Proses Pemasangan Instalasi Listrik Baru oleh PLN

0
9241

Proses Pemasangan Instalasi Listrik Baru oleh PLN akhirnya dilakukan setelah menunggu selama 24 hari sejak pelunasan uang administrasi dan penandatanganan “Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik” (SJBTL).

Pada hari Rabu 19 Desember 2012 sekitar jam 10.00 Wib saya menerima telpon dari petugas PLN yang akan memasang Stand Meter baru kerumah, dalam percakapan singkat itu saya sempat menanyakan apakah ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan saat pemasangan stand meter.

Petugas tersebut menjelaskan secara singkat bahwa saat pemasangan ada pilihan tambahan untuk kontrak garansi pemasangan jaringan instalasi listrik sebesar Rp 200.000, jika kita menggunakan jasa perusahaan rekanan PLN tersebut atau kita tidak usah menggunakan fasilitas garansi tersebut dan tidak dikenakan biaya.

Jauh sebelum saya mendaftar sebagai pelanggan PLN didalam rumah memang sudah saya pasang sendiri instalasi listrik dengan berbagi arus dengan tetangga, jadi ketika stand meter dipasang tinggal menyambungkan kabel dan semua berjalan normal seperti semula.

Ketika saya sampai dirumah saya mendapat penjelasan lebih detail mengenai “garansi” tersebut dan saya memutuskan mengambil fasilitas tersebut dengan menanda tangani “Pernyataan Jaminan Instalsi Listrik” dengan pihak penjamin adalah :

  • Biro Instalatir PT. Serawai Putra
  • Nama direktur Ir. Baijan
  • Nama Penanggung Jawab Teknik Ir. Baijan
  • Nama Alamat Perusahaan Jl. P. Antasari Gg. Waru II No. 1/45 Tanjungkarang – Bandar Lampung
  • Nomor Fax/Telpon 0721 773077
  • Golongan Instalatir C (Ce)

Isi pertanggungjawabanya adalah bertanggungjawab secara penuh akibat yang mungkin terjadi setelah instalasi dialiri arus listrik, menurut penjelasan mereka jika terjadi kerusakan di jaringan instalasi listrik atau pada stand meter bisa menghubungi pihak mereka, namun alhamdulillah sampai sekarang aman saja.

Surat Peryataan Jaminan Instalasi Listrik
Surat Peryataan Jaminan Instalasi Listrik

Penandatangan dan pembayaran “Pernyataan Jaminan Instalsi Listrik” selesai, kemudian proses pemasangan dilakukan sekitar 2 jam. Dalam proses pemasangan saya memberikan tambahan 50 ribu untuk tiga orang tenaga teknik dan mereka mengucapkan terimakasih.

Stand Meter "Listrik Pintar" atau menggunakan Pulsa
Stand Meter “Listrik Pintar” atau menggunakan Pulsa yang saya gunakan Golongan Tarif “R1” daya “1300 VA”

Total pengeluaran untuk pemsangan baru Golongan Tarif “R1” batas daya “1300 VA” adalah :

  • Pembayaran administrasi Rp 999.600
  • Untuk 3 buah Materai 6000 Rp 21.000
  • Jaminan Instalsi Listrik Rp. 200.000
  • Upah tambahan   Rp. 50.000

Jumlah totalnya Rp 1.270.600

Semoga bermanfaat, dikesempatan lain saya akan mengungkap Fakta-Fakta seputar Pemasangan Listrik Baru oleh PLN.

Komentar Anda :

LEAVE A REPLY