Add Google Plus
Di Tulis Oleh Harno, S.I.Kom. Jumat, 29 Juli, 2011

Bacaan Niat Sholat Tarawih dan Niat Sholat Witir wajib kita hafal stelah kita masuk akhil baliq, karena setiap tahunnya pasti akan kita gunakan sebagai penyempurna amalan  Ibadah Puasa Ramadhan. Dari dulu hingga sekarang Bacaan Niat Sholat Tarawih dan Niat Sholat Witir tidak pernah berubah dan yang pasti juga tidak akan pernah berubah.

Waktu melafatkan Bacaan Niat Sholat Tarawih dan Niat Sholat Witir tetunya pada saat kita mau melakukan sholat sunah tarawih dan sholat sunah witir, dimana untuk sholat sunah tarawih rakaatnya yang saya tahu berbeda beda. Dikampung saya sholat tarawih dilakukan 20 rakaat dengan pelaksanaannya dua rakaat satu kali salam jadi ada 10 kali salam serta 3 rakaan sholat sunah witir dua kali salam. Kemudian didekat kampus saya sholat sunah tarawinya cuma delapan rekaat, dan sholat sunah witirnya sama.

A d v e r t i s e m e n t s


Dalam islam memang kaya akan aneka ragam perbedaan karena semua menggunakan dasar sesuai mashabnya masing-masing. Perbedaan yang menonjol dalam pelaksanaan sholat sunah tarawih dan sholat sunah witir adalah tatacara dan kecepatan dalam setiap rakaatnya, jangankan antar masjid antar imam pun berbeda, ada yang super cepat sampai kita berkeringat mengikutinya, adapula yang slowdown lambat merayap sampai rasa kantuk menyerang.

  • Bacaan Niat Sholat Tarawih :

niat sholat tarawih

Dibaca                 :  Ushalli sunnatat taraawiihi rak’ataini (ma’muman/imaaman) lillahi ta’aalaa.

[English]        : I Tarawih Prayer intentions of two rak’ahs (a congregation / imam) because Allah Ta’ala.

[Indonesia]  :  Aku niat Salat Tarawih dua rakaat ( menjadi makmum/imam) karena Allah Ta’ala.

  • Bacaan Niat Sholat Witir :

Dibaca                 :  Ushallii sunnatal-witri rak’atan lillaahi ta’aalaa.

[English]        : I the sunna witr prayer intention of the raka’at because of Allah Ta’ala.

[Indonesia]  : Aku niat salat sunah witir satu rakaat karena Allah Ta’ala.

Salat Witir dilakukan pada malam hari setelah salat-salat yang lain. Ia harus berfungsi sebagai salat penutup. Apabila seseorang berkehendak untuk salat tahajjud pada malam hari, maka sebaiknya ia tidak menunaikan salat witir menjelang tidur, tapi melaksanakannya setelah salat tahajjud. Namun jika ia tidak bermaksud demikian, maka sebelum tidur, ia dianjurkan untuk menunaikannya.

Bacaan Niat Sholat Tarawih dan Niat Sholat Witir saya dapatkan dari berbagai sumber dan sesuai dengan yang saya gunakan, pokoknya sudah standar MUI.. hehe selamat  menghapal.

A d v e r t i s e m e n t s



Search Engine Keyword:

niat sholat witir, niat sholat tarawih, niat shalat witir, niat shalat tarawih, niat sholat witir 3 rakaat

39 Tanggapan Pada Artikel Ini.

  1. Matbae mengatakan:

    Tolong dikoreksi lagi niat sholat tarawihnya.. disitu ada dua (Ha) pada kata tarawihh…

  2. Matbae mengatakan:

    Tolong dikoreksi lagi niat sholat tarawihnya.. disitu ada dua (Ha) pada kata tarawihh…

  3. muhammad farhan mengatakan:

    thanx buat postingannya…!!

  4. rani ania mengatakan:

    niat shalat witir gambar ayat nya ada gak………???????????

  5. Dowi mengatakan:

    Kalo shalat witir 1 rakaat niatnya gmn?
    Apa sma kayak shalat witir 2 rekaat,.

  6. yudi kurniawan mengatakan:

    makasii infonya :D

  7. bendol mengatakan:

    mas atau mbak yang punya website ini tolong di koreksi lagi apa yang anda tulis ini udah sesuai dengan ajaran islam atau tidak, kalau udah sesuai dengan ajaran islam tolong di lampirkan hadis hadisnya tentang doa doa tadisiap yang meriwayatkan udah sesuai dengan ajaran rosululah atau tidak

  8. Pelangi Mahkota Dewa mengatakan:

    terima kasih infonya

  9. ponco nugroho mengatakan:

    aku mau jadi imam tarawih ahhh…

  10. Amri mengatakan:

    Assalamualaikum wr.wb.
    Saya Mau Bertanya Tentang>>
    Melafadzkan niat.
    Tidak ada keterangan dari nabi صلى الله عليه وسلم maupun dari para sahabat bahwa meraka pernah melafadzkan niat shalat. Ibnul Qayyim rmh menyatakan dalam Zadul-Ma’ad “Ketika Nabi صلى الله عليه وسلم berdiri untuk shalat beliau mengucapkan “Allahu Akbar”, dan tidak berkata apapun selain itu.
    Jadi Kesimpulannya adakah dalil/hadist yang menjelaskan tentang melafadzkan niat shalat?

  11. hari mengatakan:

    sy mau tanya apakah niat dibaca diawal sekali saja atau setiap 2 rekaat solat tarawih
    Terima kasih

  12. Melati mengatakan:

    Jika setelah shalat tarawih,kita sdh shalat witir..dan kita shalat Tahajud,apakah harus shalat Witir lagi ??thank’s

  13. emilia mengatakan:

    Asslkm..mas niat sholat witir 3 rakaat gmn?

    3 rakaat ini hanya 1x salam kan?

  14. Nisa adiyati mengatakan:

    Apakah setiap sholat tarawih harus mengerjakan witir ? Mengapa demikian,?

    • NewsMaker mengatakan:

      setahu saya Sholat witir sebagai penutup sholat sunah masbro, jadi terkadang ada yg keluar setelah sholat tarawih, karena mungkin akan menunaikan solat tahajud atau sholat hajad..jadi mengerjakan witir adalah sebagai penutup setelah sholat sunah tambahan.

  15. failz rock reborn mengatakan:

    hatur nuhun kang

  16. fadilz rock reborn mengatakan:

    hatur nuhun kang
    berguna pisan

  17. purda mengatakan:

    kiblatnya mna?

  18. yully mengatakan:

    mas, katanya sholat witir itu penutup. Seandainya kita makmum di masjid dan malamnya mau melaksanakan sholat tahajud,berarti kita ga pernah makmum witir donk??lha trus imamnya gimana dunk klo mau tahajud?pdhl beliau witir terus…??trims

  19. hertz mengatakan:

    ass.maaf sblm nya buat mas amri.
    Demi menjaga ukhuwah islam.tolong jangan bahas antara solat dg niat dg solat tanpa niat.yg jelas yg salah ialah YG TIDAK SHALAT.jangan jadikan islam indonesia disamakan dg islam irak yg ada suni-siahnya.sehingga negara lain dg mudahnya mengadudomba mereka.semoga bermanfaat.wasalam.

  20. Viantra mengatakan:

    makasih teks bacaan doa sholat tarawih dan witirnya.

  21. jr. mengatakan:

    thx bu ustadz

  22. Aldi Eka Wahyu mengatakan:

    lebih baik “aku” nya diganti “saya”

  23. obciem mengatakan:

    jumblah sholat tarawih sbnarnya ada brp rokaat che?

  24. Rahman muna raha mengatakan:

    Sangat membantu trimakasiH

  25. ali yahara mengatakan:

    Terimakasih atas informasi yg telah disampaikan,,,tetapi saya ingin tau bacaan2 antara sholat tarawih,,setiap 2 rokaat sholat tarawih pasti diiringi dng bacaan2 sebelum msk sholat tarawih yg 2 rokaat yg kemudian kiranya bapak/saudara dpt memberikan informasi tsb terhadap saya,dan sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  26. hanif mengatakan:

    mohon info niat sholat witir 3 rakaat sekali salam, TQ

Terimakasih Atas Kunjungan Anda, Jika ada pertanyaan dengan senang hati saya akan Menjawabnya.


Pengalaman Hidup lainnya

Sistem Pengaman Tambahan pada...

Posted on Jun - 28 - 2012

4 Comments

Daftar Terbaru Sms Ucapan...

Posted on Agu - 28 - 2011

0 Comment

Cek Tagihan Listrik PLN...

Posted on Jul - 20 - 2011

438 Comments

Silahkan masukan email anda dan aktifkan, untuk mendapatkan info terbaru via email:

.:PENGALAMAN IT :.

Harga Kabel Rol atau...

Posted on Okt - 29 - 2014

0 Comment

Harga Tinta Printer Warna...

Posted on Okt - 29 - 2014

0 Comment

Desain Ucapan Terimakasih

Posted on Mei - 8 - 2013

0 Comment

Desain Kaos atau T-Shirt...

Posted on Mei - 8 - 2013

0 Comment


.: PENGALAMAN USAHA :.

Peluang Berbisnis Aneka Kue...

Posted on Okt - 24 - 2014

0 Comment

Gagal Permanen VS Gagal...

Posted on Agu - 5 - 2014

0 Comment

Yuk, Mulai Bisnis Baju...

Posted on Jul - 14 - 2014

0 Comment

Mengenal Jenis dan Spesiaes...

Posted on Jun - 25 - 2014

0 Comment

Potensi Kambing sebagai Peluang...

Posted on Jun - 24 - 2014

0 Comment


.: PENGALAMAN OTOMOTIF :.

Pengalaman Lucu Saat Nambal...

Posted on Mei - 16 - 2014

2 Comments

Pengalaman Pasang Fairing ...

Posted on Feb - 25 - 2014

0 Comment

Striping atau Warna Terbaru...

Posted on Sep - 8 - 2013

0 Comment

Pengalaman Pertama Bayar Pajak...

Posted on Jul - 30 - 2013

0 Comment