Add Google Plus
Di Tulis Oleh Harno, S.I.Kom. Senin, 17 Oktober, 2011

Cara Budidaya Cabai Rawit dalam Polybag atau Pot tidaklah susah, sama seperti kita memelihara tanaman lainnya. Cara Budidaya Cabai Rawit dalam Polybag atau Pot tidak ubahnya seperti kita menanam bunga, dari memilih benih atau bibit bunga, kemudian menyiapkan media tanamnya yaitu wadah plastik (polybag) atau pot dan tanahnya yang dicampur pupuk organik atau pupuk kandang. serta menanam bibit bunga dan merawatnya hingga menghasilkan bunga yang diinginkan. Ikuti Cara Budidaya Cabai Rawit dalam Polybag atau Pot yang saya lakukan yang sebelumnya belum pernah menanam cabai rawit tetapi sekarang cabai rawit itu telah berbuah sempurna.

Cara Budidaya Cabai Rawit dalam Polybag atau Pot yang saya terapkan berawal dari sebuah riset sederhana, di mana ketika kita hidup di perkotaan atau hidup di perumahan yang lahan nya sempit dan terbatas kita bisa melihat berbagai tumbuhan baik tanaman bunga atau tanaman buah jarang sekali diserang penyakit.  Hal ini berbalik 180 derajat ketika saya pulang kampung di mana tanaman apa pun jenisnya pasti akan diserang penyakit, seperti pohon mangga yang tumbuh di samping rumahku di kampung batangnya tidak pernah normal karena diserang hama penggerek batang namanya, jadi batangnya atau dahannya selalu patah dan lama-lama pohonnya kan mati. Kemudian saya memilih tanaman cabai rawit karena buah yang satu ini tidak akan terlepas dari kehidupan manusia, dan harganya kadang-kadang  menjadi isue yang hot sesuai dengan rasanya, intinya tumbuhan ini vital bagi kehidupan saya dan para pencinta gorengan.

Cara Budidaya Cabai Rawit dalam Polybag atau Pot saya lakukan dalam beberapa tahapan :

  1. Saya membaca beberapa referensi dari internet dan juga melihat video berbagai teknik atau Cara Budidaya Cabai Rawit dalam Polybag atau Pot di youtube.
  2. Membeli benih ditoko pertanian, jika kita awam jangan sungkan-sungkan bertanya atau berkonsultasi dengan pemilik kios penjual alat , obat dan benih-benih pertanian, cari benih yang unggul.
  3. Sambil membeli benih kita juga bisa membeli alat-alat yang kita butuhkan seperti plastik polybag untuk penyemaian benih dan penanaman cabai rawit, pupuk anorganik, alat penyemprot hama dan juga obatnya.
  4. Menyemai benih cabai rawit dengan menggunakan polybag yang kecil.
  5. Sambil menunggu bibit cabai rawit berumur sekitar 3 – 6 minggu kita menyiapkan tempat penanaman dalam polybag besar.
  6. Setelah bibit cabai rawit siap tanam, maka kita pasang sanitasi atau cara pengairan menggunakan pipa dan selang yang terhubung dengan bak penampungan air.
  7. Masa perawatan adalah masa yang sangat menyenangkan dan membosankan, karena kita harus rajin menyirami dan juga memberantas hama yang menyerang.
  8. Perawatan Cara Budidaya Cabai Rawit dalam Polybag atau Pot dengan proses yang baik akan menghasilkan panen yang maksimal.


panen_cabai_rawit_perdana3



Cara Budidaya Cabai Rawit dalam Polybag atau Pot

Cara Budidaya Cabai Rawit dalam Polybag atau Pot bisa anda coba, jika anda mau berhenti membeli cabai yang harganya kadang menguras kantong.

A d v e r t i s e m e n t s



Search Engine Keyword:

cara menanam cabe, menanam cabe, cara menanam cabai, cara menanam cabe di pot, cara menanam cabai rawit

78 Tanggapan Pada Artikel Ini.

  1. Istana Benih mengatakan:

    Informasi ini sangat bermanfaat. Tidak perlu menunggu punya lahan luas untuk budidaya cabai.

    Bagi yang berminat mencoba budidaya cabai super pedas hasil pemuliaan IPB, silahkan mampir ke tempat saya, istana benih dot com. Terimakasih.

  2. Roy Saragi mengatakan:

    Horas… salam sejahtera bagi kita, saya mau memulai usaha pertanian khususnya cabe, di atas tanah seluas 2 sd 3 rantai. yang mau saya tanya, berapa banyak bibit cabe yang dibutuhkan untuk tanah yang seluas itu. urutan kegiatan nya apa saja yang akan saya lakukan? sampai panen.

    • NewsMaker mengatakan:

      Terimakasih saya ucapkan atas kunjungan mas Roy, saya akan jawab satu per satu pertanyaan saudara, tanah 2-3 rantai lumayan cukup luas untuk budidaya cabai, nah berkaitan dengan berapa benih atau bibit yang diperlukan tergantung pola tanam yang akan dipakai. Sebagai contoh anda menggunakan polybag dengan ditanam langsung dengan cara menggunakan plastik mulsa tentunya akan berbeda, yang membedakan adalah formasi jarak tanam. Untuk 2-3 rantai luas tanah saya kira 4 bungkus bibit cabai rawit dengan haraga kisaran 15 – 20 ribu sudah lebih dari cukup.

      Urutan kegiatannya adalah :
      1. Menyemai bibit cabainya, memakan waktu kurang lebih 1 bulan.
      2. Menyiapkan lokasi penanaman.
      3. Menanam benih cabai.
      4. Merawat, meliputi peyiraman, pemupukan dan memberantas hama penyakit biasanya jenis semut dan lainya.
      5. Memanen setelah 2 bulan ditanam.

      Itu saja yang bisa saya bagi informasinya, kalau ada pertanyaan lain insyaalloh akan saya bantu, trims…Jaya Petani Indonesia.

  3. Davitpurbo mengatakan:

    Mau tanya nih, sebelum di tanam tanah di campur pupuk kandang gag? Kalau iya nyampurnya asal2.an gag? Terus untuk cara nanamnya asal2an juga?

    • NewsMaker mengatakan:

      Menanam apa pun ndak boleh asal2lan kalau kita menginginkan hasil yang bagus, media tanam harus dicampur pupuk kandang porsi perbandingannya bisa 1:3 – 1:5 (Yang banyak adalah tanah).

  4. viruz7 mengatakan:

    wah termakasih nich atas infonya ,,
    jadi tau gmn cara nanam cabe,,
    tp untuk penyiramannya apa harus tiap hari atau gmn ya?

  5. nicho mengatakan:

    dasar bohong

  6. abu aisyah mengatakan:

    trims atas ilmunya, dan lebih detail lebih baik

  7. Elzan mengatakan:

    pas bener… lagi pengen nanam cabe di dpn rumah nih

  8. syukur halawa mengatakan:

    Yaahowu !
    Thx atas banyak infox mas,
    Kebetulan saya dan teman saya ingin bertanam cabe, lahanx sekitar 200 x 50 meter . Hanya saja, bukan di polibag. Saya mau tanam di tanah saja. Pegunungan/dataran tinggi . Saya mau tanya , kira2 bentuk penanamanx jarak berapa meter mas. Juga obat apa yg ditabur diatas tanahx supaya bibitx nanti tdk dimakan wereng atau semut. Saya sudah membersihkan lahanx. Skg lg menggemburkanx. Thx y mas.

    Yaahowu

  9. anna mengatakan:

    Sy pny tnmn cabe rawit merh tumbuh sndiri.sy siram pakai air bekas cuci ikan atw.ayam daging dll.apaitu bagus bwt pertmbuhanya? mohon jwbn.thx

    • NewsMaker mengatakan:

      Itu adalah kebiasaan yang kita lihat dan informasi yang kita dapat dari orang tua turun temurun…air bekas cuci ikan secara logika bukanlah pupuk instan yang siap diserap tanaman, tetapi didalam kandungan airnya memang ada daging mungkin atau darah dari hewan tersebut, yang akan terurai setelah beberapa hari sehingga menjadi pupuk untuk tanaman tersebut. Trims.

  10. ucok mengatakan:

    pengen iseng nanam cabe rawit, bisa ga qt nanam biji dr cbe rawit yg yg qt bli d warung? Tq

  11. rijal mengatakan:

    bila ditanam di polybag terus, apa ada resikonya… jawabannya saya tunggu

  12. FAEDAH JAYA mengatakan:

    Super sekali gan tutorialnya..
    benar sekali tu gan langkah awal sebelum melakukan budidaya cabai.

    1. memilih benih yang unggul/bagus.
    2. perawatan dan pengamatan.
    3. penyemprotan yang tepat sasaran.
    4. dan Berdo’a

    Semoga bermanfaat dan salam sukses bagi para petani indonesia.

  13. bhadog34@gmail.com mengatakan:

    Mantab gan infonya.. :)

  14. Zulkarnaini Diran mengatakan:

    Saya suka tulisan di blog ini. Saya sedang belajar bertanam cabai rawit di pot. Bantuan Anda sangat saya harapkan. terimakasih. Salam

  15. Zulkarnaini Diran mengatakan:

    Sangat membantu, minggu ini cabai rawitku segera kupindahkan ke pot. Saran yang di artikel ini sangat membantu bagi pemula sepertiku. Terrimakasih, semoga ilmu yang Anda berikan menjadi amal saleh, amin yarobbal alamin.

  16. Salamun mengatakan:

    Makasih nih. Infonya sgt bagus, krn cicok dg hobi dan minat saya.
    Selain itu saya mau tanya, boleh kan Gan? Kalo tanam di polibag berapa batang bibit cabe per kantongnya. Dan ukuranya yg kecil dan yg besar spt apa?.Trims !

    • NewsMaker mengatakan:

      Boleh saja, cuman pertimbangannya asupan makanan tumbuhan cabainya memadai tidak, polybag besar kira2 ukuran sebesar ember besar, klo yang kecil ada yang seukuran gelas dan juga yg paling kecil diameter 5 cm.

  17. maiker mengatakan:

    mau belajar tanaman

  18. yana mengatakan:

    tolong info lebih detail dong. n bagaimana meningkatkan panen agar lebih maksimal?. tks

  19. Parny bintan mengatakan:

    Sya mau nny nih brow..,ap arang bkas ban kndraan yg d’bkar itu bsa d’jdikn pupuk tnamn??krn sya prnh mlihat ad orng yg mnggunakn untk pupuk tnamn…

  20. Kang Ojan mengatakan:

    Bagaimana sebagai tanaman polibek agar menghasilkan buah yang baik……………

  21. Handoyo mengatakan:

    Wah saya udah cobain lho kemarin, 16 polybag cabe keriting, sama 16 polybag cabe rawit, tinggal menungg.. hee
    yang lain selamat mencoba juga :D

    makasih infonya mbak/om :)

  22. icha mengatakan:

    bagai mana cara pemberian pupuk kimia. .?supaya menghasilkan hasil yg bagus, brp perbandingan antara air dg pupuk ?. .

  23. mebel minimalis mengatakan:

    trmksh atas infonya gan.. sangat bermanfaat,,

  24. susriyadi mengatakan:

    mohon penjelasan setiap saya menanam cabe daunya selulu kuning lalu tunas2nya keriting apa salahnya ya,,?
    perlu diketahui saya pakai pupuk urea, dan pupuk kandang
    terimakasih

  25. angel mengatakan:

    kemarin saya coba tanam cabe rawit, tapi sampe sekarang belum berhasil. Saya pakai biji cabe rawit dan cuma ditabur saja. Apa cara ini salah?

    • NewsMaker mengatakan:

      Menurup pengalaman saya, jika kita menggunkan biji cabe rawit sendiri/bukan bibit dari toko, maka ada perlakuan khusus dahulu seperti pengeringan dll. Kalu maen tabur saja tentunya kita tidak dapat memprediksi keberhalilan sebamaian bibit kita. trims.

  26. Riki Rukmana mengatakan:

    mantab gan klo ngebayangin hasilnya kaya gambar… hehe

  27. I Nengah Dania mengatakan:

    di sriwijayatani apkh jual bbit cbai rwit, klu jual cr blinya msih biji atukh bbit btangan yg siap tnam?

  28. zidny mengatakan:

    makasih pak..

  29. Muhamad Revi mengatakan:

    artikel yang sangat mendetail, terima kasih untuk penulis

  30. roky febrianto mengatakan:

    dan bibit ya kita dpt kan dr cabai yg sudah busuk bisa kita dptkan dr itc.

  31. ralph mengatakan:

    Makasih infonya

  32. sigit mengatakan:

    pas saya lgi buat bibi cabe rawit kadang bibit yang saya tebar tidak tumbuh,itu knp?

  33. Mebel Jepara mengatakan:

    jadi mau tanam cabe depan rumah, heheh

  34. Ade Indra mengatakan:

    thanks infonya gan
    ini nih salah satu cabai yang HOT
    kalau mau nanam bibit dan tanamannya tersedia di website kami loh
    Cek TKP gan :D
    Kebun Bibit | Cabai Habanero

  35. wah bermanfaat nih gan.. terimaksih

  36. Yusuf mengatakan:

    Keren infonya bro…, makasih artikelnya, sedang ingin bertanam cabai dalam pot nih, maklum cabai lagi mahal sekarang.

  37. yoshep mengatakan:

    Salam…saya mau tanya..di tanah yg kritis, pupuk apa yg cocok untuk tanaman cabai nya…trim’s

  38. ireng mengatakan:

    wah ke jebak di sini akhirnya …

  39. terima kasih banyak atas infornya !!!

  40. anditj mengatakan:

    Terimakasih banyak infonya mas. smoga membantu masyarakat yg tertimpa dampak tinggi harga Cabai…Saya mau tanya kalo untuk 1 polybag di tanam lebih dari satu batang bisa gak.. misal 3 batang. biara buahnya bnyak dalam satu bag

    terima kasih

  41. suko mengatakan:

    salaam. terimakasih infonya. ane nanem cabe rawit dalam pot nih. sudah bunganya banyak banget tapi pada gugur, jadi rasanya sayaaang sekali. tinggal buah aja pada gugur. apa sarannya terimakasih…

  42. attha bee mengatakan:

    berapa jarak yg bagus antar polybag dan berapa ukuran diameter polybag yg bagus untuk tanaman cabe rawit yg di posisikan di samping rumah?agar tidak terlalu rapat dan rimbun serta menarik di lihat

  43. jual bibit bunga mengatakan:

    informasi yang sangat berguna

  44. jual bibit bunga mengatakan:

    Makasih gan infonya bermanfaat banget untuk kebun saya :)

  45. admin mengatakan:

    Thanks om infone.

  46. haqi mengatakan:

    normalnya pertumbuhan tunas pada pembibitan cabe di polybag berapa hari? dan ada jual bibit jagung ungu gak?

  47. Kadir Tajudin mengatakan:

    Kenapa cabai ditempat kami buahnya terbakar atau hangus

Terimakasih Atas Kunjungan Anda, Jika ada pertanyaan dengan senang hati saya akan Menjawabnya.


Fokus Kegiatan Satriamadangkara

Dalam metode pembuatan pakan hay ialah dengan cara memotong rumput yang masih muda dan belum berbunga, potonglah rumput dilapangan atau tempat lain yang jauh dari   Read More ...

Cara pengembangbiakan kelinci. Untuk Syarat tergantung dari tujuan utama pemeliharaan kelinci adalah menentukan apa yang akan menjadi hasil nya, misal untuk tujuan jenis bulu maka   Read More ...

Pemilihan lokasi kandang Kelinci. Mengawali usaha dalam mengembangkan usaha beternak kelinci harus memperhatikan lingkungan yang akan dibuat sebagai rumah atau kandangnya.Usaha sampingan beternak kelinci tidak   Read More ...

Kelinci pedaging sebagai Usaha sampingan. Hal apa sih yang menguntungkan dari beternak kelinci pedaging, dan yang seperti apa kelinci pedaging itu, padahal kan semua kelinci   Read More ...

Peluang Bisnis menjelang Penerimaan Mahasiswa Baru, apakah anda tertarik untuk mencobanya? pada kesempatan ini kami akan berbagi informasi seputar Peluang Bisnis menjelang Penerimaan Mahasiswa Baru   Read More ...

Beternak Belut atau Budidaya Belut merupakan salah satu alternatif untuk memenuhi permintaan pasar yang tinggi atas daging belut yang enak dan bergizi karena terbatasnya belut   Read More ...

Pada kesempatan ini saya akan membahas Kandang Ayam Indukan untuk Proses Pengeraman berdasarkan pengamatan prilaku dari dua indukan ayam yang saya pelihara. Jika kita memelihara ayam   Read More ...

Jika kita memutuskan untuk beternak atau memelihara unggas apa pun jenisnya, kita wajib menyiapkan tempat tinggal atau kandang senyaman mungkin bagi ternak peliharaan kita dan   Read More ...

Buah Labu Kuning mungking anda pernah mendengarnya, atau bagi pembaca yang belum ada gambaran tentang Labu Kuning pasti anda pernah mendengar istilah barat dengan “Halloween   Read More ...

Apa sebenarnya perbedaan antara Budidaya dan Pelihara kenapa saya mengambil judul artikel “Pengalaman Budidaya dan Pelihara Ayam”. Menurut saya budidaya ayam adalah suatu proses kegiatan   Read More ...

Cara Mengolah Tanah untuk Tanaman Jagung Manis sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda dengan Cara Mengolah Tanah untuk Tanaman Jagung Biasa.  Setiap produk benih jagung masis yang   Read More ...

Harga Bibit Jagung Manis Bonanza F1 dan Hibrida Jambore lumayan mahal dibandingkan dengan bibit jagung biasa atau non-manis. Seperti kita ketahui bahwa jagung manis selalu   Read More ...

Bisnis Budidaya Jagung Manis menjadi incaran saya menjelang pergantian tahun 2013 ke tahun 2014. Sekarang adalah tanggal 12 Oktober hampir mendekati pertengahan bulan, ini adalah   Read More ...

Bisnis Ayam Kampung Pedaging seperti apa bentuknya masih menjadi bayangan samar-samar memenuhi pikiran dan hayalan setiap saya merenung. Tidak tahu kenapa saya sangat tertarik ingin   Read More ...

Pengalaman Hidup lainnya

Harga dan Gambar Samsung...

Posted on Mar - 23 - 2013

0 Comment

Cara Pemberian Makan Ternak...

Posted on Jun - 14 - 2014

0 Comment

Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan...

Posted on Jul - 28 - 2011

0 Comment

Harga Motor Yamaha New...

Posted on Nov - 11 - 2011

11 Comments

A d v e r t i s e m e n t s

Silahkan masukan email anda dan aktifkan, untuk mendapatkan info terbaru via email:

Menanam Jagung Hibrida BISI-2...

Posted on Okt - 9 - 2014

0 Comment

Panen Jagung Dari Benih...

Posted on Okt - 9 - 2014

0 Comment

Cara Daftar Seleksi CPNS...

Posted on Sep - 13 - 2014

0 Comment

Gagal Permanen VS Gagal...

Posted on Agu - 5 - 2014

0 Comment

Yuk, Mulai Bisnis Baju...

Posted on Jul - 14 - 2014

0 Comment

Android Terbaru Samsung GALAXY...

Posted on Mei - 21 - 2013

0 Comment

Menyiapkan Bahan Bangunan untuk...

Posted on Agu - 17 - 2013

1 Comment

Daftar Cabang PLN Wilayah...

Posted on Apr - 6 - 2013

2 Comments

Harga Kayu Jati Olahan...

Posted on Nov - 9 - 2011

157 Comments

Fakta tentang Sumur Bor...

Posted on Okt - 6 - 2012

13 Comments