Add Google Plus
Di Tulis Oleh Harno, S.I.Kom. Selasa, 13 September, 2011

Membuat Tulangan Besi Pondasi Cakar Ayam sangat dibutuhkan jika kita ingin membangun rumah yang memiliki lebih dari dua lantai. Hal ini seperti yang saya lakukan, karena peruntukan rumah tidak hanya untuk ditinggali sendiri yaitu bersama saudara-saudara sekampung. Desain yang saya rencanakan pun mengacu pada tingkat kenyamanan hunian dimana dengan lokasi yang terbatas saya harus membuat desain yang memenuhi syarat untuk psikologis penghuninya. Maka tak bisa dihindari saya harus Membuat Tulangan  Besi Pondasi Cakar Ayam sesuai dengan anjuran konsultan.

Membuat Tulangan Besi Pondasi Cakar Ayam bisa kita lakukan sendiri atau kita bisa membeli dalam bentuk yang sudah jadi. Pilihan ini tentunya mengandung konsekuensi masing bersama dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing pula. Kebetulan saya memilih yang ditengah-tengah, lho kok bisa? Sebuah Tulangan Besi Pondasi Cakar Cakar ayam biasanya berbentuk tapak dan tiang setinggi 1,5 meter, nah untuk pekerjaan tapak tulangan besi pondasi cakar ayam saya serahkan kepada ahlinya langsung yaitu tukang yang sudah terbiasa Membuat Tulangan Besi Pondasi Cakar Ayam.

Menurut informasi dari gambar teknik rencana desain pondasi rumah minimalis modern, tapak Tulangan Besi Pondasi Cakar Ayam yang dibutuhkan ada tiga versi, itu dikarenakan kondisi dari lokasi tempat bangunan rumah yang akan dibangun. Tiga macam bentuk atau versi yang dibutuhkan dapat dilihat seperti gambar teknik desain pondasi dibawah ini :



bentuk_pondasi_cakar_ayam



Tiga Bentuk Pondasi Cakar Ayam Yang Saya Butuhkan



detail_pondasi_cakar_ayam



Detail Tulangan Besi Pondasi Cakar Ayam yang akan dibuat

 Hal – hal yang saya lakukan sebelum Membuat Tulangan Besi Pondasi Cakar Ayam adalah melakukan survei sederhana dengan bertanya kepada tukang yang sedang membangun rumah yang saya temui saat saya bermain kerumah kawan, hal-hal yang saya tanyakakan adalah :

  • Berapa biaya jika saya ingin membeli jadi Tulangan besi Pondasi Cakar Ayam?

Jika kita ingin membeli jadi sebuah Tulangan besi pondasi cakar ayam sangat tergantung dengan ukuran dan jenis besi yang digunakan. Jenis besi yang biasa digukanan yaitu besi biasa yang mulus dan besi ulir, setelah itu ukuran diameter besi yang akan digunakan sebagai contoh : Untuk ukuran Tulangan besi pondasi cakar ayam 80 cm x 80 cm dengan besi ulir harganya Rp 300.000 ( bulan Juli 2011).

  • Berapa Upah yang saya harus bayar untuk Membuat Tulangan Besi Pondasi Cakar Ayam?

Jika kita ingin sistem upahan dalam Membuat Tulangan Besi Pondasi Cakar Ayam, informasi yang saya dapat pak tukang meminta kisaran harga Rp 60.000 – Rp 75.000 untuk satu buah rangkaian Tulangan Besi Pondasi Cakar Ayam dan juga terkadanag harus nego untuk berbagai ukuran.

Pilihan saya untuk Membuat Tulangan Besi Pondasi Cakar Ayam adalah sebagian dikerjakan oleh tukang dan sebagian oleh saya sendiri. Pak tukang mngerjakan tapak tulangan besi pondasi cakar ayam sedangkan saya mengerjakan tiang penyambung pondasi cakar ayam. Karena saya membuat tiga jenis tapak tulangan besi pondasi  cakar ayam pak tukang meminta upah sesuai variasi ukurannya, ukuran yang paling besar adalah 1 m x 1m  sebanyak 6 buah dengan upah perbuah Rp 45 ribu, ukuran 80 cm x 80 cm upahnya Rp 40 ribu dan ukuran 70 cm x 70 cm upahnya Rp 35 ribu. Total tapak Tulangan Besi Pondasi Cakar Ayam yang saya butuhkan untuk bangunan rumah ada 16 buah. Dibawah ini adalah dokumentasi video proses dan hasil kerjaan pak tukang.


 

 Membuat Tulangan Besi Pondasi Cakar Ayam ternyata bisa kita kerjakan sendiri kalo kita mampu dan ada waktu.

 

A d v e r t i s e m e n t s



Search Engine Keyword:

pondasi cakar ayam, cakar ayam, pondasi tapak, gambar pondasi cakar ayam, harga pondasi cakar ayam

44 Tanggapan Pada Artikel Ini.

  1. Pratama Bintaro mengatakan:

    Maaf, apakah benar pondasi yang saudara maksud adalah cakar ayam? Atau hanya fondasi telapak biasa? Sepengetahuan saya itu hanya fondasi telapak, cakar ayam memiliki beberapa kaki tambahan bentuk silinder, di bawah platnya, untuk memperkuat cengkramannya pada tanah rawa. Maaf sebelumnya.

    • NewsMaker mengatakan:

      Terima kasih atas informasi pak Pratama, pondasi yang saya buat sebenarnya adalah Pondasi Telapak Biasa itu memang karena kondisi tanah dasar pondasi yang sudah cukup keras, tetapi kebiasaan orang awam menyebutnya cakar ayam yang tidak mempunyai kuku, jadi hanya menapak tanpa dapat mencengkram. Di artikel yang akan datang saya akan ulas tentang Pondasi Cakar Ayam yang sesungguhnya.

  2. 1. Kepada
    Yth. Bapak/Ibu
    Hal : Penawaran Kerjasama
    KEDUA BELAH PIHAK SALING MEMBUTUHKAN & menguntungkan
    Dengan hormat,
    Melalui surat ini, perkenankanlah kami memperkenalkan perusahaan kami kepada Bapak/Ibu. Perusahaan kami bernama JASA PROYEK KONSTRUKSI BAJA WF
    yang bergerak di bidang Jasa KONTRAKTOR ( SIPIL / KONSTRUKSI BAJA WF / H ).
    Menurut informasi yang kami peroleh, perusahaan bapak/ibu berkembang dengan pesat. Sehubungan dengan hal itu, perkenankanlah kami menawarkan Jasa KONTRAKTOR
    ( SIPIL / KONSTRUKSI BAJA WF )
    INFO..
    PONDASI
    1.Pondasi ceker ayam [pedestal]= …… x …..x …..= harga pertitik………rb …..x… = …….rp
    2. begesting.ukr 25cm x 40cm.panjang ……mt.harga permeter lari = ……… rb. x ….. .. = ………rp
    3 .pengecoran lantai.ukr tebal.15cm.x 150mt.harga permeter.199 000 rb x …… =……..rp pekerjaan
    4.pemasangan dinding. ……..harga permeter persegi…… .x ……mt = …….rp
    5.pekerjaan lantai kramixlt ………harga permeter persegi….. rb………x……mt.=…………..rp
    ============= PEKERJAAN KONSTRUKSI BAJA WF=============
    J A S A TENAGA
    daptar harga tonase diatas 10 ton…….S / D……50 ton .
    daptar harga jasa tenaga / ………………………..
    daptar harga jasa tenaga + alat /’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’
    daptar harga jasa tenaga + alat + matrial / klg 15.999 rp
    info ….www.bengkellasbintaro.com

  3. lana mengatakan:

    Maaf ,, saya mau tanya mas, rencananya saya mau ngebangun rumah seluas 100 meter , panjang 10 meter lebar 10 meter,, trs rencananya rumahnya mau di bikin 2 lantai,, kira2 klo pake fondasi cakar ayam butuh berapa banyak ??? Klo saya mau beli jadi harga satuannya berapa?? Trs saya harus beli dimana?? Kira2 kualitasnya terjamin gak yah kalo beli jadi,,,,,, terimakasih,,,, mohon di jawab pertanyaan saya,,,,

    • NewsMaker mengatakan:

      Terimakasih atas kunjungannya, saya akan jawab satu persatu pertanyaan anda berdasarkan pengalaman saya :

      - Untuk titik pondasi cakar ayam akan disesuaikan model dan desain denah rumah tetapi minimal ada 12 titik.
      - Menurut informasi tahun 2011 kemaren Harga Tulangan Besi cakar ayam ukuran 80 cm x 80 cm Rp 350.000
      - Besi tulangan pondasi cakar ayam biasanya dipesan atau dijual di Toko bangunan atau tempat khusus penjual jasa rangkaian besi tulangan.
      - Kualitas biasanya terjamin, karena kita bisa pesan sesuai desain gambar pondasi yang kita buat.

      Terima kasih.

  4. Santoso mengatakan:

    Sebelumnya mohon maaf, saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan berhubungan dengan pondasi cakar ayam. Saya berencana mendirikan bangunan 2 lantai luas 32 m² dengan rincian Ruang di sisi pinggir kanan/kiri = 3 x 4 m x 2 + Ruang di tengah = 2 x 4 m. Adapun pertanyaan:
    1) Berapa jumlah titik pondasi cakar ayam.
    2) Asumsi luas tanah terbatas/mepet dengan luas bangunan, untuk ukuran cakar ayam yang cocok ukuran berapa?
    3) Bahan material yang digunakan untuk pondasi cakar ayam terdiri apa + masing² volume bahan (utk 1 titik pondasi cakar ayam).
    Demikian pertanyaan saya, atas jawabannya saya sampaikan banyak terima kasih.
    Salam.

    (Santoso, di Pekalongan).

  5. lukman mengatakan:

    salam sukses mas,maaf sy mau bertanya :
    1.sy mau bangun rumah 1 lt dgn luas tanah 50m2,kira -kira berapa kebutuhan tiang pondasi dan besi berapa yg harus dipakai.
    2.untuk rumah 1lt cor sloop apa harus dipasang dan besi ukuran berapa yg harus dipakai?
    terima kasih,,,,,,,,,,mohon jawabanya.

    • NewsMaker mengatakan:

      Terimakasih atas pertanyaanya,
      1. Untuk jawaban no.1 saya mesti lihat denah rumahnya dulu mas..
      2. untuk sloof memang menggunakan adukan cor (semen, pasir, batu split dan besi tulangan) untuk lantai 1 cukup dengan besi diameter 8 mm.

  6. Armindo Antonio mengatakan:

    Terima kasih atas kesempatannya.
    saya tanya, gedung tersebut dibangun 10 tingkat menurut anda pondasidan batuan yang cocok untuk tanah yang lunak (lempung)tersebut. minimal kedalaman pondasi tersebut berapa meter dan lebar berapa meter?
    terima kasih banyak. GBU…

    • NewsMaker mengatakan:

      Untuk bangunan berlantai 10 tingkat atau lebih biasanya menggunakan tiang pancang terlebih dahulu, apalagi kondisi lokasi ditanah lembek. Untuk kedalaman galian tanah pondasi pada dasarnya harus menumpu pada lapisan tanah keras, tetapi jika menerapkan pondasi cakar ayam yang benar atau tiang pancang galian tidak terlalau dalam juga tidak masalah, lebar pondasi antara 100 cm -120 cm2 cukup. semoga membantu.

  7. Melly mengatakan:

    Mas saya mau tanya klo pembuatan cakar ayam 13 buah ukuran 80×80 tebal 40 cm , pengeboran cakar ayam 13 buah ukuran 80×80 tebal 40 cm pembuatan solid dan cor dengan besi 12 KA sni 6 Btg , pembuatan kolom dan cor besi 12 isi 6 Btg

  8. Dedi mengatakan:

    rumah yang saya bangun (satu lantai) mengalami retak yang cukup parah, lebar keretakan sampai 0,7 Cm. Dan terjadi di banyak tempat, keretakan itu sejajar dengan rumah disebelahnya. Apakah ada pengaruhnya membangun rumah diatas tanah lempung ? Pondasi apakah yang cocok dgn keaadaan tsb ? Ukuran dan kedalaman brp kalo cakar ayam itu terpaksa dibuat ? Terima kasih.

    • NewsMaker mengatakan:

      SUdah jelas jika kita membangun rumah ditanah yang labil atau lempung akan berpengaruh pada bangunan kita yang paling parah adalah bangunan bisa amblas dan roboh. Hal ini akan terhindar jika kita mengantisipasi dengan struktur bangunan yang baik.

      Jika tanah itu lembek atau di tanah rawa/sawah sebaiknya menggunakan pondasi cakar ayam/pondasi tapak.
      Untuk ukuranya disesuaikan dengan bentuk bangunan dan berapa dalamnya harus sampai pada tanah yang keras. Trims.

  9. agus rudianto mengatakan:

    pak jika bangun ukuran 7 x 2.5 m ,yg rencana mau saya buat 2 lantai scara bertahap…
    1. Mhn bantuan tahapan pembangunan nya yg scra bertahap mengingat biaya

    2. Berapa jumlah cakar ayam yg di butuhkan ?
    3. Berapa ukuran tiang minimal nya ? Dan apakah kuat jk pakai besi size 8…

    Mhn pencerahannya
    atas jawaban nya saya ucapkan byk trima kasih
    salam…

    • NewsMaker mengatakan:

      Bangunan tersebut bisa menggunakan 6 titik cakar ayam saja, untuk tulangan pondasi gunakan minimal besi diameter 10 mm. Proses pembangunan tentunya dari gambar yang jelas, kemudian kumpulkan material pondasinya dan laksanakan, pengecoran kolom tiang, pasangan bata kemudian persiapan cor dak beton. Trims.

  10. athallah mengatakan:

    saya mau bangun rumah 2 lantai ukuran 10×9, berapa titik cakar ayam yg dibutuhkan dan berapa ukurannya

  11. joedha mengatakan:

    Maaf tanyak bang…
    Biaya minimal untuk pemasangan cakar ayam ukuran 40 x 40 cm, total mulai material dan tukang itu kira2 berapa per titik?

    • NewsMaker mengatakan:

      Kalau kira2 dan perkiraan saya sekarang, untuk rangkaian besi tulangan jadi kisaran Rp 300.000, Material (Semen, Pasir, Batu Split) Rp. 75.000 dan tukang Rp 50.000, jadi total kira2…425.000 masbro…bisa naik bisa turun tergantung kondisi lapangan juga.

  12. misdy03 mengatakan:

    selamat malam…. saya mau tanya nih pak, semoga bapak berkenan untuk menjawab….
    saya berencana membangun bagian rumah saya menjadi 2 lantai…. ukurannya 6 m X 5 m, bentuk segi 4 biasa… yang ingin saya tanyakan :
    1. berapa pondasi cakar ayam yang saya perlukan dan ukuran dimensi berapa serta memakai besi ukuran berapa?
    2. ukuran besi berapa sebaiknya saya gunakan untuk sloof dan kolomnya?
    3. berapa kedalaman pondasi yang sebainya saya gunakan?
    rumah saya bekas sawah dan berjenis tanah lempung.
    terima kasih sebelumnya…

    Misdiyanto -Bekasi

    • NewsMaker mengatakan:

      Selamat Pagi pak, saya akan bantu menjawab berdasarkan pengalaman saya:
      1. Denah bangunan nya seperti apa pak, Jika akan dibangun dengan dua lorong bisa mengunakan 6 titik cakar ayam, seandainya lebar 6 m dan panjang 5 m. Tetapi jika cuman ingin satu lorong lebar 5m dan panjang 6m bisa gunakan 4 titik saja tetapi ditengah bentang 6m ada kolom praktis di tengah dan tiang gantung diatas kolom praktis.
      2. Sloof gunakan minimal besi 10 mm sebanyak 6 batang, untuk kolom minimal besi 10 mm 4 batang dan ditengahnya bisa gunakan besi 8 mm jadi total tetap 6 bantang.
      3. Kedalam pondasi tergantung dalamnya lapisan tanah keras yang di dapat.

      Terimaksih.

  13. Ace Maxs mengatakan:

    wuish kayaknya kokoh tuh gan !
    terima kasih informasinya !

  14. haris mengatakan:

    Pak kalo bangun toko ukuran 10x10m bentuk los mirip gudang. berapakah dana yg perlu disiapkan. kondisi tanah bagus keras terima kasih

  15. irwan mengatakan:

    maaf pak, saya mau tanya bagaimana model cakar ayam jika bangunan yg di buat rumah panggung dengan tiang beton,

  16. jend mengatakan:

    Sy mau buat ruko ukr 4×10 2lt apakah bisa tdk dipondasi tapi lgsung pke slof dan sbaiikx slogx pke besi brp

  17. jend mengatakan:

    Sy mau buat ruko ukr 4×10 2lt apakah bisa tdk dipondasi tapi lgsung pke slof dan sbaiikx slofx pke besi brp ,ring balokx besi brp dan plat lantai besi brp

  18. ramos mengatakan:

    saat ini kami mengejakan gakar harimau jln abdul latif kabupaten sinjai terimah kasih atas kunjunganya…

  19. sofyan mengatakan:

    Mohon ma’af, Mz, izin bertanya.
    kalau membangun bangunan dengan 4 lantai, besi yang cocok digunakan itu ukuran berapa agar kuat dan tahan lama?
    Juga untuk kolomnya, ukurannya berapa dan jumlahnya berapa?
    Terima kasih, Mohon dibales y ,. :)

    • NewsMaker mengatakan:

      saran saya, klo salah mohon dikoreksi bersama. Jika bangunan lebih dari 3 lantai sebaiknya gunakan besi minimal diamter 12 mm, ukuran kolom minimal volume 40 x 40 cm, klau jumlah kolom di tentukan dari denah bangunan yang akan dibuat. Trim’s

  20. kostara mengatakan:

    Pak,tolong hitungkan berapa kebutuhan:
    Besi dengan masing masing ukuran sesuai yang diperlukan;
    – besi 8 mm =
    – Besi 12 mm =
    – atau besi lain yang dibutuhkan
    pasir;
    split;
    semen;
    untuk mengecor dak dengan luas 80 meter persegi, sebelumnya terima kasih atas penjelasan yang diberikan

  21. totong suriyono mengatakan:

    tiang untuk bangunan dua lantai bagusnya segi 4 dengan besi 4 buah besi atau 6 buah besi

  22. muh.robin alia mengatakan:

    ass. mf sebelimnya,biasanya pondasi footplat tertanam hingga berapa meter dari dasar tanah?

  23. aswandiandi mengatakan:

    Gan saya mau nanyani ? Untuk ukuran tipe rumah 42 , pakai cakar ayam berapa ya dan buat pondasinya kedalaman nya berapa ? Oh ya gan tanah yg akan sy bangun rumahnya tanah darat dan rata .trims

  24. usaha karya mengatakan:

    Untuk bangunan lebih dari 2 lantai alangkah baiknya jika pondasi yang di gunakan adalah pondasi strauss pile karena pondasi ini berkedudukan di tanah yang lebih keras jadi resiko penurunan pondasi yang biasanya mengakibatkan diding retak dapat diminimalisir.

  25. ikbal mengatakan:

    Yang sy ingin taxkan brp titik cakar ayam untuk pembangunan ruko 2 lantai dg luas 200 M, pj 20 m lbr 10 m & brp meter kedalam tanah hrs d gali.

    Terimakasih

  26. enica mahaceta mengatakan:

    Gan.. rumahku tipe 36 di belakang sisa tanah 3,5 X 5 m. rencana dibuat 2 lantai. Berapa ukuran cakar ayam dan besi kolom yg pas. thanks monon di bantu …

  27. Gun mengatakan:

    Saya tertarik, tapi saya ga punya wawasan tentang itu..
    Bisa ga dijelaskan bahan yang digunakan.. misal nama besi-nya “ini”, ukurannya “ini” (biar tau nanya-nya ke toko bangunan :D )
    Trus bisa ga buat postingan detail perakitannya, soalnya ditempatnya saya jaringan internetnya lelet, jadi ga bisa mutar video di atas.

  28. hasanuddin mengatakan:

    Assalamualaikum…
    Saya ada rencana bangun rumah 2 lantai ukuran 12 m x 9 m. Saya rencana mau pasang kolom yang tidak terlalu menonjol nantinya didinding. Kira kira kolom ukuran berapa yg memenuhi keinginan saya tapi kuat untuk menunjang lantai 2 nantinya? Trus kira kira model pembesiannya gimana ?
    Terima kasih atas jawabannya.

Terimakasih Atas Kunjungan Anda, Jika ada pertanyaan dengan senang hati saya akan Menjawabnya.


Fokus Kegiatan Satriamadangkara

Dalam metode pembuatan pakan hay ialah dengan cara memotong rumput yang masih muda dan belum berbunga, potonglah rumput dilapangan atau tempat lain yang jauh dari   Read More ...

Cara pengembangbiakan kelinci. Untuk Syarat tergantung dari tujuan utama pemeliharaan kelinci adalah menentukan apa yang akan menjadi hasil nya, misal untuk tujuan jenis bulu maka   Read More ...

Pemilihan lokasi kandang Kelinci. Mengawali usaha dalam mengembangkan usaha beternak kelinci harus memperhatikan lingkungan yang akan dibuat sebagai rumah atau kandangnya.Usaha sampingan beternak kelinci tidak   Read More ...

Kelinci pedaging sebagai Usaha sampingan. Hal apa sih yang menguntungkan dari beternak kelinci pedaging, dan yang seperti apa kelinci pedaging itu, padahal kan semua kelinci   Read More ...

Peluang Bisnis menjelang Penerimaan Mahasiswa Baru, apakah anda tertarik untuk mencobanya? pada kesempatan ini kami akan berbagi informasi seputar Peluang Bisnis menjelang Penerimaan Mahasiswa Baru   Read More ...

Beternak Belut atau Budidaya Belut merupakan salah satu alternatif untuk memenuhi permintaan pasar yang tinggi atas daging belut yang enak dan bergizi karena terbatasnya belut   Read More ...

Pada kesempatan ini saya akan membahas Kandang Ayam Indukan untuk Proses Pengeraman berdasarkan pengamatan prilaku dari dua indukan ayam yang saya pelihara. Jika kita memelihara ayam   Read More ...

Jika kita memutuskan untuk beternak atau memelihara unggas apa pun jenisnya, kita wajib menyiapkan tempat tinggal atau kandang senyaman mungkin bagi ternak peliharaan kita dan   Read More ...

Buah Labu Kuning mungking anda pernah mendengarnya, atau bagi pembaca yang belum ada gambaran tentang Labu Kuning pasti anda pernah mendengar istilah barat dengan “Halloween   Read More ...

Apa sebenarnya perbedaan antara Budidaya dan Pelihara kenapa saya mengambil judul artikel “Pengalaman Budidaya dan Pelihara Ayam”. Menurut saya budidaya ayam adalah suatu proses kegiatan   Read More ...

Cara Mengolah Tanah untuk Tanaman Jagung Manis sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda dengan Cara Mengolah Tanah untuk Tanaman Jagung Biasa.  Setiap produk benih jagung masis yang   Read More ...

Harga Bibit Jagung Manis Bonanza F1 dan Hibrida Jambore lumayan mahal dibandingkan dengan bibit jagung biasa atau non-manis. Seperti kita ketahui bahwa jagung manis selalu   Read More ...

Bisnis Budidaya Jagung Manis menjadi incaran saya menjelang pergantian tahun 2013 ke tahun 2014. Sekarang adalah tanggal 12 Oktober hampir mendekati pertengahan bulan, ini adalah   Read More ...

Bisnis Ayam Kampung Pedaging seperti apa bentuknya masih menjadi bayangan samar-samar memenuhi pikiran dan hayalan setiap saya merenung. Tidak tahu kenapa saya sangat tertarik ingin   Read More ...

Pengalaman Hidup lainnya

Jenis Bahan Kandang Kelinci

Posted on Jun - 9 - 2014

0 Comment

Daftar Harga Tablet PC...

Posted on Des - 17 - 2011

34 Comments

Harga dan Gambar Samsung...

Posted on Mar - 23 - 2013

0 Comment

Striping dan Warna Baru...

Posted on Sep - 12 - 2012

3 Comments

A d v e r t i s e m e n t s

Silahkan masukan email anda dan aktifkan, untuk mendapatkan info terbaru via email:

Gagal Permanen VS Gagal...

Posted on Agu - 5 - 2014

0 Comment

Yuk, Mulai Bisnis Baju...

Posted on Jul - 14 - 2014

0 Comment

Mengenal Jenis dan Spesiaes...

Posted on Jun - 25 - 2014

0 Comment

Potensi Kambing sebagai Peluang...

Posted on Jun - 24 - 2014

0 Comment

Harga dan Gambar Samsung...

Posted on Mar - 23 - 2013

0 Comment

Yamaha Byson Emas Hadir...

Posted on Mar - 9 - 2012

4 Comments

Cek Tagihan Listrik PLN...

Posted on Jul - 20 - 2011

431 Comments

Kelebihan dan Kelemahan Stang...

Posted on Jan - 19 - 2012

2 Comments

Penyebab Kecelakaan Saat Kita...

Posted on Des - 7 - 2012

4 Comments