Memasang Mesin Pompa Air Sanyo

12
18866

Memasang Mesin Pompa Air Sanyo sendiri adalah modal nekad yang dengan senang hati kulakukan. Sebelumnya saya belum pernah Memasang Mesin Pompa Air Sanyo jadi ini adalah pengalaman pertama jadi harus banyak baca-baca referensi dulu. Langkah awal yang kulakukan pertama adalah mengecek kedalam sumur yang sudah ada, karena sebelum kita menentukan Mesin Pompa Air yang akan kita beli kita harus tahu spesifikasi mesin yang akan kita gunakan supaya sesuai dengan kedalaman sumur kita.

Setelah baca – baca di beberapa situs yang mengulas tentang sepesifikasi Mesin Pompa Air untuk beberapa variasi kedalaman sumur dan kelengkapan alat-alat yang harus dibeli akhirnya saya mendatangi sebuah toko bangunan. Di dalam toko bangunan saya mendapatkan informasi yang lebih lengkap tentang apa saja yang diperlukan untuk Memasang Mesin Pompa Air Sanyo. Inilah beberapa daftar banrang yang harus saya beli untuk Memasang Mesin Pompa Air Sanyo :

  • Mesin Pompa Air

Didalam toko bangunan banyak sekali model Mesin Pompa Air, ada harga yang murah kisaran Rp 200 ribuan sampai diatas Rp 1 juta-an, begitu juga modelnya dari yang kecil polos biasa sampai yang besar dan mempunyai tabung. Hal pertama yang ditanyakan pemilik toko adalah kedalaman sumur kita, setelah tahu kedalaman sumur kita maka saya disarankan menggunakan model yang kecil  atau sedang karena kedalaman sumur saya hanya kisaran 8 meter. Model yang ditawarkanpun masih harus memilih lagi karena disana model yang sama ada beberapa merk yang tersedia, akhirnya saya memilih merk Mesin Pompa Air Sanyo seperti yang biasa orang sebut istilah mesin air sering disebut “Sanyo” harganya kurang lebih Rp 325.000.

  • Pipa PVC

Setelah Mesin Pompa Air Sanyo, Pipa yang diwarkan untuk kedalaman sumur kisaran dibawah 10 meter adalah Pipa PVC ukuran 3/4″ saya membeli 3 batang merk Wavin warna putih dengan harga per batangnya Rp 15.000.

  • Lem PVC dan SOK atau sambungan Pipa PVC

Untuk lem PVC saya hanya disarankan satu bungkus saja dengan harga Rp 10.000 dan beberapa penyambung pipa PVC bentuk “L” empat buah.

  • Kabel Listrik dan Saklar listrik.

Yang terkahir tentunya alat-alat kelistrikan untuk menghidupkan Mesin Pompa Air Sanyo. Kabel Listrik yang bagus saya beli Rp 6000 per meter.

memasang_mesin_pompa_air
Sumur Baru yang belum dipasang Pompa Air
memasang_mesin_pompa_air2
Kondisi Sumur Setelah dipasang Mesin Pompa Air dan di Cincin Beton.

Itulah beberapa alat-alat untuk Memasang Mesin Pompa Air Sanyo dan bagaimana cara Memasang Mesin Pompa Air Sanyo sendiri bisa dilihat dalam video dokumentasi ini.

Itulah proses Memasang Mesin Pompa Air Sanyo, anda ingin mencobanya mencobanya?

Komentar Anda :

12 COMMENTS

  1. saya mo tanya nh,saya ganti mesin air yg lama dengan baru merk panasonic,tapi tetap aja kluar airnya kecil,masalahnya apa ya?

  2. om, kalo masalah ane beda dikit. Boleh mnt bantuannya ga? Ane pny kontrakan, ada 3 unit rumah dgn satu sumur bor. Berarti ponpa nya juga satu buah yg ane pasang. Trus, yg mau ane tanyain: bisa ga ya ngambil daya listrik nya yg di pake tu dari 3 rumah kontrakan tadi? (misal: kalo unit 1 ngidupin sanyo, ngambil listrik nya dari unit 1. Kalo unit 2 ngidupin sanyo, ngambil listrik nya dari unit 2 juaga. Jadi, ga ada yg dirugiin. Bisa ga spt itu?) tlg bntuannya ! Tq, d tgu blsan nya! Via sms 02668016990

    • Terimakasih sudah berkunjung, sebelum saya jawab pertanyaan anda, saya sekedar ingin tahu, Apakah setiap unit kontrakan mempunyai meteran masing2?
      Solusi yang saya berikan sangat sederhana dan manual :
      1. Abil arus dari masing2 kontrakan dengan kabel kesalah satu tempat sebagai terminal.
      2. Pasang termis pada ke 3 kabel tersebut sebagai pemutus arus.
      3. Sambungkan ke 3 kabel tersebut pada mesin pompa air.
      4. Ingat, beri pemahaman kepada ke 3 penghuni rumah, bahwa jika ingin menghidupkan mesin pompa air hanya boleh satu termis saja yg hidup biar tidak terjadi konsleting listrik.

      Mungkin ada solusi yang otomatis, siapa mau berbagi?

  3. mas gmna klo sanyo nya mati total. kira kira apanya yang rusak mas dan bagaimna solusinya.
    da 3 hari ni mas bak mandi kosong.

    plis ea mas

  4. saya mau bangun rumah, luas tanah perumahan 60m dibelakang rumah ada sawah tetangga sekitar menggunakan sumur bor mesin, sebaiknya saya gunakan sumur bor juga atau sumur gali ya ?

  5. makasih infonya. tapi uda sebulan mesin pompa sanyo gak bisa nyedot lagi dari sumur ke pompanya, itu kenapanya? terpaksa saya beli pompa air celup,penginnya sih tetap pake pompa air tipe biasa yang sanyo

  6. Mohon infonya bapak,
    sumur saya letaknya jauh dari rumah, sekitar 200 meter dari rumah. Pompa airnya saya letakkan dekat sumur.yang jadi masalah kabel listrik untuk mensupplay power elektrik pompa airnya dari rumah ke sumur jadi jauh. untuk sumber listrik pompanya itu khan ada dua kabel.Apakah bisa power listrik untuk pompa itu satu kabelnya berasal dari sumber listrik PLN dirumah terus yang satu kabel saya tancapkan ke tanah.Agar pemakaian kabelnya ngirit.Apakah itu tidak berbahaya
    Terima kasih

LEAVE A REPLY