Pemeliharaan Cabai Rawit dalam Polybag ala Fertigasi

19
10023

Budidaya cabai rawit dengan metode fertigasi baru saya ketahui dari internet ketika saya mencari informasi untuk referensi budidaya cabai rawit yang efektif dan efesien dan hasil yang memuaskan. Sumber informasi tersebut bisa kita dapatkan ketika kita ketikan kata kunci di mesin pencari dengan kata “cabai fertigasi” atau “cili fertigasi“.

Berdasarkan hasil penelusuran banyak sekali artikel yang menjelaskan tentang metode “fertigasi”, untuk lebih jelasnya bisa mencari videonya di youtube dengan kata kunci tersebut. Melihat beberapa video membuat saya sangat terinspirasi dengan metode tersebut dan ingin mencobanya.

Tetapi kendala yang saya hadapi tinggal di Kota Bandar Lampung adalah susah nya mendapatkan alat-alat pendukung metode tersebut, adapun beberapa komponen alat yang tersedia harganya mahal dan memang tidak untuk kelompok kecil harus beli dalam partai besar.

Namun saya tidak kehilangan semangat untuk mencoba, untuk saat ini adalah proses pembelajaran tidak harus sama yang penting mirip dari pada tidak melakukan sama sekali.

Proses fertigasi yang saya pahami dari berbagai literatur artikel maupun video dalam budidaya cabai rawit adalah :

  • Proses budidaya cabai rawit dalam polybag yang menggunakan media pipa-pipa untuk mengatur suplai makan tumbuhan (pupuk cair) secara langsung pada setiap batang cabai.
  • Menggunakan bak penampung atau tabung (drum) yang berisi pupuk atau mineral lainnya yang bisa diatur otomatis dalam proses pendistribusiannya.

Saya juga menggunakan media selang dan pipa-pia pvc ukuran 1/2″ untuk menyalurkan air dan pupuk cair secara berkala mensuplai kebutuhan tumbuhan tersebut, namun masih menggunakan cara manual dengan memasang kran-kran di setiap titik persimpangan pipa dan saya buka setiap pagi dan sore.

Berapa banyak biaya yang di keluarkan tergantung dari berapa banyak pohon cabai dalam plastik polybag yang kita pelihara, saat itu saya membeli 1 kg plastik polybag isi 49 dengan harga Rp 18,000, jadi tanaman cabai saya saat itu 49 batang.

Ini adalah dokumentasi video hasil kreasi saya :

Pemeliharaan cabai Ala Fertigasi
Pemeliharaan cabai Ala Fertigasi

Metode ini sangat membantu saya dalam proses pemeliharaan terutama dalam hal penyiraman, adakah  sobat yang ingin mencoba?

Komentar Anda :

19 COMMENTS

  1. mau nanya nih penanaman cabe dgn menggunakan polybag apakah tidak lebih boros dlm biaya dll karena menggunakan polybag yg cukup banyak>

    • Sebenarnya tidak karena itu memudahkan perawatan dan ini memang untuk skala kecil, dibandingkan kalau kita membeli plastik mulsa yang tidak boleh beli meteran, kalau beli plastik mulsa harus satu gulung kira2 panjangnya 400 m harganya sampe 500 ribu. Trims.

  2. mas tanya..tanah yang paling baik di gunakan itu tanah jenis apa?apakah tanah liat atau tanah merah atau abang?terima kasih

  3. Jadi pengen coba tanam cabe rawit di halaman rumah. Kebetulan kita sama2 dari Bandar Lampung, boleh gak ya..lihat langsung ke kebon anda.
    Kalo boleh dimana tuh alamatnya.
    Terima kasih.

  4. Malam bang… gimana cara mengatasi semut pada tanaman cabe… Mohon petunjuknya bang. aku lg coba2 mengisi waktu…. lama2 jd suka jg… kalau cabe ditanam dalam plastik bekas minyak goreng bisa bang… ada pengaruhnya dalam pertumbuhan pohon cabe tersebut atau tidak…

    • Untuk mengatasi semut bisanya saya pake peptisida anti serangga caranya disemprotkan ….. bisa juga taburkan kapur ajaib disekitar batangnya….pernah saya semprot pake baygon wal hasil daunya jadi kriting…

      untuk media plastik pake apa aja gpp cuman biasanya daya tahan nya beda-beda…selamat berexperimen.

  5. bro, dari pipa pvc ke selang kecil itu gimana cara menyambungnya? apa pakai alat khusus? mohon info di mana saya bisa beli alat-alat tersebut.

    trims

    • Masbro, belinya di toko bangunan. Pipa pvc saya bolongin pake besi panas atau solder kemudian selang kecil yg sudah saya potong saya masukan dan di lem dengan lem pipa. cara manual dan sederhana selamat mencoba.

  6. Numpang nanya mas. Untuk nutrisi pakai nutrisi apa ya? Dan berapa banyak nutrisi air yang dimasukkan ke polybag dan berapa kali pemberian nutrisi air dalam 24 jam? Terima kasih…. Salam sukses.

LEAVE A REPLY