Proses Pekerjaan Pemasangan Besi Kolom Tiang Beton

2
16097

Proses Pekerjaan Pemasangan Besi Kolom Tiang Beton dilakukan bersamaan dengan saat Proses Pekerjaan Pemasangan Besi Sloof supaya ketika sloof sudah di cor dengan adukan beton sambungan stek dari konstruksi kerangka pondasi tapak atau cakar ayam bisa menyatu dengan sambungan besi tulangan kolom tiang beton.

Pada saat Proses Pekerjaan Pemasangan Besi Sloof kita tidak menyediakan stek besi pengait apapun, namun untuk Proses Pekerjaan Pemasangan Besi Kolom Tiang Beton anda harus menyiapkan besi stek ke sisi kiri dan kanan guna pengait dinding bata ketika dipasang.

Besi stek yang saya maksud adalah besi ukuran 6 mm yang kita gunakan sebagai besi cincin/sengkang dimasukan kedalam kerangka besi tulangan kolom tiang beton dengan sisa kekanan dan kiri minimal 40 cm dengan kedua ujungnya sepanjang 2 cm dibengkokan.

Hal yang seharusnya kita hindari tetapi masih sering kita lakukan adalah meletakan pipa PVC didalam konstruksi besi kolom tiang beton dimana fungsinya untuk aliran pembuangan air kamar mandi atau air hujan.

Mengapa pemasangan pipa PVC dilarang diletakan didalam konstruksi kolom tiang beton, hal itu akan mengurangi kekuatan kolom tiang beton itu sendiri.

Setelah Proses Pekerjaan Pemasangan Besi Kolom Tiang Beton selesai maka jagan biarkan kerangka besi tulangan dalam jangka waktu yang lama, karena material besi bangunan cepat berkarat jika terkena air hujan dan panas.

Dibawah ini adalah dokumentasi seputar Proses Pekerjaan Pemasangan Besi Kolom Tiang Beton sebagai penopang konstruksi rumah minimalis moden lantai 2.

Proses Pekerjaan Pemasangan Besi Kolom Tiang Beton
Proses Pekerjaan Pemasangan Besi Kolom Tiang Beton dan sloof dilakukan bersamaan.
Proses Pekerjaan Pemasangan Besi Kolom Tiang Beton
Proses Pekerjaan Pemasangan Besi Kolom Tiang Beton ketika sloof sudah di cor.
Proses Pekerjaan Pemasangan Besi Kolom Tiang Beton
Proses Pekerjaan Pemasangan Besi Kolom Tiang Beton, Besi stek pengait pasangan dinsing bata yang dipasang sebelum kolom tiang beton di cor.

Demikian sekilas berbagi pengalaman tentang Proses Pekerjaan Pemasangan Besi Kolom Tiang Beton, semoga bermanfaat.

Komentar Anda :

2 COMMENTS

  1. Kalau ayah saya dulu, waktu ngecor dilakukan setelah bata berdiri. Jadi setiap 1 meteran gitu langsung di cor. Jadi, cor2an ternanam langsung pada bata. Kelebihannya, lebih hemat kayu untuk cetakan, trus lebih kuat cengkramannya, karena bentuk cor ga datar seperti gambar nomor 3, tapi udah mbentuk seperti tepinya tumpukan bata. cmiiw

    • Iya cara saya lakukan sama juga untuk bangunan dua tingkat. Di lantai pertama tadi saya tiap 2 meter lakukan pengecoran tiang sebesar 25x35cm . Sekarang baru selesai. Btw kuat gak cara tiang kolom di cor secara bertahap. Untuk satu tingkat timggi bangunan bata nya 4.5 meter

LEAVE A REPLY