Menyemai Bibit Cabai Rawit dalam Plastik Polybag

20
17806

Menyemai Bibit Cabai Rawit dalam Plastik Polybag dimaksudkan agar saat bibit cabai rawit ditanam dalam media plastik Polybag atau pot dapat tumbuh secara langsung tanpa mengalami masa penyesuaian. Saya sudah membuktikan langkah ini, dimana Menyemai Bibit Cabai Rawit dalam Plastik Polybag mengurangi resiko bibit cabai rawit mati setelah ditanam. Hasil proses Menyemai Bibit Cabai Rawit dalam Plastik Polybag menghasilkan kualitas pertumbuhan yang maksimal tanpa ada masa delay atau penyesuaian terhadap situasi iklim di sekitarnya, karena pada saat proses Menyemai Bibit Cabai Rawit dalam Plastik Polybag kita langsung dapat meletakan bibit dengan situasi dan iklim yang sama dengan lokasi bibit cabai akan di budidayakan.

Langkah-langkah yang saya lakukan dalam proses Menyemai Bibit Cabai Rawit dalam Plastik Polybag saya dapatkan dari beberapa sumber dari buku maupun internet. Tetapi dalam artikel ini saya akan berbagi informasi tentang langkah Menyemai Bibit Cabai Rawit dalam Plastik Polybag yang saya lakukan saja. Untuk mengikuti langkah-langkah proses Menyemai Bibit Cabai Rawit dalam Plastik Polybag yang saya dapatkan dari buku dan internet, terkadang saya kesulitan menemukan media yang dimaksud dan andaipun ada terkadang tidak mampu membelinya karena penjualan alat tersebut tidak boleh diecer alias harga grosir.

Langkah saya dalam proses Menyemai Bibit Cabai Rawit dalam Plastik Polybag akan saya urutkan pada daftar dibawah ini :

  • Membeli Benih Cabai Rawit yang anda inginkan, kalau saya percayakan pada toko pertanian,
  • Membeli Polybag ukuran kecil kira-kira diameter 5 cm.
  • Menyiapkan pupuk kandang kemudian saya saring atau ayak sehingga butiran pupuk yang lembut saja yang saya gunakan, saya tidak menggunakan pupuk anorganik seperti urea dan lainnya.
  • Menyiapkan tanah yang baik kemudian juga disaring atau diayak.
  • Tanah dan pupuk kandang kemudian saya aduk rata kemudian saya masukan ke dalam polybag yang sudah kita beli.
  • Plastik Polybag yang sudah terisi media kemudian saya tata ditempat yang kira-kira situasinya sama dengan lokasi tanam nya nanti.
  • Plastik Polybag yang sudah tertata rapi kemudian saya siram dengan air hingga rata, jika ada isi media nya yang susut saya tambahkan lagi dan saya diamkan selama sehari semalam.
  • Setelah itu benih biji cabai rawit yang kita beli saya masukan satu persatu kedalam plastik Poblybag, untuk menghindari biji tidak tumbuh setiap polybag saya isi dua biji benih cabai rawit dengan posisi atau jaraknya kira-kira 2 cm.
  • Proses selanjutnya adalah membuat penyemaian cadangan jika nanti dalam plastik polybag ada yang tidak tumbuh atau mati kita bisa langsung menggantinya, media yang digunakan bisa memakai kaleng biskuit yang besar diisi media tanam kemudian sebarlah benih cabai rawit diatasnya secukupnya.
  • Semua langkah diatas saya lakukan secara berurutan dan kita tinggal menunggu sambil merawat benih hingga siap tanam kira-kira 4-6 minggu kemudian.

Itulah cara Menyemai Bibit Cabai Rawit dalam Plastik Polybag yang saya lakukan. Untuk dokumentasi nya bisa anda lihat di bawah ini :

Menyemai-Bibit-Cabai-Rawit-media
Media Penyemaian Tanah yang subur dan Pupuk Kandang
Menyemai-Bibit-Cabai-Rawit-media-di-campur
Proses pengadukan Media tanah dengan Pupuk Kandang
Menyemai-Bibit-Cabai-Rawit-polybag
Plastik Polybag yang sudah terisi media ditata rapi
Menyemai-Bibit-Cabai-Rawit-siap-tanam
Bibit Cabai siap ditanam dalam media Polybag yang lebih besar

Menyemai Bibit Cabai Rawit dalam Plastik Polybag tidaklah susah, silahkan anda praktikan. Semoga bermanfaat.

Komentar Anda :

20 COMMENTS

  1. Wah bagus banget nih infonya, thanks banget mas. Oh ya, media tanam itu (pupuk dan tanah), harus yang seperti apa? Di tempat saya di Tanjungpinang, tanah merah semua. Bisa beli sih tanah hitam dan pupuk di toko. Tapi apa tidak bisa dipakai ya tanah merah nya? Kalo tanaman liar sih tumbuh subur.

    Pemberian pupuknya dilakukan setiap berapa kali? Kalau penyemaian menggunakan gelas plastik bekas air mineral bisa ngga? Biar ngirit kalo pake polybag kan mesti beli hehe…

    Keep up the good work mas. Update lagi dong dengan jenis tanamana lain.

    Salam,
    Eko

    • Tanah merah juga gpp masbro, yang penting pupuknya cukup ….untuk pemupukan selanjutnya dapan dilakukan minimal 3-4 minggu sekali disesuaikan saja…penyemaian dengan media plastik bekas gelas air mineral gpp asalkan dibolongi saja supaya air bisa keluar..

  2. “mas jika untuk media tanam dalam polibag dicampur arang sekam maupun sekam mentah apakah bisa.dalam artian tanah+sakam

    • Tanah Plus Sekam bisa saja menjadi media tanaman di pot atau polybag, yang perlu anda perhatikan adalah sekam yang digunakan seharusnya sudah lama dicampur tanah kalao sekam baru yang digunakan juga tidak apa2 namun tidak mempunyai nilai lebih terhadap tanaman tersebut karena humusnya belum bisa di cerna tanaman. Trims.

    • Mas untuk penyiramannya, setiap berapa hari mesti dilakukan??? Terus untuk bekas botol plastik media semai apakah mesti diganti tanah yang baru untuk penyemaian bibit berijutnya.

        • Mas jika penyemaianya dilakukan menggunakan gelas aie mineral, apakah mesti ditutupi???. terus apakah mesti ditutup juga dengan plastik??? Biasanya untuk hasil yang standar, untuk 1 buah pohon cabe rawit menghasilkan berapa banyak cabe. trims

LEAVE A REPLY