Di Tulis Oleh Harno, S.I.Kom. Selasa, 2 April, 2013

Pada tahun lalu tepatnya tanggal 29 November 2012 saya mengajukan pendaftaran untuk pemasangan listrik dari PLN via online. Perlu diketahui bahwa untuk mengajukan pemasangan jaringan listrik baru dari PLN cara mendaftarnya untuk beberapa wilayah termasuk Provinsi Lampung harus mendaftar via online di situs resmi www.pln.co.id.


Alur Pendaftaran PLN


Alur Pendaftaran PLN

Pada halaman situs PLN anda dapat menemukan kotak menu seperti pada gambar disamping. Pada gambar yang dilingkari warna “merah” adalah menu dimana kita akan mendaftar untuk pemasangan atau penyambungan baru.

A d v e r t i s e m e n t s


Sebelum anda melakukan pendaftaran dan mengisi lengkap formulir pendaftaran sebaiknya anda mengecek simulasi “Rekening” dan Simulasi “Biaya”.

Dengan melakukan simulasi terlebih dahulu anda akan mengetahui besarnya biaya yang akan anda keluarkan untuk pemasangan baru sesuai “Golongan Tarif” dan “Batas Daya” yang anda gunakan.

Pada gambar dibawah ini anda bisa pahami Alur Permohonan Pasang Listrik Baru yang sudah menjadi aturan baku PLN.


Alur Permohonan Pasang Listrik Baru


Alur Permohonan Pasang Listrik Baru

Setelah saya mengisi formulir via online dan memasukan kode konfirmasi, pada tanggal 26 November 2012 saya datang langsung ke kantor cabang PLN untuk mendapat keterangan lebih lanjut, kebetulan tempat tinggal saya masih dalam wilayah kantor cabang PLN Way Halim.

Disana saya disarankan untuk membayarkan biaya pendaftaran via transfer ke rekening PLN yang sudah disediakan, kemudian harus menyiapkan 3 buah Materai 6000. Untuk daya 1300 VA dalam dokumen “Permintaan Pasang Baru” tertera biaya Rp 998.000 yang harus dibayarkan ditambah admin bank Rp 1.600 jadi total yang dibayar oleh saya Rp. 1.000.000 sisa 400 perak tidak dikembalikan.


Nota Bayar Alur Permohonan Pasang Listrik Baru


Nota Bayar Alur Permohonan Pasang Listrik Baru

Setelah melakukan pembayaran sesuai dengan Alur Permohonan Pasang Listrik Baru kemudian dilakukan “Penandatanganan Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik” (SJBTL).

Berapa lama pemasangan atau penyambungan ke rumah kita tergantung dari banyak nya antrian calon pelanggan baru PLN, info dari CS tunggu saja sekitar 2 minggu nanti akan di telpon, info dari satpam kira-kira 1 bulanan setelah daftar. Artikel ini bersambung pada saat hari pemasangan listrik itu tiba, Semoga bermanfaat.

A d v e r t i s e m e n t s



Search Engine Keyword:

biaya pemasangan listrik baru, biaya pasang baru listrik, biaya pasang listrik baru, biaya pasang listrik, Pemasangan listrik baru

17 Tanggapan Pada Artikel Ini.

  1. Herlanus mengatakan:

    apakah pemasangan listrik online berlaku dikal-bar?
    terimaksh.

    • NewsMaker mengatakan:

      Untuk Kal-Bar jika anda berada di area :
      1. Pontianak
      2. Singkawang
      3. Sangau
      4. Ketapang

      Anda bisa mendaftar via online, jika tidak termasuk area tersebut silahkan silahkan konsultasikan ke Kantor Cabang Kalimantan Barat Terdekat.

  2. daken mengatakan:

    Memang betul masuk listrik dah onlen,..tapi nyatanya udah daftar dan bayar ke bang sampai sekarang dah 2 bln belum juga masuk listrik di wilayah kami muarafajar rumbai pekanbaru riau,…..apa karna bos bos yg di rumbai tu mintak disiram dulu atau gimana ya gan ?

    • NewsMaker mengatakan:

      Pengalaman saya, maaf saya bukan karyawan PLN, saya juga konsumen. Pada saat saya pasang baru, saya tanya ke petugasnya saya termauk antrian keberapa, karena biasanya pada waktu bersamaan banyak yg pasang baru.

      Saran saya, tanya di kantor cabangnya petugas yang masang, temui dengan orangnya biar kecepet bilang saja ini penting dan ada uang bensin nya…untuk nyirah hehehe…

  3. syaeful alam syah mengatakan:

    layanan on line sangat bagus untuk proses bagi yang mengenal sistem,namun membuat tak berguna bagi masyarakat pedesaan yang belum tersentuh telekomunikasi

  4. windo mengatakan:

    setiap saya mengisi data pemohon baru di kolom nomor dan tambah nomor saya bingung itu di isi data no apa???

  5. anshori mengatakan:

    selain biaya itu, apakah ada biaya tambahan lagi oleh petugas rekanan PLN yang menyambungkan listriknya? teman saya yang memasang listrik baru 1300 watt, biayanya mirip dengan yang tertera diatas, tetapi sewaktu pemasangan oleh petugas dari rekanan PLN, diminta tambahan Rp. 650.000… apakan seperti itu ketentuannya?

    • NewsMaker mengatakan:

      Tidak ada tambahan biaya ketika pemasangan..

      • anshori mengatakan:

        Trims….
        Trus Kalau Sertifikat Instalasi itu bagaimana? dari PLN hanya menyambung sampai meter terpasang, tetapi Listrik bisa nyala kalau sudah ada sertifikat instalasinya…
        dan sertifikat instalasi tsb didapat dari Rekanan PLN / Vendor diluat PLN….
        tetapi PLN sendiri tidak bisa memberitahukan standar biaya sertifikast tersebut, diminta untuk nego sendiri dengan vendor tersebut….
        Untuk mendapatkan sertifikat itu, apa tahu berapa standar biayanya?
        kira2 itu mencakup apa saja… sementara instalasi listrik rumah saya, dari biaya saya sendiri….
        mohon share pengalamannya, apa memang seperti itu?

  6. agus mengatakan:

    seharus nya PLN menerangkan semua biaya yg dikeluarkan,krn konsumen itu kan buta ttg PLN,jd jgn dianggap sama dg pegawainya.
    ibarat konsumen hendak makan diwarung nasi ,kan standartnya sdh dg air minum nya,kecuali konsumen minta es teh manis misal nya . Jd konsumen byr apa yg dia makan sdh termasuk dg minum klo prl dg dia duduk disitu.
    tarip PLN yg tertera disitu hanya menjelaskan ,bhw harga 900va itu seharga Rp.675.000, tp blm bisa dipasang/terpasang klo blm dpt ijin dari badan tertentu bernama konsuil yg letak nya g jauh dr kntor PLN itu.
    dari Konsuil itu kita mendaftar dan bayar lagi utk dpt ijin kelaikan pemasangan ,dan dikeluarkan kwitansi ber kop surat PPILN (Perkumpulam Perlindungan InstalasiListrik Nasional) sebesar Rp 70.000.
    Ditempat itu jg hrs mendaftar dan membayar pada AKLI (Asosiasi Kontraktor Listrik dan mMekanikal Indonesia) sebesar Rp.200,000. total Rp .945.000, blm klo petugasnya nakal bisa bulet Rp 1.000.000 ato lbh sdikit. Mk nya bos2 PLN mustinya nyamar jd konsumen jd bisa nangkep yg nakal2 gt .
    Jd judul seharus nya Jika anda mau pasang listrik baru sebesar 900VA adalah sebesar Rp.945.000, itu utk yg pemasangan yg 900VA ,g tau klo lebih kecil atau lebih besar dr 900VA,jd bukan sebesar 675.000 spt yg dipasang diatas berkali2 dan berhari2.
    nah klo spt itu baru spt diwarung nasi ,makanan sdh dipiring berisi nasi,sayur,lauk komplit dg sendok garpu,minuman ada disamping,duduk dimeja …siap dimasukan mulut….
    hrsnya PLN jg begitu ,informasikan dg jelas,jgn masih tetap menimbulkan kecurigaan, buktinya yg komen bnyak yg mencibir … ….pasamg lgs siap dipakai…bukan nya dikasih meter tp dilarang masang, klo soal bohlam lampu dari konsumen yg menyediakan sih mereka jg tau ….,anak kecil jg tau …
    heran nya knp konsuil (biaya PPILN + biaya AKLI ) tidak disebut2 besar nya,pdhal tanpa itu tdk akan blh dipasang ??? hendak bermain kucing2an kah dg konsumen ….??? blh dong kita blg bgitu …soal nya g terbuka sih ….

  7. onink mengatakan:

    kalau untuk permohonan untuk pemasangan trafo untuk keperluan BTS operator seluler gmn??

  8. lilo mengatakan:

    ane tinggal di daerah sulawasi tengah.niatnya mau masang listrik yg 1300W sm yg 900W, ane dipintain duit 2,3jt buat pmsngan daya 1300W dan 900Ribu buat pmsngan daya 900Watt..diluar biaya instalasinya.itu masuk akal gak ya?mohon pencerahannya.mksh

  9. fajar noercahyo mengatakan:

    mohon informasinya berkenaan dengan AKLI(asosiasi kontraktor listrik indonesia).Kok seolah-olah lembaga itu harus dilalui oleh pelanggan yang akan pasang baru atau mau naik daya yang konsekwensinya biaya yang dikenakan bisa 2x lipat lebih dari biaya di tarip.contoh kira2 3 th yang lalu saya mau naik daya dari 900 jadi 1200. tarip di internet sy lihat Rp 375.000. setelah saya daftar di kantor cabang PLN terdekat memang sesuai tarip, namun setelah itu sy direkomendasikan untuk menghubungi kantor AKLI yang ada di depan kantor cabang PLN(ada kurang lebih 4 kantor AKLI/MIRIP KANTOR BIRO JASA PENGURUSAN)dan saya harus membayar lagi kira2 Rp 800 ribu dengan perincian post-post biaya yang dikenakan sebenarnya sudah dikenakan ketika pasang baru.Ketika saya tanya, jawab petugas AKLI, kalau bapak keberatan ya pasang baru aja!karena saya butuh saya bayar aja dan sejak saat itu saya sudah tidak pernah lagi berhubungan dengan pengurusan PLN.saya pernah tanyakan teman saya di tempat lain ternyata tidak seperti yang saya alami(tempat saya berada di bawah kantor cabang PLN wilayah Benjeng Gresik).yang ingin saya tanyakan apakah proses penyambungan baru atau naik daya masih seperti testimoni saya diatas?(Karena sampai saat ini keberadaan kantor AKLI masih terlihat beserta segenap karyawannya).terimakasih atas tanggapannya semoga PLN semakin jaya dalam pelayanan punlik)

  10. sans mengatakan:

    SOP nya dari bayar BP (biaya penyambungan) berapa hari ya supaya listrik segera nyala di rumah ?
    trims

Terimakasih Atas Kunjungan Anda, Jika ada pertanyaan dengan senang hati saya akan Menjawabnya.


Pengalaman Hidup lainnya

Daftar Harga Processor Komputer

Posted on Nov - 28 - 2011

11 Comments

Logo SEA Games ...

Posted on Okt - 20 - 2011

0 Comment

Cara Berternak Ayam Kampung...

Posted on Jun - 3 - 2014

0 Comment

Pemilihan Lokasi Kandang Kelinci

Posted on Jun - 8 - 2014

0 Comment

A d v e r t i s e m e n t s

Silahkan masukan email anda dan aktifkan, untuk mendapatkan info terbaru via email:

Konsep Kandang Kambing...

Posted on Okt - 31 - 2014

0 Comment

Harga Kabel Rol atau...

Posted on Okt - 29 - 2014

0 Comment

Harga Tinta Printer Warna...

Posted on Okt - 29 - 2014

0 Comment

Cara Membuat Kue Bolu...

Posted on Okt - 27 - 2014

0 Comment

Tampilan Yamaha Byson 2012

Posted on Jan - 24 - 2012

10 Comments

1 Pohon untuk 1...

Posted on Feb - 5 - 2014

1 Comment

Proses membuat Pondasi Rumah...

Posted on Mei - 22 - 2013

7 Comments

Motor Yamaha Byson Standart...

Posted on Jul - 5 - 2012

17 Comments

Bacaan Niat Puasa Syawal

Posted on Sep - 2 - 2011

15 Comments