Proses Cor Tiang Kolom Beton

24
24053

Proses Cor Tiang Kolom Beton dapat kita lakukan secara bertahap, hal ini akan menghemat papan cor sebagai cetakan tiang kolom beton. Dalam kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi seputar Proses Cor Tiang Kolom Beton yang telah selesai dikerjakan oleh tukang. Mengapa saya memilih melakukan Proses Cor Tiang Kolom Beton dalam membangun rumah, itu didasari alasan yang sangat sederhana yaitu keamanan dan kenyamanan terlepas dari pelaksanaan yang tidak sesederhana alasannya.

Membangun rumah lantai 2 mempunyai beberapa cara untuk membuat tiang kolom beton, ada yang dicor secara bertahap dilakukan secara bersamaan ketika pemasangan batu bata, ketika ketinggian pasangan bata sekitar 1 m – 1,5 m maka tiang kolom beton baru di isi dengan adukan coran. Hal ini tentunya dilandasi alasan calon pemilik rumah masing-masing.

Tahapan Proses Cor Tiang Kolom Beton tentunya dapat dilaksanakan ketika papan cor cetakan tiang kolom telah selesai dipasang dan bahan material bangunan telah tersedia. Apa saja bahan material yang dibutuhkan? tidak jauh berbeda dengan proses pengecoran pekerjaan lainnya yaitu, semen, pasir, batu split dan alat perlengkapannya. Namun, yang sedikit berbeda adalah penyedian kayu sebagai penyanggah atau pun sebagai steger atau pijakan pekerja saat menuangkan adukan cor harus tersedia lebih. Kayu itu dalam bentuk kasau dan juga papan.

Proses Cor Tiang Kolom Beton lebih cepat dibandingkan proses pemasangan cetakan papan cor tiang kolom beton. Dan waktu berapa lama minimal Proses Cor Tiang Kolom Beton dapat dibuka dari cetakan diperkirakan antar 2 sampai 3 hari, jika cuaca panas terik matahari cukup 2 hari sudah berani dibuka, tetapi jika cuaca mendung bahkan hujan minimal 3 hari baru cetakan bisa dibuka.

Komposisi adukan dalam Proses Cor Tiang Kolom Beton tetap 1:2:3 ( 1 Semen, 2 Batu Split dan 3 Pasir). Untuk hasil yang maksimal bahan material seperti pasir, batu split dan air harus terbebas dari lumpur supaya daya ikat semen kuat. Kemudian gunakanlah pasir yang kasar atau paling kasar karena daya ikatnya akan lebih kuat dan cepat kering. Pengalaman saya menggunakan pasir yang rada lembut saat proses pengecoran sloof pondasi, hasilnya kurang maksimal yakni lama keringnya dan mudah rontok jika terkena benturan keras.

Sebelum Proses Cor Tiang Kolom Beton dilakukan pastikan kembali ikatan cetakan papan cor tiang beton kuat dan tidak akan berubah saat diisi dengan adukan coran yang berat, jika terjadi perubahan karena ikatan tidak kuat menahan beban material coran maka hasil tiang kolom coran akan mengembung menyesuaikan cetakan nya.
Inilah dokumentasi Proses Cor Tiang Kolom Beton Rumah Minimalis lantai 2 :

Proses Cor Tiang Kolom Beton
Proses Cor Tiang Kolom Beton

Proses Cor Tiang Kolom Beton

Proses Cor Tiang Kolom Beton
Proses Cor Tiang Kolom Beton menggunakan steger sebagai pijakan pengecoran
Proses Cor Tiang Kolom Beton
Proses Cor Tiang Kolom Beton dengan pengikat utama memakai kasau.
Proses Cor Tiang Kolom Beton
Proses Cor Tiang Kolom Beton setelah 3 hari dapat dibuka cetakan papan cor nya.

Itulah beberapa informasi tentang Proses Cor Tiang Kolom Beton yang dapat saya tulis kali ini, artikel lainya akan saya tulis ketika pekerjaan itu sudah selesai, semoga bermanfaat.

Komentar Anda :

24 COMMENTS

  1. Dear pak Satriamadangkara,
    Sedikit masukan untuk bpk, mungkin bisa bermanfaat.
    Seperti yg kita sama2 tahu, tiang2 kolom beton adalah
    sebagai titik2 kekuatan utama, sebagai komponen vital untuk menopang beban yg ada di atasnya.

    Rancangan pipa pralon masuk kedalam cor tiang kolom beton mungkin perlu ditinjau lagi.
    Karena masih ada alternatif lain, yaitu pipa pralon
    dimasukkan ke dalam dinding tembok.

    Tanpa harus “mengganggu” (mengurangi) kekuatan tiang kolom beton (dgn adanya rongga pipa pralon di dalamnya).

    Salam
    anto
    (pehobby bangunan)

    • benar, saya sependapat dengan Mas Anto, kolom sebagai rangka utama dalam bangunan memiliki kebutuhan luas penampang yang ditentukan oleh jenis struktur dan beban yg akan diterimanya / disalurkannya ke pondasi. Oleh karena itu dengan adanya pipa pvc dalam penampang kolom maka jekas akan mengurangi kebutuhan luas penampang beton yang dibutuhkan. KOndisi yg terjadi dikuatirkan kolom sebagai penerima beban vertikal menjadi tidak mampu berfungsi maksimal. Sehingga saat beban berlebih akan membahayakan keamanan struktur bangunan. Demikian setahu kami, Insyaallah bermanfaat.

  2. Tanya pak untuk beli bahan material seperti pasir kasar 1 truk Rp 600.000 dan beli kayu randu untuk papan cor kalau boleh tahu dimana belinya atau barangkali punya N o. Hp yang dapat dihubungi bisa tolong shere ya

  3. maf mas mau tanya nih…
    rumah saya yang lokasinya di dapurakan saya tingkat dengan coran atau dengan papan, tapi yang jd masalahnya tiang pondasinya menggunakan besi ukuran 8 inc dan 6 inc(dicampur) ada yg bilang di suntik aja, tapi saya belum paham maksudnya, apa harus ditambah lg besi 8 inc diikatkan pada besi pondasi sebelumnya atau buat pondasi baru lg . mohon penjelasannya.
    terima kasih

    • Maksud dari menyuntik tiang beton adalah, menambah besinya dan mengaitkan ke besi tiang sebelumnya kemudian dicor kembali, konsultasi dengan tukang yang akan mengerjakan mereka lebih paham cara kerjanya dengan melihat langsung situasinya.

      • Dear Mas Satria,
        Saya memiliki problem yang sama dengan mas Elyas untuk membangun 2 lantai, selain ukuran besi tiang yang kecil saya juga dibingungkan dengan cakar ayamnya? (apakah pondasi juga harus disuntik dengan besi yang lebih besar ataukah tetap menggunakan yang ada).

        Selain itu, mohon pencerahannya bagaimana sistem suntik tiang bila sudah ada 3 tembok yang harus ditopang?(apakah harus dibobok seluruh tembok yang ada atau bagaimana?)

  4. salam..
    Pak sy mau nanya?
    Untuk komposisi beton ,terdiri semen,pasir krikil,naman yang sy belum tau takaran/perbandinganya antara bahan yg 3 dia atas,berapa kira 2 perbandinganya,mhon jawaban.

    • Untuk campuran dalam satu kali proses masbro, jika sampeyan menggunakan ember perbandingannya 123, jadi bukan takaran untuk berapa banyak pekerjaaan dapat diselesaikan, perbandingan itu untuk satu kali proses peneyelesaian pekerjaan. Trims.

  5. Mas nanya nih, utk bentang 3,75 m berapa ukuran kolom dan balok yg pas dan besi yg d pakai ukuran berapa dan berapa jumlahnya ini utk rumah 2 tingkat minimalis, tq

    • Masbro rian, saya juga sedang membangun rumah 2 lantai desain minimalis modern, pengalaman saya membuat kamar ukuran 4 m x 6 m Kolom tiangnya menggunakan 20 cm x 30 cm dan balok gantungnya 15 cm x 30 cm. Trim’s.

  6. mau nanya pak.., klo memasang atau menambah tiang baru untuk menopang lantai atas rumah apa bisa pak.., trus bgmn caranya…, soalnya jarak antara tiang balok romah saya jauh.., takutnya kurang kuat menahan gempa…., mhon sarannya…

    • Untuk tiang tambahan pada sebuah bangunan yang sudah jadi biasanya disebut sistim suntikan, anda terpaksa harus membobok atau membogkar dinding sampai pondasinya kemudian pasang besi tulangan nya kemudian anda cor kembali, ingat untuk stek yang menempel pada lantai atas kekiri dan kekanan minimal 1 meter, lebih rincinya anda bisa konsultasikan dengan tukang kepercayaan anda. Trims.

  7. Mau tanya Pak.
    untuk rumah tinggal dgn ukuran 6×5.75m. rencana 2 lantai. jmlh tiang 9, dengan ukuran tiang 20x20cm menggunakan besi 4 batang dia12mm, balok 20×30 besi 6 batang dia12mm, apakah sdh standar?. Mohon petunjuknya?

  8. Salam pak,
    Masukan, terkait pengecoran kolom utama lebih dulu daripada pasang bata, seharusnya ada overstek besi d10/d8 di sisi kanan kiri kolom dengan jarak per 50 cm untuk pengunci pasangan bata dengan minimal panjang 40 cm dengan ujung di tekuk. Dikhawatirkan tidak menyatunya antara pasangan bata dengan kolom. Cara ini untuk menghindari retakan halus di pojok, dan sebagai kekuatan dinding terhadap gempa.
    Terima kasih.

  9. saya dalam proses pembangunan rumah, rencana yang mau dibuat dulu tiang kolomnya, lalu ring balok dan langsung pemasangan atap, atau pengecoraan tiang kolom bersamaan dengan pemasangan bata,.. mana yang lebih baik dan bagus kekuatannya diantara kedua proses itu, mohon infonya.

    • klo ukuran tiang rata dengan dinding lebih baik bersamaan dengan pasangan bata karena adukan akan merekat lebih kuat, namun jika ukuran tiang tebalnya lebih dari 15 cm bisa dicor tinganya dulu…itu seperti bangunan rumah saya. Namun untuk ring balok sebaiknya dinding bata sudah dipasang karena itu fungsinya sebagai pengikat dan pembagi rata beban bangunan atap…. semoga membantu.

LEAVE A REPLY