Cara Budidaya Cabai Rawit dalam Polybag atau Pot

79
27348

Cara Budidaya Cabai Rawit dalam Polybag atau Pot tidaklah susah, sama seperti kita memelihara tanaman lainnya. Cara Budidaya Cabai Rawit dalam Polybag atau Pot tidak ubahnya seperti kita menanam bunga, dari memilih benih atau bibit bunga, kemudian menyiapkan media tanamnya yaitu wadah plastik (polybag) atau pot dan tanahnya yang dicampur pupuk organik atau pupuk kandang. serta menanam bibit bunga dan merawatnya hingga menghasilkan bunga yang diinginkan. Ikuti Cara Budidaya Cabai Rawit dalam Polybag atau Pot yang saya lakukan yang sebelumnya belum pernah menanam cabai rawit tetapi sekarang cabai rawit itu telah berbuah sempurna.

Cara Budidaya Cabai Rawit dalam Polybag atau Pot yang saya terapkan berawal dari sebuah riset sederhana, di mana ketika kita hidup di perkotaan atau hidup di perumahan yang lahan nya sempit dan terbatas kita bisa melihat berbagai tumbuhan baik tanaman bunga atau tanaman buah jarang sekali diserang penyakit.  Hal ini berbalik 180 derajat ketika saya pulang kampung di mana tanaman apa pun jenisnya pasti akan diserang penyakit, seperti pohon mangga yang tumbuh di samping rumahku di kampung batangnya tidak pernah normal karena diserang hama penggerek batang namanya, jadi batangnya atau dahannya selalu patah dan lama-lama pohonnya kan mati. Kemudian saya memilih tanaman cabai rawit karena buah yang satu ini tidak akan terlepas dari kehidupan manusia, dan harganya kadang-kadang  menjadi isue yang hot sesuai dengan rasanya, intinya tumbuhan ini vital bagi kehidupan saya dan para pencinta gorengan.

Cara Budidaya Cabai Rawit dalam Polybag atau Pot saya lakukan dalam beberapa tahapan :

  1. Saya membaca beberapa referensi dari internet dan juga melihat video berbagai teknik atau Cara Budidaya Cabai Rawit dalam Polybag atau Pot di youtube.
  2. Membeli benih ditoko pertanian, jika kita awam jangan sungkan-sungkan bertanya atau berkonsultasi dengan pemilik kios penjual alat , obat dan benih-benih pertanian, cari benih yang unggul.
  3. Sambil membeli benih kita juga bisa membeli alat-alat yang kita butuhkan seperti plastik polybag untuk penyemaian benih dan penanaman cabai rawit, pupuk anorganik, alat penyemprot hama dan juga obatnya.
  4. Menyemai benih cabai rawit dengan menggunakan polybag yang kecil.
  5. Sambil menunggu bibit cabai rawit berumur sekitar 3 – 6 minggu kita menyiapkan tempat penanaman dalam polybag besar.
  6. Setelah bibit cabai rawit siap tanam, maka kita pasang sanitasi atau cara pengairan menggunakan pipa dan selang yang terhubung dengan bak penampungan air.
  7. Masa perawatan adalah masa yang sangat menyenangkan dan membosankan, karena kita harus rajin menyirami dan juga memberantas hama yang menyerang.
  8. Perawatan Cara Budidaya Cabai Rawit dalam Polybag atau Pot dengan proses yang baik akan menghasilkan panen yang maksimal.
panen_cabai_rawit_perdana3
Cara Budidaya Cabai Rawit dalam Polybag atau Pot

Cara Budidaya Cabai Rawit dalam Polybag atau Pot bisa anda coba, jika anda mau berhenti membeli cabai yang harganya kadang menguras kantong.

Komentar Anda :

79 COMMENTS

  1. Informasi ini sangat bermanfaat. Tidak perlu menunggu punya lahan luas untuk budidaya cabai.

    Bagi yang berminat mencoba budidaya cabai super pedas hasil pemuliaan IPB, silahkan mampir ke tempat saya, istana benih dot com. Terimakasih.

  2. Horas… salam sejahtera bagi kita, saya mau memulai usaha pertanian khususnya cabe, di atas tanah seluas 2 sd 3 rantai. yang mau saya tanya, berapa banyak bibit cabe yang dibutuhkan untuk tanah yang seluas itu. urutan kegiatan nya apa saja yang akan saya lakukan? sampai panen.

    • Terimakasih saya ucapkan atas kunjungan mas Roy, saya akan jawab satu per satu pertanyaan saudara, tanah 2-3 rantai lumayan cukup luas untuk budidaya cabai, nah berkaitan dengan berapa benih atau bibit yang diperlukan tergantung pola tanam yang akan dipakai. Sebagai contoh anda menggunakan polybag dengan ditanam langsung dengan cara menggunakan plastik mulsa tentunya akan berbeda, yang membedakan adalah formasi jarak tanam. Untuk 2-3 rantai luas tanah saya kira 4 bungkus bibit cabai rawit dengan haraga kisaran 15 – 20 ribu sudah lebih dari cukup.

      Urutan kegiatannya adalah :
      1. Menyemai bibit cabainya, memakan waktu kurang lebih 1 bulan.
      2. Menyiapkan lokasi penanaman.
      3. Menanam benih cabai.
      4. Merawat, meliputi peyiraman, pemupukan dan memberantas hama penyakit biasanya jenis semut dan lainya.
      5. Memanen setelah 2 bulan ditanam.

      Itu saja yang bisa saya bagi informasinya, kalau ada pertanyaan lain insyaalloh akan saya bantu, trims…Jaya Petani Indonesia.

  3. Mau tanya nih, sebelum di tanam tanah di campur pupuk kandang gag? Kalau iya nyampurnya asal2.an gag? Terus untuk cara nanamnya asal2an juga?

    • Menanam apa pun ndak boleh asal2lan kalau kita menginginkan hasil yang bagus, media tanam harus dicampur pupuk kandang porsi perbandingannya bisa 1:3 – 1:5 (Yang banyak adalah tanah).

  4. Yaahowu !
    Thx atas banyak infox mas,
    Kebetulan saya dan teman saya ingin bertanam cabe, lahanx sekitar 200 x 50 meter . Hanya saja, bukan di polibag. Saya mau tanam di tanah saja. Pegunungan/dataran tinggi . Saya mau tanya , kira2 bentuk penanamanx jarak berapa meter mas. Juga obat apa yg ditabur diatas tanahx supaya bibitx nanti tdk dimakan wereng atau semut. Saya sudah membersihkan lahanx. Skg lg menggemburkanx. Thx y mas.

    Yaahowu

  5. Sy pny tnmn cabe rawit merh tumbuh sndiri.sy siram pakai air bekas cuci ikan atw.ayam daging dll.apaitu bagus bwt pertmbuhanya? mohon jwbn.thx

    • Itu adalah kebiasaan yang kita lihat dan informasi yang kita dapat dari orang tua turun temurun…air bekas cuci ikan secara logika bukanlah pupuk instan yang siap diserap tanaman, tetapi didalam kandungan airnya memang ada daging mungkin atau darah dari hewan tersebut, yang akan terurai setelah beberapa hari sehingga menjadi pupuk untuk tanaman tersebut. Trims.

  6. Super sekali gan tutorialnya..
    benar sekali tu gan langkah awal sebelum melakukan budidaya cabai.

    1. memilih benih yang unggul/bagus.
    2. perawatan dan pengamatan.
    3. penyemprotan yang tepat sasaran.
    4. dan Berdo’a

    Semoga bermanfaat dan salam sukses bagi para petani indonesia.

  7. [email protected]

    Mantab gan infonya.. 🙂

  8. Sangat membantu, minggu ini cabai rawitku segera kupindahkan ke pot. Saran yang di artikel ini sangat membantu bagi pemula sepertiku. Terrimakasih, semoga ilmu yang Anda berikan menjadi amal saleh, amin yarobbal alamin.

  9. Makasih nih. Infonya sgt bagus, krn cicok dg hobi dan minat saya.
    Selain itu saya mau tanya, boleh kan Gan? Kalo tanam di polibag berapa batang bibit cabe per kantongnya. Dan ukuranya yg kecil dan yg besar spt apa?.Trims !

    • Boleh saja, cuman pertimbangannya asupan makanan tumbuhan cabainya memadai tidak, polybag besar kira2 ukuran sebesar ember besar, klo yang kecil ada yang seukuran gelas dan juga yg paling kecil diameter 5 cm.

  10. Sya mau nny nih brow..,ap arang bkas ban kndraan yg d’bkar itu bsa d’jdikn pupuk tnamn??krn sya prnh mlihat ad orng yg mnggunakn untk pupuk tnamn…

  11. Wah saya udah cobain lho kemarin, 16 polybag cabe keriting, sama 16 polybag cabe rawit, tinggal menungg.. hee
    yang lain selamat mencoba juga 😀

    makasih infonya mbak/om 🙂

  12. bagai mana cara pemberian pupuk kimia. .?supaya menghasilkan hasil yg bagus, brp perbandingan antara air dg pupuk ?. .

  13. mohon penjelasan setiap saya menanam cabe daunya selulu kuning lalu tunas2nya keriting apa salahnya ya,,?
    perlu diketahui saya pakai pupuk urea, dan pupuk kandang
    terimakasih

  14. kemarin saya coba tanam cabe rawit, tapi sampe sekarang belum berhasil. Saya pakai biji cabe rawit dan cuma ditabur saja. Apa cara ini salah?

    • Menurup pengalaman saya, jika kita menggunkan biji cabe rawit sendiri/bukan bibit dari toko, maka ada perlakuan khusus dahulu seperti pengeringan dll. Kalu maen tabur saja tentunya kita tidak dapat memprediksi keberhalilan sebamaian bibit kita. trims.

  15. Terimakasih banyak infonya mas. smoga membantu masyarakat yg tertimpa dampak tinggi harga Cabai…Saya mau tanya kalo untuk 1 polybag di tanam lebih dari satu batang bisa gak.. misal 3 batang. biara buahnya bnyak dalam satu bag

    terima kasih

  16. salaam. terimakasih infonya. ane nanem cabe rawit dalam pot nih. sudah bunganya banyak banget tapi pada gugur, jadi rasanya sayaaang sekali. tinggal buah aja pada gugur. apa sarannya terimakasih…

  17. berapa jarak yg bagus antar polybag dan berapa ukuran diameter polybag yg bagus untuk tanaman cabe rawit yg di posisikan di samping rumah?agar tidak terlalu rapat dan rimbun serta menarik di lihat

LEAVE A REPLY