Proses Pekerjaan Pelepasan Papan Cor Kolom Tiang dan Sloof.
Proses Pekerjaan Pelepasan Papan Cor Kolom Tiang dan Sloof.

Proses Pekerjaan Pelepasan Papan Cor Sloof dan Kolom Tiang

Posted on
A d v e r t i s e m e n t

Proses Pekerjaan Pelepasan Papan Cor Sloof  dan Kolom Tiang tentunya dilakukan bertahap, karena dalam pengerjaan pengecoran sloof duluan maka, kita bisa melepas papan cor sloof terlebih dahulu jika beton sloof sudah benar-benar keras.

Sloof adalah konstruksi yang riskan dengan benturan karena posisinya dibawah, pekerja akan lalu-lalang membawa bahan material lain untuk pengerjaan kolom beton sampai proses pengecorannya. Jika beton sloof belum benar-benar keras maka jika terkena benturan bisa saja retak dan hancur.

Jika sudah dipastikan beton sloof keras Proses Pekerjaan Pelepasan Papan Cor Sloof  bisa dilakukan dengan tenang.

Proses Pekerjaan Pelepasan Papan Cor Sloof  berbeda dengan Proses Pekerjaan Pelepasan Papan Kolom Tiang, untuk Proses Pekerjaan Pelepasan Papan Cor Sloof  kita tinggal melepas pengaitnya satu persatu kemudian mencongkel papan pada sebelah kanan dan kiri dan selesai.

Namun, Proses Pekerjaan Pelepasan Papan Kolom Tiang karena sudah dibuat sedemikian rupa dan akan dipakai kembali hal yang kita lakukan adalah melepas semua kawat beton yang melilitnya kemudian pada pengikat kasau hanya satu bagian yang kita lepas.

Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya pada Proses Pekerjaan Pemasangan Mal Kolom atau papan Cor untuk Kolom Tiang, ada 2 bagian pada mal kolom tiang yaitu bagian pertama permukaannya berbentuk huruf “U” dan bagian keduan berbentuk huruf “i”. Nah, yang kita lepas paku pengait pada ikatan kayu kasau pada bagain yang mengait  pada berbentuk huruf “i”, setelah kaitan bagian “i” terlepas dari bagian bentuk “U” maka tingga tarik atau congkel saja papan cor kolom tiang akan terlepas dan bisa digunakan kembali.

Ini belum selesai, tugas selanjutnya adalah  membobok atau melubangi bagian kolom benton yang terdapat besi stek sebagai pengait pasangan dinding bata, pekerja hasrus mengingat pada bagian mana besi stek itu dipasang sehingga saat melubangi beton kita bisa langsung menemukan besi tersbut dan menariknya.

Proses Pekerjaan Pelepasan Papan Cor Kolom Tiang
Proses Pekerjaan Pelepasan Papan Cor Kolom Tiang bagian yang berbentuk huruf “U”.
Proses Pekerjaan Pelepasan Papan Cor Kolom Tiang
Proses Pekerjaan Pelepasan Papan Cor Sloof, Sloof berlubang, Stek besi kolom beton.
Proses Pekerjaan Pelepasan Papan Cor Kolom Tiang dan Sloof.
Proses Pekerjaan Pelepasan Papan Cor Kolom Tiang dan Sloof.

Itulah Proses Pekerjaan Pelepasan Papan Cor Sloof dan Kolom Tiang ini adalah terakhir dari Pekerjaan Mebuat Sloof dan Kolom Tiang Beton. Semoga bermanfaat.

A d v e r t i s e m e n t

Komentar Anda :

2 thoughts on “Proses Pekerjaan Pelepasan Papan Cor Sloof dan Kolom Tiang

  1. Mohon pencerahan bang
    Kira2 untuk membuat rumah 2lantai tapi tidak make pondasi batu kali melainkan hanya menggunakan slof gantung cakar ayam 9 titik dgn denah 9.5m x 8.5 itu kuat nggak bang.kata petukang sih kuat.
    Mohon solusinya n trimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *