Keutamaan Hari Jum’at dan Shalat Jum’at

3
7061

Keutamaan Hari Jum’at dan Shalat Jum’at mungkin sudah banyak diketahui oleh teman-teman, namun tidak ada salahnya saya berbagi informasi tentang Keutamaan Hari Jum’at dan Shalat Jum’at yang saya dapat dari berbagai media. Kita ketahui bersama sebagai umat Muslim bahwa setiap seminggu sekali ada hari yang paling mulia dan mempunyai keberkahan lebih dibandingkan dengan hari-hari yang lain. Keutamaan Hari Jum’at dan Shalat Jum’at bagi kaum muslimin yang mempunyai senjata paling ampuh yaitu DO’A. Seperti sebuah hadist dibawah ini tentang Keutamaan Hari Jum’at dan Shalat Jum’at yang artinya :

Abu Hurairah berkata Rasulullah  bersabda: ” Sesungguhnya pada hari Jum’at terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya. Rasululllah  mengisyaratkan dengan tangannya menggambarkan sedikitnya waktu itu (H. Muttafaqun Alaih)

Pada hari Jum’at perbanyaklah berdo’a niscaya akan dikabulkan permintaan kita, tetapi ingat semua itu ada ketentuan dan peraturan yang berlaku yang harus dipatuhi untuk mendapatkan Keutamaan Hari Jum’at dan Shalat Jum’at.

Keutamaan Hari Jum’at dan Shalat Jum’at yang penuh berkah seperti diriwayatkan dalam sebuah Hadist yang artinya :

Diriwayatkan dari Abu Hurairah radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasululloh shalAllohu ‘alaihi wa sallam mengatakan, yang artinya:

“Sebaik-baik hari yang terbit padanya matahari adalah hari Jum’at. Pada hari itu diciptakan Adam ‘alaihissalam, dimasukkan dan dikeluarkan dari surga pada hari itu dan kiamat akan terjadi pada hari Jum’at pula.”
(HR: Muslim, Abu Dawud, Annasa’i, Tirmidzi dan dishahihkannya. Lihat Fiqhussunnah oleh Sayyid Sabiq bab Jum’ah).

Shalat Jum’at adalah kewajiban bagi kaum laki-laki Muslim dan ancaman bagi yang meninggalkan adalah seperti sebuah Hadist tentang Keutamaan Hari Jum’at dan Shalat Jum’at yang artinya :

“Sungguh aku berkeinginan untuk memerintahakan seorang laki-laki shalat bersama dengan manusia kemudian aku membakar rumah-rumah mereka yang tidak melakukan shalat Jum’at.” (HR: Muslim, Ad Darimi dan Al Baihaqi).

Diriwayatkan dari Abu Hurairah radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasululloh shalAllohu ‘alaihi wa sallam mengatakan, yang artinya:

“Sebaik-baik hari yang terbit padanya matahari adalah hari Jum’at. Pada hari itu diciptakan Adam ‘alaihissalam, dimasukkan dan dikeluarkan dari surga pada hari itu dan kiamat akan terjadi pada hari Jum’at pula.” (HR: Muslim, Abu Dawud, Annasa’i, Tirmidzi dan dishahihkannya. Lihat Fiqhussunnah oleh Sayyid Sabiq bab Jum’ah).

Keutamaan Hari Jum’at dan Shalat Jum’at dapat anda baca lebih lengkap di situs :

  • http://www.dudung.net/artikel-islami/keutamaan-hari-jumat.html
  • http://indrayogi.multiply.com/reviews/item/156
  • http://al-atsariyyah.com/keutamaan-hari-jumat.html

Dalam versi file pdf tentang Keutamaan Hari Jum’at dan Shalat Jum’at DOWNLOAD

Keutamaan Hari Jum’at dan Shalat Jum’at harus kita manfaatkan semaksimal mungkin untuk meraihnya.

Komentar Anda :

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY