayam Kampung Pedaging seperti apa bentuknya masih menjadi bayangan samar-samar memenuhi pikiran dan hayalan setiap saya merenung. Tidak tahu kenapa saya sangat tertarik ingin   Read More ...

Pengalaman Hidup lainnya

Daftar Harga Hp Android...

Posted on Sep - 3 - 2011

3 Comments

Cara Mengatasi Keraguan Memulai...

Posted on Mar - 21 - 2014

0 Comment

Motor Yamaha Byson Standart...

Posted on Jul - 5 - 2012

17 Comments

Papan Cor Kayu Kelapa

Posted on Des - 14 - 2011

0 Comment

A d v e r t i s e m e n t s

Silahkan masukan email anda dan aktifkan, untuk mendapatkan info terbaru via email: