Di Tulis Oleh Harno, S.I.Kom. Jumat, 3 Agustus, 2012

Perawatan Pohon Karet Umur Satu Bulan Tanam. Setelah pada artikel sebelumnya saya menceritakan pengalaman proses menanam bibit karet, pada kesempatan ini tepatnya setelah satu bulan penanaman saya melakukan perawatan yang pertama kalinya. Mengingat proses penanaman yang sangat cepat dan kondisi lahan sejak penanaman sudah saya perkirakan, bahwa setelah satu bulan penanaman langkah yang harus saya lakukan adalah proses pembersihan lahan di sekitar batang pohon karet minimal radius 1 meter mengelilingi pohon karet. Bukan hanya membersihkan di sekitar batang pohon karet saja, tetapi wajib membabat habis semua jenis semak belukar minimal rata dengan tanah. Saya hanya mempunyai waktu dua hari harus selesai, saya harus mencari minimal 5 pekerja setiap harinya dengan peralatan parang atau golok dan cangkul. Adapun tugas 3 orang pekerja membersihkan sekitar pohon karet dengan menggunakan cangkul, sekali berjalan mereka membersihkan 3 barisan pohon karet. Kemudian tugas 2 orang lainnya bekerja menggunakan golok atau parang membersihkan semak belukar di setiap gang barisan pohon karet.

Perjalanan hari pertama Perawatan Pohon Karet Umur Satu Bulan Tanam.

A d v e r t i s e m e n t s


Pada pagi yang cukup cerah saya mengajak ketiga saudaraku semuanya adalah adik dengan mengendarai sepeda motor, saya menggunakan motor bebek suzuki smash dan adikku mengendarai motor bebek honda kharisma, jika hujan turun bisa dipastikan kedua  kendaraan tersebut tidak dapat digunakan. Perjalanan hari pertama sungguh apes karena kurang keseimbangan akhirnya saya jatuh terjerembab di lubang saat di tanjakan yang penuh dengan batuan yang besar. Untung saya tidak terluka parah hanya bagian lutut rada memar karena benturan dengan batu serta kaca depan motor retak tidak sampai pecah, tetapi bawaan bekal kami karena ada sayur berkuah nya jadi tumpah menyiram celana. Semua ini adalah kenangan yang tidak dapat kami lupakan, suatu saat jika kami sukses rasanya ingin membeli kendaraan roda empat yaitu ATP untuk kegiatan sekaligus refreshing.

Hari pertama di lokasi Perawatan Pohon Karet Umur Satu Bulan Tanam yang kami lakukan seperti rencana awal, kami bertiga : saya (sarjana), adik pertama (mahasiswa), adik kedua (pelajar sma) membantu membabat semak belukar, sedangkan adikku yang ketiga (siswa smp) bertugas mengantarkan minuman dingin (Es + Suplemen roso-roso) kepada setiap pekerja yang memanggilnya. Ketika siang hari tiba, setelah makan siang kami beristirahat dan tidak lupa menunaikan kewajiban seorang muslim, walaupun berada di gunung dan  dalam kondisi yang tidak nyaman tetapi kami telah persiapkan sebelumnya. Sore hari tiba dengan cepat dan melihat hasil kerja sore ini dapat di prediksi jika ditambah 2 orang pekerja lagi diharapkan besok bisa selesai, akhirnya kami pulang dengan membawa oleh-oleh untuk ternak kambing di rumah rumput khas gunung dempo.

Dokumentasi Perawatan Pohon Karet :


Perawatan Pohon Karet, Apes saat berangkat hari pertama


Perawatan Pohon Karet, Apes saat berangkat hari pertama


Perawatan Pohon Karet, Sebelum dilakukan pembersihan pohon karet diselimuti oleh rumput


Perawatan Pohon Karet, Sebelum dilakukan pembersihan pohon karet diselimuti oleh rumput


Perawatan Pohon Karet, Pekerja sedang membersihkan disekeliling pohon karet dengan Cangkul


Perawatan Pohon Karet, Pekerja sedang membersihkan disekeliling pohon karet dengan Cangkul


Perawatan Pohon Karet, Saya dan kedua adik saya sedang membantu membersihkan dengan semak belukar dengan menggunakan sabit dan golok.


Perawatan Pohon Karet, Saya dan kedua adik saya sedang membantu membersihkan dengan semak belukar dengan menggunakan sabit dan golok.

Perjalanan hari kedua Perawatan Pohon Karet Umur Satu Bulan Tanam.

Hari kedua diawali dengan aksi senyuman pekerja tambahan (kang samat) kami menyebutnya, beliau orang yang ramah dan santun dialah orang yang membantu bapak saya menanam kakao ketika saya masih SD dan kemaren juga yang membantu bapak saya menanam karet yang akan menggantikan tanaman kakao nya. Kegiatan hari kedua sama seperti hari pertama dan berjalan sesuai rencana. Ada beberapa usul dari para pekerja yang sudah berpengalaman tentang merawat pohon karet yang baru berumur satu bulan, setelah dibabat sebainya di semprot atau diobat rumputnya supaya rumput tidak cepat tumbuh. Usul mereka saya dengarkan tetapi tidak saya lakukan, karena pertimbangan saya ingin sedikit mungkin menggunakan rancun sehingga tidak mencemari tanah dan membunuh cacing-cacing yang membantu menyuburkan tanah. Resikonya adalah kita melawan rumput secara manual, yaitu dengan cara dicangkul atau dibabat.


Akhirnya setelah bekerja dua hari proses pemeliharaan pohon karet bulan pertama selesai.


Akhirnya setelah bekerja dua hari proses pemeliharaan pohon karet bulan pertama selesai.

Itulah sekelumit cerita Perawatan Pohon Karet Umur Satu Bulan Tanam, mungkin kawan-kawan mempunyai cara atau metode berbeda saat merawat pohon karet nya yang masih muda, jika pengalaman kawan-kawan dituliskan hal ini akan sangat membantu menjadi referensi dan informasi bagi kawan-kawan lain yang ingin berinvestasi di kebun karet, semoga bermanfaat.

A d v e r t i s e m e n t s



Search Engine Keyword:

perawatan tanaman karet, pohon karet, PERAWATAN KARET, cara menanam pohon karet, Cara merawat pohon karet

7 Tanggapan Pada Artikel Ini.

  1. risal mengatakan:

    pertama makasi
    saya mau tanyapa bagai mana kalau membersihkan rumput dengan cara menyemprotnya dengan racun apa tidak berpengaruh dengan tanaman yang berumur masih cukup muda.

    • NewsMaker mengatakan:

      Memang sebaiknya secara alami masbro, yakni di cangkul…karena akan mempertahakan kesuburan tanah…cacing dan jenis serangga lainya tetep aman, klo mau efektif ya di semprot namun tidak dianjurkan ..:)

  2. CV Erlima Brothers mengatakan:

    Sorax

    Sadap Latex Stimulant

    Bahan aktif : Ethepon 40%
    No. Pendaftaran : RI. 3373/12-2008/T

    Satu Botol Isi Bersih 250 ml Rp 75.000,-
    Sorax 480 SL adalah formulasi yang istimewa yang dapat meningkatkan produksi getah latex

  3. abdul mengatakan:

    bang,, saya punya lahan yg baru saja d tumbang.
    low mau nanam, harusnya pohon yg hbs d tumbang d brsh dulu atau bsa langsung d tanam…
    low langsung d tanam gmna,, ada pengaruhnya g’ sma prtumbuhan pohon aret yg baru d tanam…
    sebab pohon yg sudah dtumbang saya rasa bs jd pupu’ low udah rapuh,,
    trms jawabannya

  4. Aken Sitorus mengatakan:

    Saya tanam karet dikebun sawit yg sdh tua, rencana saya kalau sdh karet umur 2 tahun sawitnya saya rombak, tapi saya perhatikan karetnya byk yg mati, bgm ini?

Terimakasih Atas Kunjungan Anda, Jika ada pertanyaan dengan senang hati saya akan Menjawabnya.


Pengalaman Hidup lainnya

Harga Motor Bekas atau...

Posted on Agu - 2 - 2011

1 Comment

Model Pemasangan Glass Block...

Posted on Nov - 12 - 2012

1 Comment

Harga Glass Block Made...

Posted on Agu - 11 - 2012

4 Comments

Harga dan Gambar Samsung...

Posted on Mar - 23 - 2013

0 Comment

A d v e r t i s e m e n t s

Silahkan masukan email anda dan aktifkan, untuk mendapatkan info terbaru via email:

Konsep Kandang Kambing...

Posted on Okt - 31 - 2014

0 Comment

Harga Kabel Rol atau...

Posted on Okt - 29 - 2014

0 Comment

Harga Tinta Printer Warna...

Posted on Okt - 29 - 2014

0 Comment

Cara Membuat Kue Bolu...

Posted on Okt - 27 - 2014

0 Comment

Prospek Usaha Warung Makan...

Posted on Jun - 19 - 2014

0 Comment

Harga Motor Yamaha Vixion...

Posted on Jan - 17 - 2012

3 Comments

Umur Cabai Rawit dalam...

Posted on Jul - 17 - 2013

0 Comment

Pengalaman Pasang Fairing ...

Posted on Feb - 25 - 2014

0 Comment