Bogor Kawasan yang Paling Banyak Diburu Pencari Rumah di Bodetabek

A d v e r t i s e m e n t

Bogor menjadi kawasan yang paling banyak diincar oleh calon pembeli rumah di kawasan Bodetabek, berdasarkan data portal properti Lamudi setiap bulannya rata-rata pencarian rumah di Kota Hujan tersebut mencapai 2.704 orang.

Harga rumah dijual di Bogor sendiri mencapai Rp 9.565.217 per meter persegi, sementara harga tanah di sana rata-rata dijual mulai dari Rp 2.300.000 per meter persegi. Uniknya ternyata mayoritas pencarian rumah dijual di Bogor didominasi oleh kalangan milenial dengan rentan umur 25 hingga 32 tahun.

A d v e r t i s e m e n t

Menariknya lagi,  rata-rata pencari rumah dijual di Bogor didominasi oleh mereka yang berusia produktif atau pembeli rumah pertama yakni dikisaran umur 25-32 tahun (64,29%), 18-25 tahun (21,43%) dan di atas umur 35 tahun (14,29%).

Mart Polman, Managing Director Lamudi.co.id mengatakan, kawasan Bogor banyak diincar calon pembeli rumah karena area ini dikelilingi oleh infrastruktur yang memadai contohnya seperti adanya  Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) dan pembangunan LRT (Light Rail Transit).

“Kawasan Bogor pun semakin diincar oleh pencari rumah, karena rata-rata harga rumah dijual di Bogor terbilang cukup murah, jika dibandingkan dengan daerah pinggiran Jakarta lainnya seperti Bekasi, Tangerang ataupun Depok,” kata Mart.

Tidak hanya itu, meningkatnya jumlah penduduk di Bogor juga bisa dijadikan indikator pertumbuhan bisnis properti di sana. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2016 lalu jumlah penduduk di Bogor mencapai 5.587.390 dan pada tahun 2017 meningkat menjadi 5.715.009 orang.

Mart juga mengatakan, banyaknya tempat wisata di Bogor juga bisa dijadikan alasan mengapa kawasan ini begitu prospektif. “Saat ini di Bogor terdapat lima zona pengembangan bisnis wisata, yaitu wisata perkotaan di kawasan Cibinong, rekreasi dan ekonomi kreatif di Gunung Putri dan Jonggol, ekowisata di daerah Nanggung hingga Palasari serta wisata pendidikan dan kebudayaan di kawasan Dramaga.

Menurut Mart, saat ini kawasan yang banyak dicari oleh pembeli rumah adalah kawasan Bogor Utara dan Tengah, makanya tak heran saat ini pergerakan harga tanah di kawasan tersebut cukup tinggi.