Di Tulis Oleh Harno, S.I.Kom. Selasa, 10 April, 2012

Proses Cor Sloof Pondasi Rumah merupakan proses tahapan selanjutnya setelah Papan Cor cetakan sloof telah selesai dipasang. Pada artikel ini saya akan berbagi pengalaman dan informasi seputar Proses Cor Sloof Pondasi Rumah. Hal – hal apa saja yang perlu disiapkan berupa material bangunan dan juga perkiraan biaya yang kita perlukan untuk menyelesaikan Proses Cor Sloof Pondasi Rumah berdasarkan volume pekerjaan.

Persiapan pertama dalam Proses Cor Sloof Pondasi Rumah adalah menyiapkan material pokok antara lain, semen, pasir, batu split, air dan ember cor. Untuk peralatan perlengkapan yang dibutuhkan dalam Proses Cor Sloof Pondasi Rumah tidak terlalu khusus hanya berupa alat biasa yang sering dipakai oleh tukang.

Jangan lupa mengecek kembali gambar desain rumah sebelum Proses Cor Sloof Pondasi Rumah dimulai, karena hal-hal sepele namun penting jika terlewatkan akan menambah pekerjaan dikemudian hari. Sebagai contoh pemasangan paralon atau pipa sebagai alat sanitasi atau sirkulasi air bersih maupun air kotor pada beberapa aksesoris rumah seperti wastafel atau alat penting lainya harus benar-benar menjadi perhatian.

Proses Cor Sloof Pondasi Rumah secara praktek tukang lebih mengetahuinya, karena disini saya hanya berbagi pengalaman sebagai calon pemilik rumah yang pelaksanaan pekerjaan Proses Cor Sloof Pondasi Rumah diserahkan pada ahlinya, tugas kita hanyalah menjaga komunikasi dengan para pekerja agar lebih dini mengetahui apa kebutuhan mereka dan menyampaikan dengan detail apa keinginan kita.

Untuk dapat menghitung atau memperkirakan berapa biaya yang kita butuhkan dalam Proses Cor Sloof Pondasi Rumah, kita harus mengetahui volume sloof yang kita buat. Sebagai ilustrasi jika kita akan membuat sloof dengan ukuran lebar 15 cm, tinggi 20 cm dan panjang 50 m cara menghitungnya :

- Cari tahu Volume pekerjaan : 15 x 20 x 5000 = 1500000 – -> 1,5 m3
– Didalam 1,5 m3 ada bahan material semen, pasir, batu split dengan perbandingan 1 : 2 : 3 belum lagi ada besi tulangan didalamnya, artinya total volumenya kurang dari 1,5 m3.

Nah, jadi berapa sebenarnya detail biaya dalam Proses Cor Sloof Pondasi Rumah, saya tidak bisa menjawab dengan pasti karena ilmu saya bukan ilmu sipil murni, perhitungan saya hanya perhitungan perkiraan kasar orang awam, dimana dalam Proses Cor Sloof Pondasi Rumah atau proses pengerjaan membangun rumah antara pekrjaan satu dengan lainya saling berkaitan dan ber ulang-ulang. Proses pengecoran beton bertulang sendiri jika kita ingin membangun rumah lantai dua akan kita lalui sejak proses pemasangan pondasi cakar ayam, sloof pondasi, tiang kolom dan kolom praktis, ring balk hingga dak lantai beton.

Artinya, jika kita membeli bahan material bangunan kita harus mempertimbangkan efesiensi dan secara global atau keseluruhan kebutuhan bahan material yang kita butuhkan, sehingga kita mendapatkan harga yang bagus. Sebagai contoh diatas, kebutuhan material bangunan batu split kurang dari 1 m3, apakah kita harus membeli hanya  1m3 padahal pekerjaan cor beton masih banyak? dan apa bedanya bila kita membeli kubikasi dengan sistem rit atau mobilan.

Berdasarkan pengalaman saya, jika kita membeli kubikasi dengan kwalitas batu split yang sama per kubik harganya Rp. 300.000 sedangkan jika kita membeli satu mobil dengan isi lebih dari 4 m3 atau mendekati 5 m3 hanya kisaran Rp. 800.000 – 1.200.000, pintar-pintar saja kita menawar harga.

Tips diatas hanya berlaku untuk bahan material seperti pasir, batu split tidak berlaku untuk bahan material lain, seperti semen, besi, kayu dan lainnya.

Dokumentasi Proses Cor Sloof Pondasi Rumah :

A d v e r t i s e m e n t s




Proses Cor Sloof Pondasi Rumah



Proses Cor Sloof Pondasi Rumah



Proses Cor Sloof Pondasi Rumah



Proses Cor Sloof Pondasi Rumah pada sudut dipasang siku penahan



Proses Cor Sloof Pondasi Rumah



Proses Cor Sloof Pondasi Rumah, diatas coran juga dipasang papan kecil penahan.

Ini hanya sekelumit pengalaman Proses Cor Sloof Pondasi Rumah yang dapat saya tuliskan, jika ada pertanyaan dengan senang hati kita bisa diskusikan.

A d v e r t i s e m e n t s



Search Engine Keyword:

BAHAN PONDASI RUMAH, rumah minimalis lantai 2, pondasi cor, pondasi untuk rumah tingkat, cor pondasi

18 Tanggapan Pada Artikel Ini.

  1. arya mengatakan:

    untuk ukuran 5×15 brapa titik pondasi cakar ayam yg di tentukan, bangunan 3lantai, lantai dasar buat toko, tnks

  2. batari mengatakan:

    mohon bantuannya untuk menghitung jumlah
    bahan bangunan rumah ukuran 7 x 9 minimalis
    1 tingkat.

    terima kasih

  3. tuti meilani mengatakan:

    kalau mau bangun ditanah yg luasny 6x11m perlu berapa titik cakar ayam karena atap saya mau di dak cor.apakah bahaya bila tanah kavlingan nya bekas kubangan air.apakah akan amblas tanahnya?

    • NewsMaker mengatakan:

      Untu Ukuran bangunan 6 x 11 meter minimal harus ada 8 Titik pondasi cara ayam, untuk tanah yang labil galian pondasi cakar ayamnya harus sampai tanah yang keras atau dasar. Trims

  4. jm mengatakan:

    mas yang baik hati, terima kasih atas tulisannya yang sangat bermanfaat bagi orang awam yang bukan ahli dalam membangun.
    saya bermaksud membangun kontrakan kecil dengan ukuran panjang 8,25 m lebar 3.5 m.
    panjang 8,25 m akan dibangun teras 1 m, ruang tamu 2,75 m, kmr tidur 3 m, dan utk kmr mandi 1,5 x 1,5 m.
    yang jadi pertanyaan berapa tiang besi cor yang harus saya buat untuk menyangga pasangan batako ?
    terima kasih. mhn jawabannya ke email ya mas.

    • NewsMaker mengatakan:

      Mungkin yang bapak maksud adalah kolom praktis penyangga dinding, kolom praktis adalah tiang bagi bagunan 1 lantai dan juga pengikat antar dinding. Kolom praktis letaknya pada setiap sudut bangunan dan juga pada bentangan dinding maksimal setiap 4 m, jadi jika ada dinding panjangnya lebih dari 4 m maka ditengah tengahnya harus ada kolom praktis.

      Kolom Praktis adalah besi cor beton seperti kolom tiang cuman bentuk nya lebih kecil selebar pasangan bata, bisa berisi besi 4-6 batang ukuran minimal 8 mm.

  5. setiawan mengatakan:

    Berapa kedalaman pondasi untuk rumah dua lantai bro?

    • NewsMaker mengatakan:

      Tergantung Kondisi tanah masbro, intinya penggalian harus sampai pada lapisan tanah keras. Trims

      • setiawan mengatakan:

        Kalo jenis tanah nya tanah merah, gimana bro?
        Lapisan keras? maksudnya?

        • NewsMaker mengatakan:

          Jenis tanah merah ya gpp, yang penting pondasi harus tertanam dalam tanah minimal 40 cm, lapisan tanah keras biasanya didapat setelah mengupas lapisan tanah dasar. Jika lokasi bangunan di tanah timbunan maka harus mengupas tanah timbunan terlebih dahulu samapi mendapatkan tanah dasar.

  6. dandy mengatakan:

    pak, tlg diberi pencerahan…kalau sy mau buat tingkat 2 (struktur msh utk 1 lantai) luas 3 x 10 m:
    1. brp titik pondasi cakar ayam, kolom dan sloof yg diperlukan.
    2. Struktur cor yg menempel diatas pondasi apa perlu diberi cor beton perkuatan, krn rmh lama hanya utk struktur 1 lt.
    Terima kasih pak

    • NewsMaker mengatakan:

      Oke terimakasih, akan coba saya bantu :
      1. Titik pondasi cakar ayam minimal 6 titik.
      2. Disetiap titik pondasi harus diberi kolom tiang cor minimal 20 cm x 20 cm, diding yang sudah terpasang harus di bobok..untuk tiang tersebut.

      Terimakasih.

  7. jm mengatakan:

    senang sekali baca artikel2 yang anda tulis. coba sekalian semua artikel yang ada tidak hanya menampilkan gambar2 atau photo2 saja, tapi sekalian semuanya dengan video, ini tentunya akan lebih menarik lagi dan bagi pembacara akan sangat bermanfaat. selamat berkarya terus tanpa bosan2nya, salam

  8. jm mengatakan:

    sekalian dong mas, saya berencana membangun sebuah kontrakan kecil dengan ukuran 3.5 X 8 M, kira2 gimana bentuknya dan alangkah senangnya hati ini bilamana masnya juga bisa membuat oretan2 kecil seadanya agar saya bisa mencontohnya. terima kasih

  9. Abdullah Hasan mengatakan:

    Selamat siang gan
    Kebetulan sebentar lagi rumah saya akan dibangun,namun dalam proses pembangunanya hanya menggunakan sloof saja tanpa menggunakan pondasi batu kali dengan tulang/besi behel ukuran 10 mm dan pemasangan tapak untuk setiap sudutnya.yang jadi pertanyaan saya adalah :
    1. apakah dengan kondisi diatas memiliki pengaruh terhadap bangunan ??
    2. Apakah bangunan dapat di ijinkan untuk di bangun 2 lantai??

    Terima kasih

    • NewsMaker mengatakan:

      Siang Juga masbro Hasan, membangun rumah memang unik karena banyak fator yang mempengaruhinya, sesuatu komponen bangunan bisa dihilangkan diganti dengan yang lainnya itu hal yang biasa asal penggantinya sesuai atau setara dengan komponen bangunan yang dihilangkan.

      Kasus anda apakah hal itu akan berpengaruh adalah jika pengganti komponen bangunan tersebut tidak setara atau sama dengan bangunan yang dihilangkan, dalam hal pembuatan suatu komponen bangunan disini adalah pondasi rumah menghilangkan pondasi batu kali sebagai penyangga bangunan dengan sloof, nah yang saya ndak tau berapa uuran soof yang digunakan sekarang?

Terimakasih Atas Kunjungan Anda, Jika ada pertanyaan dengan senang hati saya akan Menjawabnya.


Pengalaman Hidup lainnya

Proses membuat Kerangka Besi...

Posted on Mei - 22 - 2013

7 Comments

Spesifikasi dan Harga Samsung...

Posted on Apr - 8 - 2013

2 Comments

Kandang Ayam Indukan untuk...

Posted on Mar - 10 - 2014

0 Comment

Hal – Hal Yang...

Posted on Jul - 29 - 2011

22 Comments

A d v e r t i s e m e n t s

Silahkan masukan email anda dan aktifkan, untuk mendapatkan info terbaru via email:

Konsep Kandang Kambing...

Posted on Okt - 31 - 2014

0 Comment

Harga Kabel Rol atau...

Posted on Okt - 29 - 2014

0 Comment

Harga Tinta Printer Warna...

Posted on Okt - 29 - 2014

0 Comment

Cara Membuat Kue Bolu...

Posted on Okt - 27 - 2014

0 Comment

Spesifikasi dan Gambar HP...

Posted on Agu - 30 - 2012

0 Comment

Koneksi Paket Internetan AhA

Posted on Nov - 27 - 2011

2 Comments

Daftar Harga Tablet PC...

Posted on Des - 17 - 2011

34 Comments

Tata Cara Berkurban Hewan...

Posted on Okt - 22 - 2011

2 Comments

Motor Yamaha Byson Warna...

Posted on Jun - 21 - 2012

0 Comment